Kawan Muda mungkin sudah sepakat dengan pasangan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Keluarga kalian pun sudah memberi restu dan tinggal mencari hari atau tanggal yang tepat untuk melangsung pesta pernikahan.

Setelah fase ini, mungkin ada yang masih leha-leha dan enggak pusing-pusing banget karena belum ada tanggal yang pasti. Namun, ada baiknya nih kamu curi start duluan untuk mencicil kebutuhan pernikahan.

Yup, ada pernak-pernik pernikahan yang biasanya bikin repot. Beberapa mungkin tampak sepele dan bisa diurus nanti-nanti, tapi yang sepele ini kadang yang bikin keteteran karena kelupaan.

Enggak pengin repot atau pusing sendiri saat sudah dekat tanggal pernikahan? Oleh karena itu, pastikan Kawan Muda mencicil hal-hal ini dari jauh-jauh hari.

1. Kain untuk baju pengantin sekaligus seragam untuk kerabat dan bridesmaids/groomsmen.

via: thebridedept.com

Kelihatannya enggak penting, tapi penting. Ini saatnya kamu memikirkan berapa baju yang akan kamu kenakan dan berapa banyak keluarga yang akan memakai seragam.

Kalau sewa sih mungkin sedikit lebih mudah ya, kamu hanya perlu menghubungi pihak persewaan. Kalau jahit sendiri, kamu sudah harus mulai menghitung jumlah orang yang akan diberi kain dan mulai mencicil membeli bahan kain.


BACA JUGA:


2. Mulai hunting gedung untuk acara pernikahan.

via: thebridedept.com

Jika kamu dan pasangan berencana mengadakan pesta pernikahan di gedung, sejak jauh-jauh hari coba cari informasi tentang gedung-gedung yang biasanya disewakan untuk pesta pernikahan

Dengan melakukan riset jauh-jauh hari, kamu akan mendapatkan banyak gambaran dan banyak pilihan. Kamu pun bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah ada.

3. Siapa saja yang akan diundang di hari bahagiamu.

via: thebridedept.com

Ini nih yang enggak kalah penting, jumlah tamu undangan. Bahkan menghitung siapa saja yang akan undangan harus banget dilakukan jauh-jauh hari karena berkaitan dengan sewa gedung, katering, dan souvenir.

Jangan sampai salah hitung, entah itu kebanyakan atau ngerinya kurang. BIG NO! So, langsung deh bikin rincian siapa saja yang bakal kalian undang.

4. Hunting jasa katering.

via: thebridedept.com

Makanan adalah salah satu komponen penting untuk menentukan kesempurnaan hari bahagiamu. Karena kebahagiaan tamu undangan bisa kita lihat dari puasnya mereka menyantap makanan yang disediakan.

Nah, kalau sudah ada rencana menikah, coba deh iseng pergi ke gedung atau ke vendor katering, minta detail pricelist makanan mereka. Kumpulkan semua brosur lalu sortir satu per satu yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget kamu 😉

5. Suvenir pernikahan itu sepele, tapi bikin pusing kalau kelupaan!

via: thebridedept.com

“Suvenir mah gampang, beli kalau semua sudah beres saja…”

Sebagian besar calon pengantin selalu berpikir bahwa suvenir bisa dipikirkan belakangan, padahal printilan yang satu ini biasanya terlupakan dan bikin stres menjelang hari H.

Itulah mengapa suvenir harus dipikirkan jauh-jauh hari. Ya, setidaknya survei dulu lah mau kasih suvenir apa dan kiranya mau pesan di mana. Jadi meskipun diurus di akhir, kamu enggak perlu bingung mau kasih apa 😉

6. Berkas-berkas administrasi KUA.

via: Arrahman.Id

Sebenarnya ini enggak kalah penting dibanding katering, gedung, dan bahkan suvenir pernikahan. Pastikan Kawan Muda tahu nih berkas-berkas apa saja yang harus disiapkan sebelum mengurus administrasi KUA, mulai dari fotokopi KTP, KK, ijazah, pas foto, hingga materai.

Jangan lupa juga mengurus surat pengantar dari RT/RW dan surat-surat lainnya seperti NI, N2, N4, sampai surat keterangan belum menikah di kelurahan tempat tinggalmu. Banyak kan yang dipersiapkan? Oleh karena itu, buruan dicicil dari sekarang biar enggak keteteran…

Bisa melangsungkan pernikahan dengan pujaan hati menjadi sesuatu yang membahagiakan. Namun ingat, mengurus pesta pernikahan itu enggak semudah yang dibayangkan.

Mempersiapkannya dari jauh-jauh hari menjadi keputusan bijak yang diambil biar kamu enggak stres menjelang hari H. Nah, sekarang sudah tahu langkah yang harus kamu ambil sebelum melangkah ke pelaminan dengan si dia?

Sumber: Hipwee