Berbuat baik kepada orang lain memang penting, tapi jangan sampai merasa terbebani hanya karena takut menolak atau sungkan. Ya, terkadang kita berada dalam kondisi tak bisa memberi bantuan atau menolak ajakan. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari sibuk atau simply karena kita sedang tidak ingin saja.

Beberapa orang mungkin dengan tegas langsung mengatakan ‘tidak’ jika merasa tidak bisa atau tidak ingin. Namun ada juga yang sulit berkata ‘tidak’ atau bahkan takut mengatakannya. Lebih baik dituruti saja lah mau orang lain agar tidak memicu konflik. Pada akhirnya kamu mengikuti kemauan mereka meski terpaksa dan tersiksa.

Pernah enggak mengalami hal semacam ini? Atau malah sering? Whoa, jika Kawan Muda merasa sering terjebak dalam situasi seperti ini— tak bisa menolak ajakan atau permintaan orang—Kita Muda punya beberapa tips jitu menolak orang secara elegan tanpa harus merusak hubungan kalian. Simak ya…

1. Agar enggak galau saat diajak teman, kamu harus paham mana yang prioritas dan mana yang bukan. Jika memang ada ajakan tapi sebenarnya kamu sudah ada rencana untuk melakukan hal penting lain, langsung saja bilang kalau kamu enggak bisa karena ada hal penting lain yang harus dilakukan.

via: brightside.me

2. Ketika menolak ajakan atau permintaan orang, cobalah untuk menawarkan sebuah ‘pilihan’ atau alternatif solusi untuk orang itu. Misalnya, dia minta tolong kamu untuk mengerjakan laporannya lagi (padahal kemarin-kemarin minta tolong terus, sekarang alasannya enggak bisa lagi), bilang saja kalau langsung, ‘coba deh cek laporan yang kemarin-kemarin, cara bikinnya sama, kok!’.

via: brightside.me

3. Biar meninggalkan ‘kesan’ baik saat menolak, coba tunjukkan kepedulianmu pada masalah/kesulitan mereka, sebelum mengungkapkan bahwa kamu untuk saat ini enggak bisa membantunya karena beberapa hal. Ceritakan saja dengan jujur kenapa kamu menolak (jangan lupa sertakan harapan terbaikmu untuknya), teman atau keluargamu pasti mengerti, kok!

via: brightside.me

BACA JUGA:


4. Ingin menolak ajakan atau permintaan teman tanpa harus membuat hubungan kalian ‘bermasalah’? Ketika menolaknya, katakan ‘tidak’ pada ajakan atau permintaan temanmu, bukan ‘tidak’ kepada orangnya. Misal nih, teman ngajak mancing, eh ternyata kamu ada keperluan mendesak. Bilang saja kalau sebenarnya bakalan seru acara mancingnya, sayang kamu enggak bisa ikutan mancing karena ada hal penting yang dilakukan. Beda kan rasanya dengan langsung bilang, aku gak mau ikut…

via: brightside.me

5. Kamu juga bisa memberikan sedikit ‘pujian’ sebelum mengungkapkan menolak dengan tegas permintaan mereka. Misalnya, saat teman mengajak nonton bioskop, katakan bahwa kamu senang dengan ajakannya atau katakan kalau kamu senang bahwa dia sudah mengajak, kemudian lanjutkan dengan menjelaskan bahwa kamu belum bisa ikut karena ada yang harus dilakukan (atau jelaskan alasan lain yang membuatmu menolak).

via: brightside.me

6. Ketika teman berusaha mempengaruhimu untuk ikut pilihannya (tapi kamu sudah punya pilihan lain yang ingin dicoba), jangan ragu untuk menolak dan menjelaskan pilihan lain yang sudah kamu tentukan. Enggak perlu panjang lebar, cukup ungkapkan pilihan lain yang menjadi prioritas dan alasan masuk akal kenapa kamu bersikukuh memilih itu 😉

via: brightside.me

7. Kalau sudah nolak tapi teman memaksa, gimana dong? Pertahankan penolakan yang sudah kamu ucapkan, meskipun dia terlihat memelas, coba tunjukkan bahwa kamu memang memahami kesulitannya, tapi tetap ada hal lain yang harus dilakukan—dan itu lebih penting. Intinya, jangan sampai kamu berubah pikiran dengan mudahnya dari ‘tidak’ ke ‘oke, liat nanti lagi deh ya…’ atau ‘mungkin aku bisa…’

via: brightside.me

8. Jangan terlalu lama berpikir sebelum berkata tidak. Ketika seseorang mengajak atau meminta sesuatu (dan kamu merasa tak ingin melakukannya), langsung jelaskan padanya bahwa kamu menolak permintaan tersebut. Jangan malah berkata kamu akan mempertimbangkannya, mereka bakal terus mengejarmu untuk meminta jawaban!

via: brightside.me

9. Bagaimana cara terbaik menolak ungkapan cinta seseorang? Sulit memang, kamu pasti takut menyakiti hatinya. Namun, berpura-pura menerima cintanya juga bukan hal yang baik karena di kemudian hari hubungan kalian pasti menemui kesulitan karena dibangun oleh pondasi yang kurang kokoh. Daripada ‘berbuntut’ masalah, lebih baik jujur padanya bahwa kamu belum bisa menerima ungkapan cintanya karena alasan tertentu (jangan lupa jelaskan juga alasanmu ini) 😉

via: brightside.me

Berkata ‘tidak’ bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan memang. Meskipun banyak dari kamu yang awalnya mungkin sudah menolak, tak berselang lama keputusan tersebut kemungkinan besar berubah karena sungkan atau takut hubunganmu dengan orang tersebut menjadi renggang.

Namun kamu enggak bisa membiarkan hal tersebut terus-menerus. Belajarlah berkata ‘tidak’ jika perlu, karena hidup enggak selamanya untuk membuat orang lain bahagia. Kamu pun juga harus bahagia dengan pilihan-pilihanmu.

Semua kembali ke pribadi masing-masing sih. Membantu orang memang penting, tapi pastikan hal tersebut tak menganggu kegiatan atau hidupmu ya. Ingat, hidup itu harus seimbang. Jangan melulu mengorbankan kepentinganmu di atas kepentingan yang lain hanya karena sungkan 😉

Sumber: Brightside