7 Ilustrasi Lucu Ini Gambarkan Hal-Hal yang Haram Diucapkan Saat Wawancara Kerja

Mulutmu harimaumu, inilah yang berlaku saat Kawan Muda melakukan wawancara kerja. Pemilihan kata dan jawaban sangat menentukan apakah sebuah perusahaan akan mengatakan ya atau malah sebaliknya. Memang, skill dan pengalaman menjadi pertimbangan utama, tetapi banyak aspek di luar itu yang juga dipertimbangkan sebuah perusahaan sebelum mereka memutuskan untuk memilihmu.

Seorang ilustrator dan penulis buku terlaris New York Times “NYC Basic Tips and Etiquette”, Nathan W. Pyle, menuangkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan para job seeker saat wawancara kerja, ke dalam sebuah ilustrasi lucu. Yup, melalui ilustrasi karya Nathan kita akan tahu hal-hal apa saja sih yang baiknya dihindari saat wawancara agar bisa “dilirik” oleh perusahaan yang kita lamar.

Daripada Kawan Muda penasaran, langsung saja yuk intip karya Nathan berikut ini 😉

1. Ketika ditanya kelebihanmu, jangan beri jawaban yang “abstrak” yang membuat pewawancara bingung. Yup, jelaskan dengan rinci kalau perlu berikan contoh yang mudah agar pewawancara bisa memahami maksudmu.

via: boredpanda.com

2. Begitu juga saat menjelaskan alasan kenapa kamu keluar dari pekerjaan yang sebelumnya. Jangan memberikan alasan yang menjadi bumerang bagimu. Apa pun alasanmu, sampaikan dengan cara yang membuat pewawancara memahami dengan baik alasan tersebut.

via: boredpanda.com

3. Sama halnya saat menjelaskan kelebihan, jangan menggunakan bahasa atau perumpamaan yang enggak dipahami pewawancara saat mereka tanya “apa kekurangan yang kamu miliki?”.

via: boredpanda.com

BACA JUGA:


4. Karena perusahaan sedang membuka lowongan bukanlah jawaban yang diinginkan saat pewawancara bertanya “kenapa kamu pantas diterima kerja”. Sebaliknya, jelaskan hal apa saja yang akan kamu berikan pada perusahaan nantinya, hal-hal apa saja yang membuat perusahaan menjadi lebih baik.

via: boredpanda.com

5. Stop mengucapkan hal-hal yang mengandung unsur keputusasaan. Ya, jika kamu ingin dilirik perusahaan, yakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang pantas untuk berada dalam tim mereka.

via: boredpanda.com

6. Banyak orang terjebak dalam pertanyaan “bagaimana rencana karirmu di masa depan”. Biasanya ada  yang menjawab “naik jabatan”, “membuka usaha sendiri”, atau “bahkan belum terpikir”. Jika kamu sama sekali belum kepikiran, berikan gambaran tentang apa yang akan kamu kerjakan selama berada di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa kamu antusias dan optimis akan masa depan.

via: boredpanda.com

7. Ketika ditanya “kenapa kamu memilih perusahaan ini”, jangan memberikan jawaban yang hanya fokus pada keuntunganmu saja. Misalnya, karena perusahaan tengah membuka lowongan posisi tersebut atau karena kamu bisa memberikan kontribusi yang baik. Sebaliknya, berikan jawaban yang juga memberikan keuntungan pada perusahaan, tunjukkan kalau kamu memahami seluk beluk perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

via: boredpanda.com

Nah, sekarang Kawan Muda sudah tahu kan hal-hal yang bikin kamu “tersandung” dan gagal saat wawancara kerja? Selamat berjuang dan semoga kamu bisa menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan baik saat interview nanti, ya!

Punya pengalaman seru saat interview kerja atau punya tips sukses interview kerja ala kamu? Jangan ragu buat share di kolom komentar 😉

Sumber: Bored Panda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *