7 Survival Skill Yang Dapat Menyelamatkan Hidupmu dan Orang Lain. Wajib Menguasai, Nih!

7.541 views
via: brightside.me

Setiap orang tentunya memiliki skill atau keterampilan yang telah mereka pelajari dan kuasai selama bertahun-tahun. Namun umumnya, yang kita pelajari atau kuasai hanyalah skill yang dibutuhkan untuk kepentingan pendidikan dan karir.

Terkadang, keterampilan bertahan hidup atau survival skill luput dari perhatian kita sehingga banyak orang terjerumus dalam kondisi bahaya akibat tidak menguasai skill-skill tersebut. Nah, supaya kedepannya hidup Kawan Muda makin mudah dan menyenangkan, 7 survival skill ini wajib banget kamu kuasai.

1. Membuat simpul bowline atau kalau di kegiatan pramuka disebut simpul bendera. Simpul ini berguna banget untuk mengikat dan menahan beban. 

via: brightside.me

2. Suka berpetualang di alam? Mengenali jamur mana yang beracun dan tidak menjadi skill yang wajib kamu kuasai. Karena beberapa jamur bisa menyebabkan kulit ruam dan terasa terbakar. 

via: brightside.me

3. Memahami Manuver Heimlich atau pertolongan pertama untuk membantu orang tersedak juga sangat penting.

via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Berdirilah di belakang korban tersedak. Sambil berdiri di belakangnya, mintalah dia untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kakinya.
  • Lingkarkan tangan pada pinggang korban lalu berikan tekanan ke atas dan belakang sebanyak 5 hitungan.
  • Tanyakan pada korban apakah dia masih tersedak atau tidak. Jika korban masih merasa sakit, ulangi prosedur ini hingga penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.

4. Cara menentukan arah tanpa menggunakan kompas.

via: brightside.me

Tak selamanya kita bisa mengandalkan kompas saat tersesat. Yup, ada situasi dimana kamu berada di tengah hutan yang lebat dan ternyata kompas yang kamu bawa rusak.

Jika berada dalam kondisi ini, Kawan Muda tidak perlu panik. Karena kamu bisa mengetahui arah barat dan timur hanya dengan meraba pepohonan. Sisi pohon yang lebih kering, tidak berlumut, dan lebih hangat menunjukkan arah barat. Jika sebaliknya, berarti menunjukkan arah timur.

5. Mengetahui cara memperbaiki keran dan listrik tanpa harus memanggil tukang.

via: brightside.me

Keadaan darurat seperti ini sangat umum terjadi dan harus segera diatasi agar air tidak terbuang sia-sia dan peralatan listrik bisa digunakan tanpa harus menanti tukang yang datang. Untuk keran bocor sebagai contoh, biasanya nih penyebabnya terletak pada sambungan antara pipa dan keran. Lem perekatnya sudah kurang dan untuk mengatasinya, pertama matikan sumber air dan lepas keran. Tambahkan selotip khusus pipa dan lem.

6. Menyelamatkan orang yang tenggelam di kolam renang.

via: brightside.me

Untuk menyelamatkan korban tenggelam, Kawan Muda harus bisa berenang. Yup, ini adalah skill penting yang harus dimiliki, jika tidak hal tersebut akan menghambatmu dalam menyelamatkan nyawa seseorang. Nah, saat menyelamatkan korban tenggelam, ingatlah untuk mendekati mereka dari belakang sehingga mereka tidak panik saat diselamatkan. Yup, karena korban tenggelam biasanya meronta-ronta panik.

Setelah berhasil mendekati korban, bawa mereka dengan megimpit ketiak korban dengan dua tangan atau mengempit dan menarik dagu korban ke tepi kolam atau pantai.

7. Mengetahui posisi terbaik saat pesawat berada dalam keadaan darurat.

via: brightside.me

Ketika akan mengalami kecelakaan, biasanya pesawat akan terguncang dengan hebat. Guncangan ini bisa menyebabkan leher dan kepala cedera. Untuk menghindarinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi guncangan pada tubuh.

Salah satunya dengan berpegangan kuat pada kursi di depanmu, dengan posisi telapak tangan menyilang. Kemudian, tempelkan dahimu di atas telapak tanganmu yang menyilang tadi.

Nah, itulah 7 survival skill yang wajib kamu tahu dan kuasai, Kawan Muda. Karena kita enggak tahu kan kapan bahaya datang mengancam, sehingga survival skill tersebut akan membuat hidup lebih mudah dan tentu saja bebas panik.

Semoga tips di atas bermanfaat ya, Kawan Muda.

Sumber: Brightside.me