Menabung emang bukan hal yang mudah buat sebagian orang. Mereka yang merasa dirinya susah nabung mempunyai prinsip bahwa “kalau emang enggak bisa nabung, setidaknya bisa dapat uang tambahan supaya bisa memenuhi apa yang kita inginkan.” Padahal nabung untuk uang cadangan pun juga sangat penting.

Terkadang emang kita cuman  laper mata, merasa enggak benar-benar butuh itu. Orang-orang juga menghabiskan uangnya pada hal yang beda-beda, ada yang buat makanan, ada yang beli barang karena lucu padahal enggak tau butuh atau enggak.

Nah, buat Kawan Muda yang merasa boros terus paling enggak bisa nabung, Kita Muda punya tips nabung yang cocok buat kalian, simak yuk!

  1. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit

saving tips
Via brightside.me

Kalau kalian tidak bisa menyisihkan sebulan 10% – 20% dari pendapatan kalian, Kawan Muda bisa sisihkan setiap minggu dari nominal yang paling kecil. Misalnya minggu pertama Rp10.000, lalu minggu kedua kelipatannya Rp20.000, dan selanjutnya. Yang intinya setiap minggunya nominalnya naik.

Kalau misalkan setiap  minggu kita menabung seperti itu dan uangnya enggak diotak-atik, setahun bisa Rp780.000, lumayan lah ya daripada enggak sama sekali kan?

Intinya di sini itu menumbuhkan kebiasaan menabung dulu dari nominal yang paling kecil, yang paling “alah cuman Rp10.000”, lama-kelamaan siapa tau nominalnya semakin besar, ya kan?

  1. Hukuman buat kebiasaan buruk

saving tips
Via brightside.me

Buat yang suka telat bisa banget nih pakai cara ini. Setiap telat datang ke sekolah, kampus, atau kantor, kamu harus menyisihkan uangmu sebesar Rp10.000. Nah, kalau dalam sebulan  telat 5x, berarti kamu harus menyisihkan Rp50.000.


BACA JUGA:


Disisihkannya setiap kamu telat langsung masukin celengan “hukuman” ya, jangan ngutang buat bayar di akhir sekalian Rp50.000, nanti takutnya enggak kebayar karena uangnya sudah habis dijajanin semua.

Ini berlaku sama semua kebiasaan buruk kalian ya. Misalnya tidak mengerjakan tugas buat kalian yang masih sekolah.

  1. Menyisihkan uang dari barang yang kamu inginkan

saving tips
Via brightside.me

Seperti yang sudah dijelaskan, orang boros biasanya karena mereka hanya ingin atau lapar mata, sekalipun untuk makanan. Nah Kawan Muda bisa menyisihkan dari apa yang Kawan Muda beli tapi karena butuh.

Misalnya, Kawan Muda menghabiskan uang pada makanan. Padahal sudah makan siang, tapi beli makanan lagi karena tertarik sama gambarnya atau karena lagi viral. Berarti Kawan Muda harus menabung dari itu.

Beli es kepal Milo seharga Rp 15.000 karena pengen, nabung 10% dari harga makanan, jadi Rp 1.500. Emang kelihatan sedikit sih, tapi kalau jajannya sering kan lama-lama jadi banyak.

Lalu setiap pengeluaran dicatat. Jadi kita tahu deh, berapa uang yang kita habiskan sehingga harus menabungnya juga sebanyak itu.

Gimanang mana? Kira-kira Kawan Muda akan memilih cara menabung yang mana?

Sumber : Brightside.me