Semua orang pasti pernah merasa menyesal, entah itu menyesali keputusan yang dibuat, tindakan yang dilakukan, atau menyesal karena enggak bisa melakukan apa pun selagi mereka bisa. Apakah hal ini berarti buruk? Apakah dengan menyesal berarti kehidupan kita enggak bahagia? Eits, belum tentu.

Enggak selamanya penyesalan itu memiliki makna negatif. Terkadang dari sebuah penyesalan, seseorang bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.  Ya, meskipun penyesalan mungkin membuat pikiran dan tubuh ‘babak belur’. Namun, jika seseorang mampu mengambil hikmah dan kembali fokus memperbaiki ‘kesalahan’ atau hal yang membuatnya menyesal, segala sesuatunya pasti akan lebih baik.

Tak ada penyesalan yang datang di awal, karena rasa menyesal lahir dari keputusan-keputusan atau tindakan yang kita ambil sebelumnya. Dalam hidup, manusia akan mengalami beragam jenis penyesalan, dan beberapa di antaranya baru terasa saat mereka beranjak dewasa atau memasuki hari tua.

Kali ini Kita Muda akan membahas hal-hal yang sering disesali seseorang di masa tuanya. Semoga dengan mengetahui hal ini, Kawan Muda bisa menghindari penyesalan serius di hari tua nanti ya J

1. Tak menyempatkan diri untuk berlibur dan menikmati hidup karena kamu disibukkan dengan pekerjaan atau karir. Fokus pada pekerjaan dan karir memang bagus, tapi bukan berarti mengabaikan kebahagiaan diri sendiri bukan? Istrirahatlah selagi sempat, kunjungi tempat yang menarik selagi bisa. Jangan lupa nikmati hidup dan masa mudamu…

via: huffingtonpost.com

2. Mempertahankan hubungan yang enggak sehat karena takut hidup sendiri atau takut enggak ada orang lain yang bisa menerimamu? Oh, c’mon, jangan menyia-nyiakan hidup dan waktumu untuk seseorang yang enggak membuatmu bahagia atau seseorang yang membuatmu merasa sakit. Jangan hidup dalam ketakutan dan rasa tertekan, apalagi jika itu dilakukan pasangan sendiri!

via: rd.com

3. Terlalu memikirkan pandangan orang lain tentangmu. Mendengarkan nasihat orang lain memang berguna untuk perbaikan diri, tapi jangan sampai hal tersebut membuatmu jadi takut salah dan enggak berani mencoba apa pun. Apa pun yang kita lakukan pasti memperoleh reaksi positif dan negatif dan itu sangat wajar. So, jangan terlalu diambil hati ya!

via: g.cz

BACA JUGA:


4. Sudahkah kamu menyatakan rasa cinta dan sayang pada keluarga atau orang-orang terkasih? Mungkin kedengarannya aneh ya bilang ‘I love you’, tapi kamu akan menyesalinya jika terlambat mengucapkan hal tersebut di kemudian hari.

via: businessinsider.com

5. Salah satu penyesalan terbesar yang disesali sebagian besar orang dalam hidupnya adalah terlalu sibuk kerja sampai lupa bagaimana menikmati hidup. Kamu terlalu sibuk mencari uang sampai lupa menyeimbangkan kehidupan lain di luar pekerjaan. Kamu mengorbankan apa pun, bahkan keluarga demi uang. Ya, uang memang bisa membeli segalanya. Namun apa gunanya mengumpulkan banyak uang kalau enggak tahu bagaimana cara membuat diri sendiri dan orang di sekitarmu bahagia?

via: spiritualityhealth.com

6. Kurang meluangkan waktu dengan orangtua. Sesibuk apa pun, jangan pernah melewatkan quality time dengan orangtua. Jika kamu tinggal berjauhan dari orangtua, sempatkan waktu lima menit dalam sehari untuk menelepon atau bertukar pesan singkat. Tak perlu ngobrol panjang lebar, mereka sudah cukup senang mendengar kabar atau suaramu meski hanya sebentar.

via: usnews.com

7. Sudahkah kamu melakukan sesuatu di luar zona nyamanmu? Banyak orang mengaku menyesal di hari tuanya karena takut mengambil risiko untuk mencoba sesuatu yang baru di masa muda. Hemm, mumpung usiamu masih kepala dua atau kepala tiga, yuk coba sesuatu yang bisa menantang kemampuan diri sendiri!

via: aventuras.cotopaxi.com

8. Beberapa orang mengaku enggan resign dari tempat kerja meskipun sudah merasa enggak nyaman. Bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun mereka bertahan di pekerjaan tersebut. Hasilnya, di masa tua mereka menyesali keputusan yang dibuat karena sebenarnya mereka bisa mengembangkan diri jika mau mengambil risiko. Namun mereka terlalu takut melepas ‘kenyamanan’ semu yang ditawarkan di tempat kerjanya.

via: pixabay.com

9. Last but not least adalah tak menyadari betapa berharganya dirimu. Kamu kurang percaya diri dan selalu membandingkan diri dengan orang lain. Mirisnya lagi, kamu selalu merasa bahwa dirimu adalah pribadi yang penuh celah—baik secara fisik maupun emosional. Hei, nobody’s perfect, mulai sekarang belajarlah untuk menghargai dan menerima diri sendiri 😉

via: blogs.webmd.com

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa penyesalan selalu datang di akhir kalau di depan namanya pendaftaran. Sebelum penyesalan mendatangi Kawan Muda di akhir, yuk hindari 9 hal di atas biar rasa penyesalan tak menggerogotimu di masa tua nanti 🙂

Sumber: Wealthy Gorilla