Penggunaan sunblock mungkin belum begitu populer ya di masyarakat. Umumnya sih kita berpikir kalau enggak lagi renang atau enggak pergi ke pantai, ngapain juga pakai sunblock? Hemm, padahal tujuan penggunaan sunblock enggak hanya untuk melindungi kulitmu saat berenang atau ketika berlibur ke pantai saja.

Yup, sunblock penting banget digunakan dalam keseharian agar kulit terlindungi dari kejamnya sinar matahari. Well, ini enggak berarti sinar matahari harus dihindari atau memiliki dampak negatif bagi tubuh ya. Sinar matahari pagi bahkan bagus banget lho buat kesehatan kulit dan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari paparan sinar matahari bagi tubuh kita.

7 Manfaat sinar matahari bagi tubuh

Menguatkan daya tahan tubuh

Tahu enggak sih, paparan sinar matahari ternyata bisa merangsang produksi del darah putih. Nah, sel darah putih ini dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai infeksi penyakit.

Menstimulasi produksi vitamin D

Kenapa sih bayi-bayi biasanya diajak berjemur di pagi hari? Ini karena sinar matahari bisa menstimulasi produksi vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan otot. Cuma berjemur 5-15 menit saja sudah cukup kok untuk membantu penyerapan kalsium oleh tulang dan gigi.

Menekan rasa lapar

Nah lho, pasti baru dengar kan manfaat sinar matahari yang satu ini? Yup, cukup paparan sinar matahari pagi bisa menjaga kadar serotonin dalam tubuh tetap stabil sehingga kamu enggak merasa lapar terus.

Meningkatkan mood

Tahu enggak sih kalau suasana hati kita juga dipengaruhi oleh hormon serotonin? Nah, sinar matahari akan menjaga kadar serotonin sehingga kamu merasa nyaman dan tenang seharian.

Mengontrol tekanan darah

Hangatnya matahari pagi juga membantu melancarkan sistem peredaran darah dan mengontrol tekanan darah, lho! Senyawa oksida nitrat dalam sinar matahari juga dipercaya membantu melindungi sistem kardiovaskular.

Mengurangi risiko penyakit kanker

Ternyata oh ternyata, produksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari bisa menekan pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Kita Muda sudah menyinggung sebelumnya bahwa berjemur di bawah sinar matahari pagi, sekitar pukul 05.00—08.00, bisa membuat mood baik sepanjang hari. Nah, di malam hari kamu bisa tidur nyenyak dan berkualitas deh.

Whoa, manfaat sinar matahari bagi tubuh ternyata luar biasa banget ya! Namun, terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama (tanpa proteksi kulit sama sekali) juga bisa berdampak buruk pada kulit. Matahari memiliki sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kesehatan kulit jika kamu  sering terkena paparan sinar matahari langsung.


BACA JUGA:


Dampak negatif dari radiasi sinar UV antara lain kulit bisa menjadi kasar karena rusaknya kolagen, munculnya tanda-tanda penuaan dini, timbul titik-titik hitam (flek hitam) pada kulit, kulit terbakar karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru, serta memicu timbulnya komedo dan jerawat! Untuk meminimalisir dampak tersebut, Kawan Muda enggak boleh malas-malasan mengaplikasikan sunblock ke permukaan kulit setiap harinya.

Meskipun kamu bekerja di dalam ruangan sekalipun harus tetap pakai sunblock, lho, kenapa? Karena sinar UV bisa menembus kaca jendela sehingga kulitmu masih bisa terkena radiasi meskipun berada kamu enggak keluar ruangan sama sekali. Belum lagi dengan paparan radiasi dari sinar lainnya seperti sinar komputer/laptop dan sinar lampu.

Dengan menggunakan sunblock, kulit setidaknya akan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung, terhindar dari kerusakan jaringan kulit, warna kulit akan terjaga dan mencegah kulit gosong, mencegah penuaan dini dan menjaga kelembapan kulit, serta menjegah terjadinya kanker kulit. Nah, mungkin Kawan Muda langsung kepikiran nih pengin beli sunblock. Sebelum membeli sunblock, ada baiknya kamu memahami dulu cara memilih sunblock biar bia menemukan sunblock terbaik yang cocok untuk kulitmu.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih sunblock

Perhatikan kandungan SPF/PA-nya

sunblock terbaik
Baca baik-baik label SPF pada sunblock| Foto: thecut.com

SPA/PA adalah kandungan dalam sunblock yang berfungsi menangkal sinar ultraviolet. Di pasaran dijual sunblock dengan kandungan SPF/PA yang beragam. Kawan Muda mungkin dibuat bingung ya, apasih perbedaan kandungan SPF yang satu dengan yang lainnya?

Sebenarnya sederhana sih, angka pada label SPF mengacu pada berapa lama sunblock tersebut mampu melindungi kulitmu. Setiap satu angka SPF mewakili 15 menit perlindungan. Misalnya nih, untuk sunblock dengan SPF 18 maka ketahanannya menjadi 15 menit x 18 = 270 menit atau sekitar 4,5 jam. Kalau sudah 4,5 jam, kamu harus mengoleskan sunblock lagi ke tubuh.

