Meskipun terlihat bersih, telapak tangan dan sela-sela jari kita menjadi salah satu sarangnya bakteri. Yup, ada berbagai jenis bakteri yang hidup di tangan kita. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada 39.000—460.000 CFU/m3 bakteri yang bersarang di sana. Itulah sebabnya kenapa kita disarankan untuk rajin mencuci tangan setelah beraktivitas atau sebelum makan.

Nah, selain mencuci tangan, ada satu kebiasaan lagi yang wajib kamu terapkan yaitu jangan menyentuh bagian tubuh tertentu dengan tanganmu, kenapa? Bakteri dan kuman yang bersarang di tangan nantinya bisa berpindah ke bagian tubuh yang lain dan bisa memicu terjadinya infeksi.

Memang sih dampaknya enggak langsung terlihat saat itu juga, tapi alangkah baiknya Kawan Muda melakukan tindakan pencegahan mulai dari sekarang. Lantas, bagian tubuh mana saja sih yang enggak boleh disentuh oleh tangan? Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Bagian tubuh pertama adalah wajah. Jangan pernah menyentuh wajahmu kecuali saat akan membersihkannya atau saat mengaplikasikan produk perawatan wajah. Menurut mikrobiologis Matthew Lee, tangan kita ini mengandung minyak yang bisa menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi wajah. Jika ingin terbebas dari jerawat atau mencegah jerawat memburuk, jangan pernah menyentuh wajahmu dengan tangan.

via: rd.com

2. Karena kamu dilarang menyentuh wajah dengan tangan, secara otomatis ini juga berlaku untuk area mata. Ketika tangan menyentuh mata, bakteri dan kuman yang sangat kecil bisa berpindah ke mata dan ini bisa menyebabkan iritasi atau bahkan goresan pada kornea mata. Jika kamu benar-benar harus menyentuh mata (memasang lensa kontak atau membersihkan kotoran mata misalnya), cucilah tanganmu terlebih dahulu dengan sabun. Oh ya, hindari juga kebiasaan mengucek mata karena ini bisa menimbulkan kerutan dan lingkaran hitam di sekitar mata.

via: rd.com

BACA JUGA:


3. Kamu juga harus menjauhkan tanganmu dari telinga karena bagian dalam telinga kita sangat halus dan sangat rentan terhadap kerusakan. Kurangi deh kebiasaan memasukkan jari ke dalam telinga ketika gatal. Jika ada masalah dengan telinga, lebih baik kamu ke dokter saja daripada mencoba pengobatan sendiri yang malah bisa merusak pendengaranmu!

via: rd.com

4. Selanjutnya adalah jauhkan tanganmu dari area hidung. Dalam hidung kita hidup bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan hidung. Ketika tangan menyentuh hidung, bakteri-bakteri yang ada di tangan bisa bermigrasi ke hidung dan keberadaannya bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik yang ada di  hidungmu. Apalagi kalau sedang musim batuk dan flu.

via: rd.com

5. Tak berbeda jauh dengan hidung, dalam mulut juga hidup berbagai macam bakteri, ada yang baik, ada juga bakteri-bakteri yang berbahaya. Coba bayangkan saat mulut yang sudah memiliki bakteri tersebut mendapatkan tambahan bakteri dari tanganmu? Apalagi kalau bakteri jahat yang masuk, ini bisa mengganggu keseimbangan bakteri di mulutmu. Jadi jangan heran kalau kamu gampang sakit atau terserang masalah kesehatan mulut gara-gara suka menyentuh mulut dengan tangan.

via: rd.com

6. Bagian tubuh berikutnya yang haram disentuh adalah pantat. Ya, tahu sendiri kan di bagian pantat ada lubang tempat keluarnya kotoran? Nah, menurut mikrobiologis Glenner Richardson, ketika tangan menyentuh daerah pantat, kuman dan bakteri yang menempel di sana bisa berpindah ke tanganmu. Kalau kamu enggak cuci tangan dan menyentuh bagian tubuh lainnya, bakteri atau kuman tadi akan berpindah dan bisa membahayakan kesehatan tubuhmu.

via: rd.com

7. Ternyata oh ternyata, kita dilarang keras untuk menyentuh bagian pusar. Tahu enggak, pusar adalah bagian paling kotor yang ada di badan kita. Karena tempatnya susah dibersihkan, pusar kita tetap saja kotor meskipun sudah mandi sekalipun. Nah, menyentuh pusar dengan tangan bisa membuat kuman-kuman di tangan berpindah ke pusar yang bisa menimbulkan penumpukan bakteri di sana dan memicu timbulnya infeksi.

via: rd.com

Itulah tadi beberapa bagian tubuh yang sebaiknya enggak disentuh-sentuh dengan kedua tangan. Mungkin kedengarannya sepele, tapi kalau kita enggak mengetahuinya dari sekarang, kesehatan tubuh di masa depan bisa terancam. Semoga informasi di atas bermanfaat dan stay healthy, Kawan Muda 😉

Sumber: Reader’s Digest