Banyak orang yang masih belum lancar dalam melakukan presentasi, entah saat sekolah atau bahkan ketika sudah bekerja. Hal ini bukan karena ia adalah seorang intovert lalu kemudian gugup, iya sih introvert bisa jadi salah satu penyebabnya. Tapi teknik presentasi termasuk ke dalam skill yang kamu bisa pelajari loh.

Jika kamu tidak terbiasa dengan presentasi, kamu akan merasakan canggung, malu, gugup ketika presentasi di depan banyak orang. Untuk meningkatkan skill presentasi atau kepercayaan diri kalian, Kita Muda akan memberi tips yang berguna nih buat Kawan Muda semua, simak yuk!

  1. Menunjukkan materi presentasi secara jelas

presentation
via merdeka.com

Banyak orang yang presentasi hanya lah sebagai tugas yang diberikan baik oleh atasan atau pun dosen. Sehingga mereka hanya membaca presentasi tersebut tanpa memahami isi yang sedang ia jelaskan sendiri. Hal yang kayak gini nih yang merupakan ‘jalan buntu’ buat kalian, kalau kalian saja sudah tidak memahami materi apa yang ingin disampaikan, bagaimana ingin percaya diri dalam menjelaskannya?

Cara pertama yang perlu kalian lakukan untuk membawakan presentasi dengan baik dan benar adalah menunjukkan bahwa kalian memang kompeten dengan apa yang kalian jelaskan.

Usahakan apa yang kalian tampilkan juga berupa poin-poin ya.

2. Menyampaikan secara ringkas, jelas, dan padat

via: facilitatediscovery.com

Berapa orang yang betah berlama-lama untuk mendengarkan orang berbicara di depan? Apa lagi kalau kalian masih kuliah, ketika teman sendiri yang menjelaskan, biasanya jarang ada yang benar-benar menyimak sampai akhir presentasi.

Oleh karena itu, usahakan materi yang kalian bawakan sata presentasi harus secara singkat dan lugas. Hal ini sangat untuk membuat audiens benar-benar suka dengan presentasi kamu.


BACA JUGA:


  1. Senyum

smile while presentation
via playbook.amanet.org

Ketika kalian gugup saat membawakan presentasi, biasanya kalian akan bersikap tidak tenang bahkan salah tingkah di depan banyak orang. Kalian harus tetap tenang, guys. Coba senyum untuk meningkatkan percaya diri saat sedang membawakan presentasi. Selain itu, kalian juga harus sering presentasi, karena secara tidak langsung itu akan membuat kalian terbiasa dengan perasaan tersebut dan bisa mengabaikannya.

  1. Menatap mata audiens

making eyecontact
via thenextscoop.com

Ketika kalian presentasi, pasti kalian berbicara dengan orang kan ya? Nggak mungkin presentasi yang kalian lakukan hanya untuk diri sendiri.

Jika kamu sedang presentasi, kamu harus melakukan kontak mata dengan audiensmu. Jangan menunduk atau selalu menatap layar presentasi saar menjelaskan, hal ini justru akan membuat orang lain tidak respek terhadap kamu.

  1. Sering berlatih

via: naturejeannie.com

Buat kamu yang besoknya ingin presentasi, jika merasa sudah menguasai apa yang kalian jelaskan, malam hari sebelumnya kalian bisa loh minta teman kalian mendengarkannya dulu dan meminta pendapat tentang bagaimana kalian menyampaikan presentasi tersebut.

Banyak orang yang akan menyuruh kalian berlatih di depan kaca, tapi jika di depan kaca biasanya kalian hanya menghadapi diri sendiri. Sedangkan yang akan kalian hadapi kan orang lain, jadi sering-sering berlatih dengan teman kalian ya.

Bagaimana? Kawan Muda, siap untuk presentasi besok?

Sumber : Hipwee.com