Dari dulu pepatah sudah sepakat, ‘Banyak jalan menuju Roma’. Yup, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan apa yang kamu impikan, termasuk keliling dunia. Bisa mengunjungi banyak negara dan melihat hal baru sudah menjadi impian banyak orang.

Sayang, biaya yang tidak sedikit menghancurkan mimpi sebagian besar orang. Keliling dunia identik sebagai kegiatan yang mahal; pun kalau berlibur on budget, biaya yang dibutuhkan juga tidak kecil. Namanya juga pengin keliling dunia, enggak hanya mengunjugi satu atau dua tiga negara.


Baca Juga :


Namun, ini tidak berarti mimpi keliling dunia tidak dapat diwujudkan. Ada banyak hal yang bisa membawamu keliling dunia gratis. Kawan Muda hanya perlu melihat setiap peluang saja, entah itu dari pekerjaan atau bidang yang memang “kamu banget”.

Enggak percaya? Kita Muda bakal bongkar nih trik biar Kawan Muda bisa keliling dunia gratis. Penasaran apa saja? Yuk lah langsung disimak saja bocorannya.

1. Sering lihat iklan makanan atau minuman mengadakan kuis berhadiah liburan gratis, kan? Jangan dianggurin, coba deh iseng ikutan. Ya, iseng-iseng berhadiah lah.

via: travelsofadam.com

Sering kan lihat sebuah produk tertentu mengadakan kuis berhadiah liburan gratis ke luar negeri? Ya, meskipun peluang sangat kecil bukan berarti kamu enggak bisa menang kan? Jangan berhenti mencoba dan coba deh iseng cari info kuis atau undian berhadiah seperti ini di media sosial juga. Siapa tahu dengan iseng mengirim banyak, salah satunya ada yang lolos, hihi.

2. Punya bakat tertentu yang bisa dijadikan uang? Stop menyia-nyiakannya. Lumayan, lho, hasilnya disimpan buat liburan. Iya, kan?

via: huffingtonpost.com

Kawan Muda punya bakat apa? Menyanyi, menulis, design, atau bahkan nge-game? Coba deh cari info tentang lomba-lomba yang sesuai dengan bakatmu. Lumayan kan kalau dapat hadiah uang tunai. Bisa ditabung untuk membiayai travelingmu. Sering-sering ikutan lomba seperti ini biar bisa bikin tabungan khusus liburan. Kalau satu lomba belum cukup, ikut yang banyak dan dikumpulkan dulu hadiahnya.

3. Sudah pernah tahu coachsurfing? Melalui program ini kamu bisa dapat koneksi banyak dan ini memungkinkan kamu liburan ke luar negeri dengan biaya murah (bahkan gratis!)

via: nomadasaurus.com

Coachsurfing (CS) adalah komunitas pertemanan di seluruh dunia, yang memungkinkan anggotanya berinteraksi dengan wisatawan di seluruh dunia. Anggota bisa menjadi tuan rumah yang dengan senang hati menyediakan penginapan gratis dan pemandu bagi anggota lain di komunitas tersebut; atau sebaliknya. Jika ingin berwisata ke suatu tempat (baik dalam maupun luar negeri) kamu bisa mencari tumpangan menginap. Penasaran cobain? Kamu bisa mulai kepoin website Coachsurfing ini.

4. Kamu cap cis cus kalau ngomong dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Jadi tour leader atau tour guide oke juga nih, biar bisa keliling dunia gratis.

via: matadornetwork.com

Ini adalah salah satu pekerjaan yang bisa membawamu keliling dunia gratis, terutama tour leader. Sebenarnya tour leader dan tour guide memiliki tugas yang hampir mirip. Bedanya, tour guide memberi bimbingan terkait destinasi wisata sedangkan tour leader memimpin seluruh rangkaian tour mulai dari awal sampai akhir.

Kalau wisata ke luar negeri nih, tour leader bakal menemani wisatawan dari keberangkatan hingga kegiatan tour berakhir. Hemm, enak banget kan bisa jalan-jalan gratis kemana-mana. Sudah begitu dapat gaji lagi sesuai dengan perjalanan yang dilakukan.

5. Selain jadi pemandu wisata, kamu juga bisa bekerja di pesawat atau kapal pesiar! Yup, waktumu memang bakal terbuang di atas kapal, tapi bisa mampir gratis di negara orang, kan?

via: camelsandchocolate.com

Kalau jadi awak pesawat sudah terlalu mainstream, Kawan Muda bisa nyobain sensasi bekerja di kapal pesiar. Kamu bisa berkeja sesuai dengan kemampuan, entah itu menjadi koki, pelayan, nahkoda, teknisi, anak buah kapal, dan sebagainya. Selain bisa jalan-jalan dan mampir di beberapa negara sekaligus, kamu juga mendapatkan gaji. Menyenangkan banget kan bisa kerja sambil traveling gratis?

Itu tadi pekerjaan yang bisa kamu lakoni biar bisa mendapatkan kesempatan keliling dunia gratis. So, tunggu apalagi, Kawan Muda? Kamu bisa menggali peluang mulai dari sekarang agar impian keliling dunia segera terwujud. Selamat mencoba 🙂

Sumber: Idntimes.com