Kalau ngomongin soal cuka, Kawan Muda pasti langsung ingat bakso, pempek, atau nasi goreng. Hemm, cuka memang enak kalau dicampurin di kuah bakso atau dijadikan sebagai campuran untuk membuat acar atau kuah pempek. Nah, selain untuk bahan makanan, tahukah kamu kalau cuka menyimpan segudang manfaat menakjubkan lainnya?

Dilansir dari Brightside.me, cuka putih dan cuka apel diyakini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan.

Whoa, penasaran kan pengin tahu apa saja manfaatnya? Yuk lah simak ulasannya berikut ini.

1. Cuka apel bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe, lho!

penyebab ketombe
via: healthline.com

Geregetan banget ketombe enggak hilang-hilang? Woho, Kawan Muda enggak perlu khawatir lagi karena cuka apel akan membantu mengatasi masalahmu! Yang kamu butuhkan hanyalah 4 sdm cuka apel yang dicampur dengan 4 sdm air.

Masukkan campuran tersebut dalam botol spray dan semprotkan di rambut serta kulit kepalamu. Bungkus rambut dengan handuk, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Kamu juga bisa, lho, menambahkan sedikit cuka putih ke dalam sampo.

2. Tak hanya ketombe yang hilang, rambutmu juga bisa lebih lembut dan berkilau dengan bantuan cuka putih.

manfaat cuka
via: brightside.me

Untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dan berkilau, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:2. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan merata di rambutmu. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Mudah banget, kan?

3. Mandi bakal lebih nyaman kalau kamar mandi bersih dan kinclong, kan? Nah, gunakan cuka putih untuk membuat kamar mandimu kinclong.

manfaat cuka
via: brightside.me

Cuka putih juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kamar mandi yang ampuh, lho. Kandungan pemutih dan antibakteri di dalamnya akan membersihkan setiap sudut kamar mandi dan membuatnya lebih berkilau.

Kamu hanya perlu mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:2. Semprotkan atau siramkan campuran tersebut di bagian kamar mandi yang ingin dibersihkan.

4. Cuka apel juga bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti age spot atau bintik-bintik hitam.

manfaat cuka
via: brightside.me

Siapa sih yang enggak pengin tampil awet muda? Namun, seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan memang enggak bisa dihindari.

Nah, untuk menyamarkannya, sekaligus membuat wajahmu tampak lebih muda dan fresh, aplikasikan campuran 1 sdm cuka apel dan ½  gelas air di wajahmu menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit lalu bilas wajahmu hingga bersih.

5. Tahu enggak sih, cuka apel ternyata bisa dijadikan toner, lho!

manfaat cuka
via: brightside.me

Kalau kamu kehabisan toner sudah enggak perlu khawatir lagi karena cuka apel yang ada di rumah bisa disulap jadi toner alami. Nah, cara membuat toner cuka apel ini mudah banget, kok.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdm cuka apel dan 4 sdm air. Dengan menggunakan kapas, aplikasikan campuran tersebut di wajahmu. Jangan sampai kena area mata, ya. Oh ya, karena fungsinya sebagai toner, kamu enggak perlu membilasnya.

6. Digigit nyamuk? Yuk, pakai cuka apel untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

manfaat cuka
via: brightside.me

Cuka apel mengandung bahan-bahan yang bersifat anti-inflamasi sehingga membantu menenangkan kulit yang luka dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Nah, untuk menghilangkan luka bekas gigitan nyamuk, basahi kapas di dalam cairan cuka apel kemudian aplikasikan langsung di area bekas gigitan nyamuk. Diamkan selama satu jam agar cuka apel tersebut “bereaksi”.

7. Bete kalau kuteks gampang mengelupas? Rendam dulu kukumu dalam cuka putih.

manfaat cuka
via: brightside.me

Sebelum mengoleskan base coat (lapisan dasar yang membuat kuku tahan lama), rendam kukumu dalam setengah cangkir cuka putih selama sepuluh 10 menit.  tempelkan kuku Anda ke dalam setengah cangkir cuka putih selama 10 menit.

Sekarang sudah tahu, kan, manfaat menakjubkan dari cuka putih dan cuka apel? Yuk, langsung praktikkan di rumah dan buktikan sendiri manfaatnya. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *