Kawan Muda mungkin terbiasa menggunakan pembersih dalam kemasan ketika membersihkan rumah. Cairan pembersih kemasan memang ampuh untuk membersihkan noda dan kotoran membandel yang menempel di lantai, baju, dan perabotan rumah tangga.

Tapi kamu tahu enggak sih kalau cairan pembersih memiliki efek samping yang berbaya bagi tubuh kita? Ternyata nih, bahan aktif yang terkandung dalam cairan pembersih lantai dan lantai kamar mandi bisa bikin iritasi kulit, infeksi pernapasan, bahkan bisa menyebabkan kanker! Lah, terus gimana cara yang baik untuk membersihkan rumah tanpa menggunakan cairan pembersih?


BACA JUGA: Gak disangka, 8 benda sehari-hari ini ternyata punya masa kedaluwarsa!


Yuk, simak tips membersihkan rumah menggunakan pembersih buatan sendiri berikut ini:

1. Lantai dan dinding kamar mandi

via: brightside.me

Lantai dan dinding keramik kamar mandi yang berkerak memang bikin enggak nyaman. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cairan yang terbuat dari ¼ gelas hidrogen peroksida, 1 sendok makan sabun cair, dan ½ gelas air.

Cara menggunakannya, tuangkan cairan pembersih yang sudah dibuat pada spons, usapkan bagian yang kotor lalu bilas dengan air. Kalau lantai benar-benar kotor, siram permukaan lantai dengan cairan pembersih tadi dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, ulangi proses yang sama sekali lagi baru kemudian disiram dengan air bersih.

2. Kompor gas

via: brightside.me

Kompor gas penuh dengan cipratan minyak? Kamu bisa mengatasinya menggunakan cairan amonia. Caranya, rendam cutton bud di cairan amonia lalu gosok-gosokkan pada bekas percikan minyak.


BACA JUGA: 8 barang yang sering cewek pinjem dari cowoknya yang kayaknya enggak bakal dikembaliin


Untuk noda minyak yang membandek, kamu bisa menggosoknya pakai sikat gigi atau spons. Jangan lupa pakai sarung tangan ya untuk melindungi tangan dan kulitmu.

3. Kasur

via: brightside.me

Kasur yang terkena tumpahan noda bisa dibersihkan menggunakan cairan yang terbuat dari 235 ml hidrogen peroksida, 3 sdm baking soda, dan satu tetes sabun cair. Cara membuatnya nih, campur baking soda dan hidrogen peroksida (taruh di botol spray).

Setelah baking soda larut, masukkan satu tetes sabun cair dan kocok hingga semua cairan tercampur. Kalau sudah, tinggal semprotkan saja di bagian yang kotor dan diamkan selama 5—10 menit.

4. Membersihkan bagian dalam oven

via: brightside.me

Kalau ovenmu kotor pastikan untuk segera membersihkannya dan menghapus kotoran tersebut dari oven. Karena kotoran di oven bisa menghambat aliran panas di dalamnya dan berpotensi menyebabkan kebakaran.


BACA JUGA: Dari meja billiard sampai celana dalam! Ini nih 10 barang “unik” selebriti Hollywood yang pernah dilelang!


Membersihkan oven memang membutuhkan sedikit kerja keras, tapi dengan menggunakan cairan amonia pekerjaanmu akan lebih mudah. Yang harus kamu lakukan, letakkan cairan amonia di mangkuk kecil, taruh dalam oven dan diamkan semalaman. Di pagi harinya, baru deh kamu cuci ovennya. Dijamin, kerak-kerak akan lebih gampang dibersihkan.

5. Ketel atau ceret air

via: brightside.me

Kerak kapur yang mengganggu yang terdapat pada ceret air (serpihan-serpihan di dasar ceret atau ketel) bisa kamu bersihkan menggunakan cuka putih. Caranya, isi ½ atau ¾ bagian ceret dengan air lalu didihkan hingga kerak-keraknya lepas. Setelah itu cuci ceret hingga bersih.

6. Toilet

via: brightside.me

Kebersihan kamar mandi terlebih lagi toilet harus selalu kamu jaga. Supaya toilet terlihat kinclong, kamu bisa membersihkan toilet dengan baking soda atau cuka.


BACA JUGA: Tak disangka, barang-barang yang akrab banget dengan kita ini ternyata jadi benda paling kotor!


Caranya cukup mudah kok, cukup siram lantai toilet dengan cairan baking soda atau cuka dan diamkan selama 30 menit. Perlahan, noda kuning yang membandel dan sulit dihilangkan akan teratasi.

7. Kulkas

via: brightside.me

Setelah digunakan untuk menyimpan beraneka ragam makanan, kulkas kamu pasti punya aroma yang kurang sedap. Untuk menghilangkan baunya, lagi-lagi baking soda memiliki peranan penting.

Letakkan baking soda di dalam sebuah wadah terbuka, diamkan di dalam kulkas hingga bau tak sedap menghilang. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan cuka yang dicampur dengan air hangat, lalu gosok ke seluruh permukaan kulkas.