5 Bagian Tubuh yang Jadi Tempat Favorit Berkumpulnya Lemak dan Bagaimana Cara Efektif untuk Mengusirnya

4.676 views
via: brightside.me

Timbunan lemak di bagian tubuh tertentu tak jarang membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Tak hanya yang bertubuh gemuk, ada juga lho oranng yang kurus, tapi mengalami ‘kegemukan’ di bagian tubuh tertentu. Misalnya saja di bagian perut atau lengan atas bagian bawah (lengan bergelambir).

Nah, untuk menghilangkan lemak-lemak yang menganggu tadi, Kawan Muda mungkin melakukan berbagai cara, salah satunya adalah mengurangi porsi makan. Hemm, padahal lemak yang terbentuk pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha, atau lengan, enggak hanya disebabkan oleh makanan saja.

Yup, ada penyebab lain kenapa lemak bisa bersarang di sana. Kali ini Kita Muda akan memaparkan satu per satu nih tempat-tempat berkumpulnya lemak dan apa yang menyebabkan mereka betah bersarang di sana. Kawan Muda juga bisa intip apa saja solusi terbaik untuk menghilangkannya. Langsung saja yuk kita simak bareng-bareng ulasannya berikut ini.

1. Tubuh bagian atas

via: brightside.me

Penyebab:

Kalau kamu merasa gemuk tapi hanya tubuh bagian atasmu saja yang melebar, ini disebabkan kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada kalori yang mampu dibakar tubuh. So, yang bikin badan bagian atasmu melebar dan menggelambir adalah kebanyakan makan tapi kurang gerak (atau aktivitas yang dilakukan sedikit).

Bagaimana mengatasinya?

  • Kawan Muda bisa nih melakukan latihan aerobik seperti jalan, lari, atau berenang paling tidak 30 menit setiap harinya agar lemak-lemak yang terakumulasi di sana bisa terbakar dengan sempurna.
  • Kurangi konsumsi gula atau minuman-minuman manis/kemasan. Tahu enggak sih, makanan atau minuman manis itu membuatmu lebih gampang lapar dan pengin ngunyah terus.

2. Perut bawah dan pinggul

via: brightside.me

Penyebab:

Ternyata, lemak yang bersarang di bagian tubuh ini enggak hanya disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi. Penyebab utamanya adalah stres, was-was, dan depresi. Nah lho, banyak pikiran ternyata bisa bikin gemuk juga ya?

Bagaiman mengatasinya?

  • Hilangkan stres dengan melakukan kegiatan yang kamu senangi atau coba deh melakukan meditasi dan latihan pernapasan di rumah agar pikiran menjadi rileks.
  • Kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau karena minuman ini sangat efektif untuk membakar lemak sekaligus membuat pikiran menjadi tenang.

BACA JUGA:


3. Pantat dan paha

via: brightside.me

Penyebab:

Gampang banget gemuk di bagian paha atau pantat? Salah satu penyebabnya adalah tubuhmu mengonsumsi terlalu banyak gluten. Kalau merasa kurang pede karena ukuran pantat dan paha yang lebih besar daripada bagian tubuh lain, kamu bisa mencoba diet gluten free.

Bagaimana mengatasinya?

  • Selain mengonsumsi makanan yang bebas gluten, kamu bisa nih mengecilkan paha dan pantat dengan naik turun tangga.
  • Oh ya, jangan pernah melupakan atau menyepelekan sarapan ya. Kalau enggak sarapan nih, kamu akan merasa mudah lapar seharian dan cenderung makan lebih banyak.

4. Perut

via: brightside.me

Penyebab:

Sama halnya dengan lemak yang terakumulasi di tubuh bagian atas, lemak di perut ini disebabkan oleh stres. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab kenapa perut mudah banget buncit dibanding bagian tubuh lainnya. Oh ya, meskipun kamu sudah diet nih, kalau masih stres ya enggak akan memberikan perubahan apa pun pada lemak di perut.

Bagaimana mengatasinya?

  • Gantilah cemilan enggak sehat kamu dengan buah-buahan. Kalau bisa jangan makan dalam porsi besar sekaligus. Makanlah dengan porsi sedikit, tapi sering. Cara ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh enggak gampang lemas/lapar.
  • Selain mengatur porsi makan, kamu juga bisa mengimbanginya dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, atau senam aerobik.

5. Lutut dan betis

via: brightside.me

Penyebab:

Beberapa penyebab lutut yang berlemak dan betis yang besar adalah kurang gerak, terlalu banyak duduk, obesitas, dan bahkan kurang tidur.

Bagaimana mengatasinya?

  • Kurangi konsumsi garam atau makanan asin karena garam menyebabkan retensi cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung atau penambahan berat badan.
  • Jangan duduk lebih dari 30 menit tanpa bergerak sama sekali. Cobalah melakukan gerakan-gerakan ringan sambil duduk atau berjalan mondar-mandir selama beberapa menit.

Sekarang Kawan Muda sudah tahu kan apa yang menjadi penyebab lemak menggelambir di bagian tubuh tertentu? Semoga tips di atas bermanfaat dan semoga sukses ya program membakar lemaknya 😉

Sumber: Brightside