8 Tanda di Wajah Ini Bisa Ungkapkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu Lho!

2.100 views
via: brightside.me

Percaya atau enggak, apa yang terjadi pada wajahmu ternyata bisa menunjukkan kondisi tubuh secara menyeluruh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding Royal Society B, wajah bisa memberikan sinyal sehingga sang pemilik mengetahui apa yang tengah terjadi di tubuhnya seperti kondisi lambung, jantung, atau bahkan hormonnya.

Dan cara mengetahui kondisi kesehatan melalui wajah ini juga sudah diterapkan di Tiongkok sejak dahulu kala. Whoa, tentunya ini sangat membantu ya dalam mencegah penyakit masa depan sekaligus sebagai tindakan preventif agar penyakit yang ada enggak semakin memburuk kondisinya.

Lantas, tanda-tanda apa saja sih yang bisa kamu gunakan sebagai ‘pengingat’ kalau tubuhmu membutuhkan banyak perhatian lagi? Simak yuk ulasan Kita Muda berikut ini.

 1. Lingkaran hitam dan kantung mata

via: brightside.me

Memang sih ada beberapa lingkaran hitam dan kantung mata yang muncul karena faktor keturnunan, tapi kalau mulanya enggak punya kantung mata dan tiba-tiba kantung mata muncul, kamu harus segera mencari tahu penyebabnya.

Beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata antara lain kurang tidur, merokok, perubahan hormon, alergi, pengaruh alkohol atau kopi, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan asin.

2. Hidung merah

via: brightside.me

Hidung merah padahal kamu enggak sedang pilek? Ini adalah tanda-tanda kamu sedang mengalami rasa khawatir atau stres berlebihan. Selain itu, penyebab kapiler rusak sehingga menyebabkan kemerahan di jembatan hidung adalah alergi, perubahan suhu, gangguan tiroid, atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol (peminum berat).

3. Kulit wajah dan area putih di mata berwarna kekuningan

via: brightside.me

Hal ini terjadi saat kadar bilirubin dalam darah meningkat. Bilirubin adalah sampah yang dihasilkan tubuh dari sel darah merah yang sedang rusak. Nah, bilirubin ini nantinya akan dibawah darah ke hati dan dikeluarkan tubuh melalui urin atau feses.

Kalau zat ini enggak keluar secara sempurna melalui feses atau urin, dia akan terakumulasi di jaringan sehingga membuat wajahmu berwarna kuning. Jika menemui tanda-tanda ini, segera hubungi dokter untuk memeriksakan kondisi hati, kantung empedu, dan pankreasmu.


BACA JUGA:


4. Ruam kupu-kupu

via: brightside.me

Ruam di wajah bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik, alergi, paparan cuaca, atau konsumsi gula yang berlebihan. Namun, kalau ruam tersebut enggak hilang-hilang, dan terjadi di kedua pipi hingga berbentuk layaknya kupu-kupu seperti gambar di atas, kamu wajib hati-hati karena ini adalah tanda-tanda penyakit lupus.

Lupus adalah penyakit auto-imun yang terjadi karena adanya peradangan kronis akibat sistem kekebalan tgubuh menyerang jaringan dan organ. So, segera kunjungi dokter kalau menemukan tanda-tanda ini di wajahmu.

5. Kulit mengelupas di area bibir dan hidung

via: brightside.me

Kulit mengelupas atau yang biasa disebut ganti kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, tapi utamanya kondisi ini menunjukkan bahwa kamu kekurangan vitamin A, C, E, atau B. Kamu bisa mengunjungi dokter jika ingin tahu tubuhmu kekurangan vitamin apa atau perhatikan pola makananmu selama ini. Mungkin saja kamu mengonsumsi makanan yang kandungan gizi dan vitaminnya enggak seimbang.

6. Luka di sekitar bibir dan cuping hidung

via: brightside.me

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus herpes tipe 1.  Nah, kamu mungkin tertular penyakit ini melalui penggunaan alat makan, pelembab bibir, atau bahkan saat berciuman. Kondisi luka akan semakin memburuk (virus memperbanyak diri) saat kamu penat atau stress.

Namun, untuk memastikan apakah itu herpes atau bukan, lebih baik kamu segera memeriksakan diri ke dokter jika menemui luka di area bibir dan cuping hidung yang tak kunjung sembuh.

7. Bibir kering dan pecah-pecah yang tak kunjung sembuh

via: brightside.me

Bibir kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi, apalagi kalau cuaca sedang dingin atau terpapar sinar matahari. Namun, jika kamu terus-terusan menderita bibir kering dan pecah-pecah, ini tandanya tubuhmu sedang bereaksi pada penggunaan obat tertentu atau alergi.

Jika pelembab bibir tak membantu, kamu bisa mengunjungi dokter agar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada tubuhmu.

8. Rambut halus di sekitar wajah

via: brightside.me

Buat cowok, rambut halus di sekitar wajah adalah hal yang wajar. Nah, kalau buat cewek, ada dua kemungkinan nih kenapa kamu punya bulu halus di sekitar wajah, faktor keturunan atau ini adalah pertanda ovarium-mu tidak berfungsi dengan baik (sindrom ovarium polikistik).

Hal tersebut terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh enggak seimbang. Kabar buruknya, sindrom ini bisa menyebabkan seseorang susah hamil. Kondisi ini sebaiknya jangan diabaikan dan segera kunjungi dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

9. Alis dan bulu mata menipis

via: brightside.me

Alis dan bulu mata semakin menipis padahal enggak ada masalah dengan kosmetik yang kamu gunakan? Hemm, bisa jadi sedang ada masalah dengan kelenjar tiroidmu nih. Yup, menipisnya alis dan bulu mata merupakan salah satu gejala hipotiroidisme.

Karena gejala ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti obesitas, nyeri sendi, kemandulan, dan penyakit jantung, ada baiknya kamu mengunjungi dokter untuk mengobati penyakit tersebut.

Bagaimana, apakah Kawan Muda menemukan satu dari sembilan tanda di atas di wajahmu? Jika iya, pergi ke dokter sejak dini untuk memeriksakan kondisi kesehatanmu sangat disarankan, lho. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya 😉

Sumber: Brightside