Kesepian Nggak Harus Terus Dijalani, Kalian Bisa Melakukan 4 Hal Ini untuk Mengatasinya

2.449 views
via: videoblocks.com

Kawan Muda, pernah nggak sih lagi main sama teman-teman tapi tetap merasa kesepian? Udah coba pergi ke tempat ramai tapi kalian merasa jiwa kalian tidak berada di sana.

Kali ini Kita Muda akan memberikan tips-tips terbaik supaya kalian bisa mengatasi rasa kesepian kalian. Yuk disimak!

  1. Jujurlah pada diri sendiri

honest
via jamesaltucher.com

Biasanya ketika  sedang merasakan kesepian, kalian akan mencoba lari dari kesepian itu. Semacam tidak menerima rasa kesepian itu sendiri. Kalian mungkin akan mengalihkannya dengan tidur seharian, ‘ditonton’ tv (nyalain tv tapi nggak dilihat/tidak fokus), pergi sama teman-teman, dan sebagainya.

Biasanya ketika kalian berusaha menyibukkan diri sendiri, tapi setelah kesibukan  selesai, kalian tetap merasakan sepi. Atau bahkan bisa sampai menangis? Ternyata kekosongan yang kita rasakan justru akan terus terasa jika kita terus menyangkalnya.

Studi yang ditulis oleh Ami Rokach menyatakan bahwa penerimaan dan refleksi diri menjadi salah satu cara untuk mengubah dampak negatif kesepian menjadi sesuatu yang lebih positif.

Apa yang perlu direfleksikan supaya bisa mengatasi kesepian?

  • Mencari penyebab kenapa kalian merasa kesepian? Apakah karena orang-orang di sekitar kita tampak sedang bahagia sekali dan punya kesibukan masing-masing, sementara kita sedang merasa terpuruk?
  • Cari tahu juga saat-saat seperti apa kalian merasakan kesepian. Nah dari situ kalian bisa berusaha memperbaiki padangan terhadap hidup dan berusaha mengusir kesepian itu sendiri.

Bagaimana cara merefleksikannya?

Kalian bisa dengan meditasi menenangkan diri atau dengan berjalan kaki atau sepeda di malam hari sendiri dan mengeluarkan pikiran-pikiran kalian. Menanyakan kehidupan yang sudah kalian jalani selama ini kepada diri sendiri.

  1. Sadarilah bahwa kesepian itu bisa dilawan

happy
via tinybuddha.com

Ketika perasaan kesepian itu datang, biasanya hal itu ditandai dengan munculnya ingatan tentang perasaan yang menyakitkan, menakutkan, dan kehampaan yang membuat kalian merasakan sendirian

Sebenarnya, kesepian adalah kondisi emosi yang muncul dari dalam diri berdasarkan sudut pandang kita. Sehingga kita mampu melawan kesepian itu sendiri daripada harus terus menerus merasa kesepian dan membiarkannya membaik dengan sendirinya.


BACA JUGA:


  1. Merawat binatang peliharaan

dog and owner
via yodoggydog.com

Selain dengan meditasi atau berjalan-jalan sendiri, kesepian juga bisa diungkapkan dengan berteman dengan binatang, bisa menjadikan teman yang menyenangkan buat kalian. Bisa mengajaknya ngobrol, walaupun kalian tidak mendapatkan balasan, tapi setidaknya kalian bisa mengungkapkan masalah apa yang ada. Atau kalian bisa mengajaknya bermain.

Sebuah studi tahun 2016 mengungkapkan bahwa orang dewasa yang merawat hewan peliharan mengalami penurunan depresi dan perbaikin fungsi otak kalian dalam waktu 8 minggu sejak dilakukannya percobaan.

Eits, tapi jangan mengadopsi hewan hanya untuk bersenang-senang ya. Kalian juga harus merawat dan membesarkannya loh.

  1. Kurangi penggunaan social media

via: womenlovetech.com

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa pengguna media sosial sebenarnya membuat orang merasa lebih kesepian.

Media sosial diciptakan untuk menjalin relasi atau menggunakannya sebagai portofolio kalian, tapi ternyata justru banyak yang menggunakannya untuk lari dari kesepian.

Seberapa sering kalian membuka social media dalam sehari? Dua kali? Tiga kali? Atau bahkan lebih hingga menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan sebuah pengakuan?

Nyatanya kontak langsung dengan tatap muka jauh lebih baik daripada kontak di media sosial karena bagaimana pun juga manusia butuh snetuhan secara fisik untuk merasa terhibur dan terhubung

Sumber : Kompas.com