Kalau lagi ada di luar ruangan (lagi olahraga di bawah terik matahari misalnya), gunakan sunblock dengan kandungan SPF50/PA +++ agar kulit enggak terbakar. Kalau kamu hanya beraktivitas dalam ruangan atau enggak begitu lama berada di luar ruangan, gunakan sunblock dengan kandungan SPF 20/PA ++.

Perhatikan komposisinya

sunblock terbaik
Hindari kandungan yang memiliki dampak kuat pada kulit | Foto: dailybeautyfa.blogspot.co.id

Selain SPF, komposisi sunblock juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai niat melindungi kulit berujung pada merusak kulit gara-gara adanya kandungan berbahaya dalam sunblock! Sebaiknya hindari bahan seperti ethanol dan antioksidan sintesis butylated hydroxytoluene/BHT.

Bahan tersebut memiliki dampak yang kuat pada kulit. Buat Kawan Muda yang memiliki masalah kerusakan kulit, pilihlah sunblock dengan kandungan pathenol karena bahan ini berfungsi untuk skin recovery.

Perhatikan fungsi waterproof sunblock

sunblock terbaik
Lebih baik gunakan sunblock yang waterproof | Foto: Innisfreeworld.com

Kalau misal kena keringat dikit saja luntur, sayang banget kan dan jadi enggak ada fungsinya juga. Itulah mengapa, sunblock dengan fungsi waterproof punya peranan yang penting. Enggak harus yang tahan air banget sih (saat ini sudah banyak produk yang menawarkan sunblock waterproof), yang penting enggak mudah luntur saja saat kamu keringetan atau saat kena percikan air.

Oh ya, kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama (berenang, main di pantai, atau berlibur di tempat terbuka), lebih baik gunakan sunblock yang waterproof ya biar tahan dari keringat dan air.

Setelah mengetahui cara memilih sunblock, Kita Muda bakal kasih tahu nih beberapa sunblock terbaik yang recommended. Kita Muda mengurutkannya dari harga yang paling murah hingga yang ‘lumayan’, ya. Masing-masing punya plus minus-nya kok; kamu bisa memilih sesuai kebutuhan atau sesuai budget yang tersedia.

Rekomendasi produk sunblock terbaik versi Kita Muda

1. Vaseline Healthy Sunblock SPF 30

sunblock terbaik
Rekomendasi sunblock terbaik Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 | Foto: vemale.com

Kandungan utama dalam sunblock ini (seperti seng) oksida bisa memberikan perlindungan menyeluruh dari sengatan UVA dan UVB. Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 juga memiliki kandungan yogurt protein yang dikenal bisa membantu merawat kulit dan kandungan aloe vera extract-nya juga membantu menjaga kelembapan kulit.

Harga: Rp 40.000—50.000 (100 ml)

2. Parasol Sunblock Lotion SPF 45

sunblock terbaik
Rekomendasi sunblock terbaik Parasol Sunblock Lotion SPF 45 | Foto: beautynesia.com

Kalau kamu bingung mencari sunblock ini di mana, Parasol Sunblock Lotion SPF 45 biasanya dijual di apotek-apotek dan kemasannya mirip obat salep berbentuk tube. Sunblock Parasol ini berupa krim atau lotion berwarna putih yang enggak berbau dan mudah banget diserap kulit.

Harga: Rp 85.000 (50 ml)

3. Banana Boat Sport Sunscreen Lotion SPF 100 PA +++

sunblock terbaik
Rekomendasi sunblock terbaik Banana Boat Sport Sunscreen Lotion SPF 100 PA +++ | Foto: amazon.com

Banana Boat Sport Sunscreen Lotion ini memiliki SPF 100 dan sudah dilengkapi dengan perlindungan UVA tertinggi yaitu PA+++. Teksturnya memang lotion tapi saat dioleskan ke kulit terasa agak padat dan memiliki wangi seperti sitrus.

Harga: Rp 88.000

4.  L’oreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence SPF 50

sunblock terbaik
Rekomendasi sunblock terbaik L’oreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence SPF 50| Foto: imabeautygeek.com

Kalau umumnya sunblock berbentuk krim atau lotion, yang satu ini bentuknya spray sehingga mudah dipakai apalagi kalau kamu harus mengoleskan kembali sunblock. Nah, L’oreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence SPF 50 ini bisa melindungi kulit dari sinar UV hingga 12 jam, lho! Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunblock ini bisa melembabkan kulit, sweatproof alias enggak mudah luntur karena keringat , dan bebas alkohol.

Harga: Rp 152.000

5. Sebamed SPF 50 untuk kulit sensitif

sunblock terbaik
Rekomendasi sunblock terbaik Sebamed SPF 50 untuk kulit sensitif | Foto: ivyrus.wordpress.com

Sunblock Sebamed SPF 50 ini diklaim dapat melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari yang buruk, mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel aktif, serta melembabkan dan mencegah dehidrasi pada kulit. Dengan nilai pH 5.5, Sebamed Sun Care memberikan nutrisi kulit tambahan untuk mempertahankan keseimbangan dan mendukung proses metabolisme alami serta daya terima kulit. Buat yang punya kulit sensitif, sunblock ini cocok banget untuk jenis kulitmu.

Harga: Rp 290.000

Karena terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menimbulkan efek negatif pada kulit, yuk mulai sekarang rajin oleskan sunblock, baik saat beraktivitas di tempat terbuka maupun di dalam ruangan. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat berburu sunblock terbaik untuk kulitmu 😉