Korea Selatan kini menjadi kiblat kecantikan bagi sebagian besar perempuan Asia, termasuk Indonesia. Makeup dan perawatan wajah ala Korea semakin digandrungi karena banyak cewek yang tergiur dengan wajah mulus bak porselen (tapi natural) ala cewek-cewek Korea.

Memang sih Korea Selatan terkenal dengan operasi plastiknya. Namun terlepas dari hal itu, cewek Korea juga sangat memperhatikan perawatan wajah sehari-hari untuk mempertahankan kesehatan dan kesegaran kulit mereka. Pssst…ini juga yang membuat wajah mereka selalu tampak awet muda dan kinclong.

Kamu pun bisa nih meniru langkah-langkah perawatan wajah ala cewek Korea tersebut. Kita Muda bakal memaparkan satu per satu tentang perawatan wajah yang rutih dilakukan cewek Korea. Apa saja?

Langkah 1: Cewek Korea selalu menggunakan metode double cleansing saat membersihkan wajah dari segala bentuk kotoran dan make up. Nah, langkah pertamanya, mereka akan membersihkan kotoran dan makeup menggunakan oil-based cleanser atau cleansing oil. Produk-produk cleansing oil sekarang sudah banyak ditemukan di pasaran, kok 😉

via: brightside.me

Langkah 2: Setelah membersihkan debu dengan cleansing oil, cewek Korea melanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan water-based cleanser alias sabun pembersih wajah yang berbahan dasar air. Kenapa sih harus berbahan dasar air? Produk semacam ini enggak akan memberikan minyak berlebih di wajah, tapi bisa melembabkan kulit juga.

via: brightside.me

BACA JUGA:


Langkah 3: Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, cewek Korea juga rajin melakukan scrub. Eits, kalau yang satu ini enggak perlu dilakukan tiap hari, cukup seminggu dua kali saja. Dengan melakukan pengelupasan kulit mati, wajahmu akan tampak sehat dan lebih kinclong deh.

via: brightside.me

Langkah 4: Setelah membersihkan muka dan sebelum menggunakan makeup, jangan lupa seimbangkah pH kulit kamu menggunakan toner. Penggunaan toner juga bisa membantu melembabkan sekaligus membuat wajahmu lebih mudah menyerap nutrisi dan vitamin.

via: brightside.me

Langkah 5: Berikutnya adalah penggunaan essence. Ini adalah salah satu kunci dari perawatan kulit ala Korea.  Essence adalah kombinasi antara toner dan serum yang berfungsi menghidrasi kulit dan membantu proses regenerasi sel kulit. Oleskan essence di wajah setelah menggunakan toner, ya!

via: brightside.me

Langkah 6: Perawatan pada masalah-masalah tertentu pada kulit juga sangat diperhatikan oleh cewek-cewek Korea. Yup, biasanya mereka punya produk ‘khusus’ untuk merawat bagian wajah yang bermasalah (karena beda masalah beda perawatannya pula!). Misalnya, pori-pori besar, daerah T yang berminyak, kulit kusam, jerawat, bibir pecah-pecah, pigmentasi, kerutan, dan sebagainya. Mereka akan mengoleskan krim yang dirancang untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

via: brightside.me

Langkah 7: Selain essence, perawatan kulit yang identik dengan cewek Korea adalah sheet mask. Kegunaannya hampir sama seperti serum yaitu memberikan nutrisi pada wajah. Karena variasi masker banyak banget, ada yang untuk pencerah wajah hingga masker penghilang jerawat, gunakan masker yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya 😉

via: brightside.me

Langkah 8: Mata adalah bagian yang enggak boleh terlewatkan karena kulit sekitar mata adalah bagian yang paling rapuh di wajah. Untuk menghindarkan mata dari kerutan-kerutan halus, cewek Korea rajin menggunakan krim mata. Oh ya, saat menggunakan krim mata, jangan mengusap-usapnya dengan kasar. Aplikasikan dengan menepuk-nepukkan di kelopak dan bagian bawah mata.  

via: brightside.me

Langkah 9: Perawatan wajah yang tak kalah penting selanjutnya adalah pelembap. Yup, menghidrasi kulit adalah kunci menjaga kesehatan kulit. Setelah menggaplikasikan beberapa skin care di atas, kunci nutrisi-nutrisinya dengan mengaplikasikan pelembab.

via: brightside.me

Langkah 10: Penggunaan sunblock juga penting nih sebelum kamu mengaplikasikan makeup ke wajah. Nah, sunblock bisa dioleskan ke wajah setelah kamu menggunakan pelembab (dan sebelum memakai foundation). Sunblock inilah yang akan melindungi kulitmu dari paparan langsung sinar UV sehingga kulit akan terhidar dari bintik hitam dan keriput.

via: brightside.me

Itulah tadi 10 rangkaian perawatan wajah ala cewek Korea. Memang sih terkesan ribet banget tahapannya, tapi demi kulit yang terjaga kenapa enggak dong?

Enggak perlu beli skincare yang maha kok,  asal pengaplikasiannya rutin saja nih, kamu pasti bisa mendapatkan kulit wajah cantik berseri ala cewek Korea.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya, Kawan Muda 😉

Sumber: Brightside