Kalau sayur terkenal dengan serat – seratnya yang mampu membantu proses pencernaan kita menjadi lebih baik, maka buah membantu memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Manfaat dari kandungan gizi tiap buah memang jelas berbeda, begitupun jenis buah pilihan yang menjadi favorit tiap orang.

Penikmat buah sebenarnya bisa kita klasifikasikan ke dalam dua kelompok. Mereka yang beneran gemar makan buah atau mereka yang hanya mengkonsumsi buah agar lebih sehat. Namun apa pun itu, kandungan gizi di dalamnya memang sangatlah penting.

Tapi Kawan Muda tahu enggak,  ada beberapa hal penting yang mampu memaksimalkan kandungan gizi di dalam buah yang sering kita konsumsi loh. Misalnya seperti cara kita mengolahnya atau bahkan dalam memilih buah ternyata juga harus diperhatikan.

Nah, biar kandungan dalam buah favoritmu enggak terbuang sia – sia, ada baiknya kalau kamu membaca beberapa rangkuman Kita Muda tentang buah yang ternyata bisa dimaksimalkan kandungan gizinya.

1. Pisang dengan bintik hitam ternyata memiliki manfaat yang lebih banyak

via: healthyfoodstyle.com

Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa pisang yang kulitnya tak mulus alias memiliki bintik hitam dikulitnya ternyata mengandung zat Tumor Necrosis Factor (TNF). Mereka menyimpulkan kulit pisang yang berbintik hitam tersebut dinilai mampu untuk mencegah tumbuh kembangnya tumor ditubuh kita.

2. Kulit dari buah kiwi ternyata memiliki manfaat yang penting dan jangan dibuang

via: wikihow.com

Tekstur kulit kiwi yang terasa agak berbulu ternyata mengandung kasiat yang tak kalah bermanfaat dari isinya. Dikutip dari laman web eatthis, kulit kiwi juga memiliki beberapa nutrisi penting yang sayang jika dibuang. Menurut kepala pendiri The NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, R.D., kulit kiwi mengandung serat yang membantu penurunan kolestrol. Bermanfaat bukan?

3. Nutrisi di dalam kulit buah apel ternyata tak kalah bagus dari buah apelnya itu sendiri

via: consumerhealthdigest.com

Beberapa orang yang gemar mengkupas kulit apel pasti enggak sadar dengan fakta ini. Nyatanya, kulit apel itu sendiri mengandung flavonoid, fitokimia, antioksidan, dan serat – serat lainnya yang ternyata tak sedikit. Tapi selalu pastikan kamu mencuci dulu apelmu sebelum mengkonsumsinya yah, ini untuk mencegah kandungan peptisida yang mungkin masih tersisa dipermukaan kulitnya.


BACA JUGA:


4. Bahkan biji semangka juga tak harusnya kamu buang loh

via: greenblender.com

Sebagian orang yang memiliki banyak waktu luang biasanya mempisah kulit semangka dari buahnya. Kali ini ada baiknya kamu enggak melakukan hal itu lagi, karena ternyata kandungan dari biji semangka penuh akan magnesium, zinc, dan protein yang baik untuk tubuhmu.

5. Untuk memaksimalkan kandungan gizi pada stroberi, ada baiknya kamu enggak memotong kecil stroberi tersebut

via: livelighter.org

Buah stroberi yang disajikan dalam potongan kecil ternyata mampu mengurangi kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Alasannya adalah permukaan isi yang terpotong tersebut mudah terkena cahaya matahari dan oksigen yang mengurangi kandungan vitamin C-nya.

6. Kulit dan buah mentimun, ternyata sangat cocok dikomsumsi berbarengan untuk manfaatnya yang maksimal

via: care2.com

Kandungan dari kulit mentimun yang biasa kamu buang itu, ternyata mengandung vitamin A. Ada baiknya jika mulai dari sekarang kamu mengkonsumsi mentimun utuh dengan kulit – kulitnya yah. Apalagi buat kamu yang sedang dalam program diet, percaya deh kandungan serat dari kulit mentimun mampu membantu program dietmu loh.

Jadi gimana Kawan Muda? Mulai sekarang, ada baiknya beberapa fakta unik diatas lebih kamu perhatikan yah.

Sumber: Hipwee.com