Baru-baru ini banyak sekali warga yang mengeluh karena uang  rupiah pecahan Rp 2 ribu tahun emisi 2016 semakin lama terlihat semakin mirip dengan uang pecahan Rp 20 ribu. Sebenarnya, jika kita melihat secara seksama, uang tersebut jelas memiliki perbedaan warna (Rp 2 ribu berwarna hijau keabu-abuan dan Rp 20 ribu berwarna dominan hijau).

Namun masalahnya, jika seseorang mendapat uang kembalian, melihat warnanya mirip ya dikira sudah benar. Mana sempat juga mereka memeriksa dengan rinci mana uang yang bergambar M. Hoesni Thamrin dan Sam Ratulangi, sehingga tak sedikit yang ‘terjebak’ ketika harus membayar menggunakan uang Rp 2 ribu/Rp 20 ribu atau menerima kembalian dengan nominal tersebut.

via: keepo.me

BACA JUGA:


Kerancuan ini semakin diperparah dengan adanya ‘oknum-oknum’ nakal yang sengaja menambahkan angka nol di belakang nominal uang Rp 2 ribu atau menambahkan angka dua (kemudian merubah angka 2 menjadi 0) di nominal Rp 2 ribu. Tak hanya berhenti di situ saja, oknum yang memodifikasi uang Rp 2 ribu itu juga menggunakan stabile berwarna hijau untuk membuat penampakan uangnya semakin mirip.

via: keepo.me

Nah, agar Kawan Muda enggak merugi nih, apalagi kalau harusnya dapat kembalian Rp 20 ribu, ada baiknya kamu memeriksa dengan saksama saat mendapatkan uang kembalian dengan nominal Rp 20 ribuan. Sebagai penjual, periksa juga uang yang diberikan oleh para pembeli, biar kamu enggak merugi.

via: keepo.me

Selain itu, ingatlah bahwa uang pecahan Rp 2 ribu memiliki gambar utama pahlawan M. Hoesni Thamrin dan di belakangnya ada gambar perempuan yang sedang menari piring. Sedangkan pada pecahan Rp 20 ribu,  terdapat gambar pahlawan Sam Ratulangi (tertulis namanya Dr.  G.S.S.J. Ratulangie) dan di belakangnya ada perempuan yang sedang menari Gong.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Kawan Muda. Oh ya, jangan lupa sebarkan ini ke keluarga atau teman terdekat agar mereka enggak ikutan terjebak dengan uang Rp 2 ribu yang sudah dimodifikasi.

Sumber: Keepo