Aduh, Sakit! 5 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan Untuk Meringankan Nyeri Punggung Setelah Duduk Seharian

1.069 views

Seringkali sakit punggung terjadi karena kamu terlalu lama berada dalam posisi duduk. Buat kalian yang selama ini bekerja di depan komputer, seringkali punggung akan terasa kaku dan nyeri karena terlalu lama dalam posisi tegak. Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini biasanya adalah bergerak, seperti melakukan stretching. Tapi pasti rasa kaku dan kebas di punggung masih terasa dong, apalagi nggak semua orang suka untuk melakukan stretching. 

Biar punggungmu nggak kaku tapi disaat yang bersamaan kamu bisa tetap duduk dan mengerjakan pekerjaanmu, coba terapkan 5 cara ini biar sakit punggungmu nggak jadi beban, dan kamu pun tetap have fun dengan pekerjaanmu. Yuk, kita lihat:

1. Gerakkan kaki

via: shutterstock

Kalau kamu merasa pegal karena duduk terlalu lama, coba deh gerakkan kaki secara perlahan. Menggoyangkan kaki kedepan dan kebelakang juga bisa. Gerakan ini bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa kebas di punggung bawah dan kaki, serta mengurangi rasa nyeri punggung akibat terlalu lama duduk.

2. Ballet arms

via: youtube.com

Ballet arms merupakan istilah dari bahasa Prancis, Port de Bras, yang berarti menggerakkan lengan. Dalam tarian ballet, gerakan ini merujuk pada posisi lengan pada saat tubuh sedang berada dalam gerakan stretching. Ballet arms ini kamu bisa gunakan kok untuk menghilangkan kebas punggungmu. Caranya cukup mudah, taruh lenganmu dengan bertumpu pada kursi atau meja, kemudian gerakkan kaki seperti biasa.

3. Marching place

via: spotebi.com

Kalian pasti tahu marching band dong? Yupsie, gerakan marching place sama seperti gerakan dalam marching band, dimana kamu hanya perlu berdiri, kemudian jalan ditempat sambil mengayunkan lengan. Gerakan ini mudah dan simpel serta efektif banget untuk diterapkan agar tulang punggungmu tidak begitu nyeri.

4. Pigeon Pose

via: ahealthblog.com

Pigeon pose merupakan salah satu posisi dalam yoga, dan biasanya dilakukan dengan duduk di lantai. Namun kamu bisa terapkan ini dengan mengangkat kaki ke atas meja. Kemudian gunakan tanganmu untuk menopang tubuh dan meregangkan pinggul. Sambil mempertahankan posisi ini, kamu bisa untuk perlahan menggerakkan tubuhmu perlahan-lahan, dengan posisi bagian bawah tubuhmu berada di lantai.

5. Bergerak “gelisah” di kursi

via: huffingtonpost.com

Gelisah disini maksudnya kamu hanya duduk di kursi dan menggerakkan tubuhmu, tanpa harus berdiri dari kursi. Kamu cukup menggerakkan kakimu, memposisikan lenganmu diatas kepala, kemudian renggangkan badan serta memutar leher. Selain mudah, gerakan ini bisa untuk menghilangkan tekanan di punggung dan bahu, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan rasa kebas di kaki dan bokongmu. Mudah banget, kan?

Nah gimana Kawan Muda? Nggak perlu khawatir lagi kan punggung dan kaki akan terasa kebas dan sakit karena terlalu lama duduk? Kalau kamu terapkan 5 cara ini, sakit dan kebas di punggung pun akan berkurang, dan kamu bisa kembali nyaman untuk mengerjakan pekerjaanmu. Jadi, jangan lupa dicoba, ya!

sumber: elitedaily