7 Manfaat Jahe Ini Bisa Membuat Tubuhmu Menjadi Lebih Sehat dan Bugar, Lho! Bisa untuk Menghilangkan Selulit Juga!

1.321 views

Jahe merupakan salah satu rempah yang kaya akan manfaat. Sebagai rempah yang kaya akan vitamin, nutrisi, dan minyak alami, jahe memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit secara alami. Makannya nggak heran kalau jahe sering dijadikan sebagai bumbu dari berbagai masakan karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Biasanya jahe bagus untuk menyembuhkan flu, dan memperbaiki suara agar menjadi lebih jernih. Tapi kalian tahu nggak, ada berbagai manfaat jahe lain yang bagus untuk tubuh?

Kalian bisa gunakan jahe untuk menghilangkan selulit, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menutrisi kuku, lho! Nggak percaya? Dilansir dari brightside, ini dia manfaat lain dari jahe:

1. Menghilangkan selulit

via: brightside.me

Kalian bisa lho menggunakan jahe sebagai scrub untuk menghilangkan selulit. Caranya gampang, cukup campurkan 1 sendok jahe parut dengan setengah liter air jahe dan masukkan kedalam 1-1.5 gelas berisi garam laut. Aduk rata, kemudian aplikasikan scrub ini menggunakan spons ke bagian selulit. Scrub ini bagus untuk menghangatkan kulit sekaligus memperbaiki sirkulasi darah kamu.

2. Mempercepat proses metabolisme dan menghilangkan mual

via: brightside.me

Buat kamu yang sering mual dan terkena masalah pencernaan, jahe bagus banget untuk mengtasi masalah tersebut. Kamu cukup mengunyah jahe mentah atau masukkan potongan kecil jahe ke dalam teh. Hmm, sedap!

3. Memperkuat dan mempercepat pertumbuhan kuku

via: brightside.me

#Warning: Sebelum kalian mencoba trik ini, sebaiknya lakukan sedikit tes untuk mengetahui apakah kamu ada reaksi alergi atau tidak.

Memperkuat kuku bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan produk mahal dan berkelas. Cukup lelehkan 1-2 sendok shea butter, kemudian campur dengan  1-2 sendok teh minyak alpukat, 3-5 tetes minyak essensial patchouli, kemudian 3-5 tetes minyak essensial jahe, serta 5-7 tetes minyak essensial lemon. Aduk bersama, kemudian masukkan ke dalam wadah kering dan bersih. Gunakan ini sebagai hand cream, dan rasakan manfaatnya!

4. Mencerahkan kulit

via: brightside.me

Wajah segar dan bersih serta glowing ala artis Korea pasti didambakan oleh setiap wanita. Nggak usah ribet-ribet beli produk mahal, cukup gunakan jahe untuk mendapatkan wajah segar yang kamu dambakan. Campurkan jahe parut, madu, dan air lemon dengan komposisi sama, kemudian gunakan sebagai masker di wajah selama 30 menit. Kalau kamu rutin menggunakan masker ini, pasti wajahmu akan segar dan cantik alami!

5. Menurunkan berat badan

via: brightside.me

Jahe memiliki kandungan burning, yang mampu mempercepat metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Agar mencapai berat badan yang ideal, coba masukkan jahe ke dalam menu makanan sehari-hari, serta masukkan jahe parut ke dalam minumanmu. Tips unik: masukkan jahe parut kedalam teh yang kamu minum 30 menit sebelum makan, maka kamu akan makan dengan porsi kecil.

6. Menstimulasi kerja otak

via: brightside.me

Konsumsi jahe secara rutin dapat membantumu untuk memperlambat penuaan dari sel otak. Selain itu mencegahmu untuk terkena penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan Parkinson. Kerennya lagi, akar jahe bisa membantu untuk memperbaiki fungsi kognitif otak dan menajamkan otak. Keren banget!

7. Mengurangi rasa sakit di perut

via: brightside.me

Buat kamu yang sering terkena sakit perut entah karena menstruasi atau sakit perut biasa, meminum jahe sangat bagus untuk mengurangi rasa sakitnya. Cukup buat campuran rasa dari jahe dan kunyit, kemudian campurkan dengan air perasan 2 lemon, 1 sendok teh madu, dan air. Aduk, kemudian sesap perlahan. Nyaman banget deh, pasti!

Nah sekarang sudah tahu kan manfaat jahe apa saja? Selain menyegarkan, jahe ternyata juga membantu untuk menjaga kesehatan tubuh Kawan Muda! Jangan lupa coba trik-trik jahe diatas, ya!