6 Hal yang Haram Dilakukan Ketika Perutmu Kosong. Awas, Jangan Disepelekan!

40.707 views
bahaya perut kosong
via: brightside.me

Perut kosong adalah kondisi di mana seluruh makanan yang kita konsumsi sudah dicerna oleh perut. Ini umumnya terjadi saat kita baru bangun tidur di pagi hari. Ketika perut kosong, perut kita berada dalam keadaan masam. Dalam kondisi tersebut, tak sembarangan makanan yang boleh kamu masukkan perut.

Ya, ada makanan tertentu yang malah membuat perutmu iritasi. Kamu tentunya enggak mau dong merusak aktivitas sehari-hari atau merusak mood gara-gara salah makan? Karena itulah, Kita Muda menyarankan kamu untuk menghindari hal-hal berikut ini saat perutmu kosong.

1 Minum obat-obatan seperti aspirin, parasetamol, dan obat yang mengandung antiinflamasi non steroid lainnya

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Minum obat-obatan jenis ini saat perut kosong malah mengurangi manfaatnya dam menyebabkan dinding perut teriritasi. Obat bisa menambah keasaman pada lambungmu, karena itulah sangat dianjurkan untuk minum obat sesudah makan. Jika terpaksa harus minum obat, minumlah obat tersebut dengan susu untuk mengurangi efek negatif dari antiinflamasi.

2 Minum kopi atau minuman mengandung kafein lainnya seperti teh

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Bagi sebagian orang, kopi adalah hal yang tak boleh dilewatkan di pagi hari. Padahal, mengonsumsi kopi saat perut kosong itu menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan bisa memicu stres. Apalagi kalau Kawan Muda lupa sarapan setelah minum kopi. Nah, kalau kamu benar-benar enggak bisa hidup tanpa kopi, tambahkan susu atau krimer pada kopimu untuk mengurangi efek negatifnya.

3. Mengonsumsi soda atau minuman yang asam

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Meneguk soda saat perut kosong bisa menyebabkan mual dan iritasi dalam usus. Ya, soda mengandung zat asam yang jika dikonsumsi saat perutmu kosong, kadungan asamnya akan bercampur dengan asam lambung di perut. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan sitrus yang mengandung asam dan serat tinggi juga bisa menimbulkan iritasi pada perut. Ada baiknya dihindari jika kamu punya catatan penyakit gastritis atau penyakit lambung.

4. Mengunyah permen karet

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Permen karet yang dikonsumsi saat permen kosong bisa menyebabkan gastritis karena permen karet mengandung siklamat atau aspartam. Namun, kamu masih bisa mengonsumsi permen karet dengan pemanis alami seperti permen karet yang mengandung xylitol atau sorbitol. Eits, tapi ingat, jangan mengunyah permen karet lebih dari 10 menit, ya!

5. Tidur dalam keadaan perut lapar

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Jangan pergi tidur kalau Kawan Muda merasa lapar. Daripada menahannya, ada baiknya Kawan Muda mengisi perut terlebih dahulu, kenapa? Karena perut lapar malah membuatmu susah tidur sehingga mengurangi jam tidurmu. Ketika jam tidur berkurang, rasa lapar semakin meningkat yang membuatmu makan lebih banyak keesokan harinya.

6. Melakukan olahraga berat sebelum sarapan atau makan

bahaya perut kosong
via: brightside.me

Olahraga berat sebelum sarapan? Ugh, jangan pernah deh, Kawan Muda. Tahu enggak sih, olahraga saat perut kosong itu  bisa mengurangi massa otot dan malah membuat tubuhmu kehilangan tenaga. Boro-boro membakar kalori, tubuhmu bisa lemas. Kalau perutmu kosong, sebaiknya olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki selama 10 menit.

Nah, sekarang Kawan Muda sudah tahu kan hal-hal yang enggak boleh dilakukan saat perut kosong? Ternyata enggak hanya makanan saja, ya, yang ada pantangannya. Kegiatan tertentu juga berbahaya dilakukan saat perut dalam keadaan kosong. Yuk, share informasi penting ini ke orang-orang terdekatmu!

Sumber: Brightside.me