Menggosok gigi secara teratur  penting dilakukan agar Kawan Muda terhindar dari masalah gigi yang seringkali mengganggu aktivitas, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan masalah yang paling ditakuti banyak orang yaitu bau mulut! Namun, ada kalanya seseorang ‘khilaf’ dan enggak sempat menggosok gigi.

Entah itu karena terburu-buru, lupa membeli sikat gigi baru, sedang traveling di alam bebas dan lupa bawa sikat gigi, atau bahkan ada lho malas menggosok gigi! Masalahnya nih, enggak mungkin banget kan keluar rumah dalam keadaan belum gosok gigi? Apalagi kalau mau ke kampus atau kantor (dan bertemu banyak orang!), yakin nih pergi dengan mulut yang masih bau naga?

Entah Lupa gosok gigi tuh membuatmu merasa insecure seharian, mau ngapa-ngapain takut baunya nyebar ke mana-mana (atau takut orang lain sadar mulutmu bau!). Enggak hanya itu saja, melewatkan ritual menggosok gigi bisa bikin mood jadi jelek, lho, dan bisa berdampak buruk pada aktivitasmu. Whoa, perkara lupa gosok gigi saja bisa panjang begini ya :”)

Oleh karena itu, jika Kawan muda berada di situasi ini (lupa menggosok gigi gara-gara kepepet), tenang, Kita Muda dan Darlie bakal kasih trik menggosok gigi tanpa menggunakan sikat gigi. Nah lho, gokil enggak tuh? Namun, cara ini benar-benar efektif sih kalau kamu lagi kepepet maksimal. Biar enggak makin penasaran, yuk langsung saja kita simak trik-nya berikut ini.

1. Coba cari alat lain untuk mengganti sikat gigi. Kamu bisa menggunakan handuk kecil atau jari (DARLIE).

handuk
Via: Wattpad.com

Kalau Kawan Muda berada dalam kondisi enggak bisa gosok gigi gara-gara enggak punya sikat gigi, kamu bisa nih mencari alternatif pengganti sikat gigi. Yup, kamu bisa menggunakan handuk kecil atau bahkan jari tanganmu! Tinggal taruh pasta gigi di ujung handuk atau ujung jari, lalu usap-usapkan di gigimu seperti saat menggosok gigi dengan sikat gigi.

Meski enggak menggunakan sikat gigi, pastikan pasta gigi yang kamu gunakan mengandung fluoride dan mengandung bahan yang bisa memberikan kesegaran ekstra pada mulutmu, seperti Darlie Double Action Formula. Kandungan fluoride sangat penting karena bisa memperkuat gigi dan mencegah karang gigi.

Kandungan bahan yang bisa memberikan kesegaran, seperti kombinasi spearmint dan peppermint alami dalam Darlie Double Action Formula, akan memberikan sensasi dingin pada mulut dan membuat nafasmu dua kali lipat lebih segar sepanjang hari. Whoa, Darlie Double Action Formula benar-benar #FreshStarter buat hari-harimu ya, bahkan dalam keadaan kepepet sekalipun 😉

2. Benang gigi dan obat kumur bisa jadi solusi menghilangkan bau mulut

benang gigi
Via : Tribunnews

Selain menggunakan alat lain sebagai pengganti sikat gigi, kamu juga bisa nih memanfaatkan benang gigi dan obat kumur. Benang gigi (dental floss) membantu membersihkan bakteri dan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dan di sekitar gusi.

Nah, setelah membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip, untuk menambah kesegaran mulut dan menjaga agar mulut enggak dipenuhi bakteri, Kawan Muda bisa langsung berkumur dengan obat kumur atau mouthwash. Dengan cara ini, meski enggak gosok gigi sekalipun, mulut tetap bersih dan napas terjaga kesegarannya J

3. Semprotkan air ke mulut dan sela-sela gigi dengan pancuran atau berdirilah di bawah shower

via wallup.net

Cara selanjutnya adalah ‘menyemprotkan’ air ke mulut dan sela-sela gigi. Oke, cara ini mungkin terdengar aneh. Namun tahu enggak sih, dengan menyemprotkan air ke dalam mulut, sisa makanan dan plak bisa terangkat dengan mudah, lho!

Kamu hanya perlu berdiri di bawah shower (atau gunakan selang semprotan kecil) dan bukalah mulutmu, biarkan air dari pancuran shower membersihkan gigimu.

4. Berkumurlah dengan air garam

garam
Foto : www.youtube.com

Garam memiliki kandungan antibakteri alami yang bisa mengurangi kuman-kuman penyebab plak dalam mulut. Cara ini bisa digunakan kalau kamu super kepepet, enggak ada sikat gigi dan enggak punya pasta gigi. Kamu hanya perlu berkumur dengan segelas air hangat kuku yang sudah dicampur dengan 1—2 sdt garam.

Setelah berkumur, kamu bisa menggosok/mengusap gigimu dengan ujung jari atau handuk (sebelumnya basahi handuk dengan air garam juga). Oh ya, cara ini hanya boleh digunakan saat super kepepet dan jangan terlalu sering dilakukan. Karena garam bersifat asam dan bisa mengikis gigi kalau digunakan berlebihan.

5. Makanlah buah-buahan berserat yang bisa membersihkan gigi

manfaat buah
Apel buah kaya serat yang cocok untuk diet | Foto: mavcure.com

Tahu enggak sih kalau mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa membantu membersihkan gigi? Yup, makanan berserat seperti buah apel, wortel, belimbing, dan nanas ternyata bisa membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Kandungan vitamin dan asam dalam buah-buahan tersebut juga bisa membantu memutihkan gigi dan mencegah gigi berlubang.

So, dalam kondisi kepepet, kamu bisa nih menghindari bau mulut dengan mengunyah buah-buahan tersebut. Setelah itu baru deh berkumur dengan air bersih. Mulut dijamin lebih bersih dan kamu bakal lebih percaya diri saat berinteraksi sama orang 😉

Yuhu, itulah 5 trik menggosok gigi tanpa menggunakan sikat gigi. Eits…ingat ya, trik di atas hanya boleh diterapkan saat kamu kepepet saja. Kebiasaan menggosok gigi minimal dua hari sehari sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Semoga tips di atas bermanfaat, Kawan Muda  😉