Kawan Muda sering merasakan hidupnya tidak produktif? Membiarkan semua kesempatan yang ada begitu saja? Lebih memilih tidur daripada mengerjakan hal lain.

Duh jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia! Apa lagi kalau masih punya cukup tenaga untuk menjadi produktif. Kali ini Kita Muda akan membantu kalian dengan 4 cara yang realistis untuk menjadikan hidup yang lebih produktif.

  1. Stop multitasking

multitasking
via enmast.com

Pada dasarnya, otak manusia tida diciptakan untuk multitasking, yang ada ketika manusia melakukan banyak hal secara bersamaan adalah beralih dari suatu tugas ke tugas yang lainnya dengan panik. Karena sebenarnya otak kita memiliki keterbatasan. Kita tidak fokus pada beberapa hal sekaligus.

Ketika kamu multitasking, itu akan buang-buang waktu karena membuatmu tambah lelet. Otakmu dipaksa melakukan hal yang berbeda secara bersamaan, itu sama saja memaksa otakmu beradaptasi berkali-kali untuk fokus pada tugas yang baru.

Multitasking rentan membuatmu melakukan kesalahan. Membuatmu semakin tertekan. Menghambat kreativitasmu, bahkan bisa mencelakakanmu.

Ketika kamu multitasking, itu akan membuatmu melewatkan hal-hal penting. Karena kamu seperti tidak melihat apa yang ada di depanmu. Seperti ketika kamu asik browsing sambil mendengarkan playlist kesayanganmu. Biasanya kamu akan kurang menyiman apa yang sedang kamu cari.

  1. Jangan biarkan pekerjaanmu merenggut hidupmu

via: themuse.com

Banyak dari kalian yang merasa dikejar deadline, sehingga membiarkan otakmu bekerja lebih dari 8 jam. Apa lagi jika bekerja di bidang kreatif, bahkan jam kerja mencapai 70 jam. Jangan biarkan hidupmu seperti itu ya, Kawan Muda.

Jangan juga menunda-nunda pekerjaan hingga menumpuk.


BACA JUGA:


  1. Tahu kapan waktu efektifmu

pexels.com

Setiap orang tentu memiliki kapan waktu mereka akan berpikir dengan baik. Misalkan Kawan Muda tahu bahwa jam 3 – 6 sore adalah jam kamu biasa ngantuk, maka jangan mengerjakan tugas atau pekerjaan di jam tersebut.

Lalu bagaimana jika waktu efektifmu ada di malam hari?

Emang sih, kadang inspirasi-inspirasi akan muncul di malam hari. Namun juga jangan biasakan dirimu untuk begadang, bagaimanapun juga kamu juga butuh tidur yang cukup dengan durasi kurang lebih 8 jam sehari. Jika seperti itu, kamu bisa gunakan waktu siangmu untuk tidur. Ingat poin dua, jangan biarkan pekerjaanmu merenggut hidupmu.

  1. Bersenang-senang

via: smartgroom.com

Jangan lupa gunakan weekend-mu untuk liburan dan bersenang-senang setelah bekerja selama minimal 40 jam seminggu. Bagaimana pun juga otakmu butuh untuk istirahat supaya siap bekerja lagi di hari Senin.

Sumber : Berbagai sumber