Drone menjadi teknologi baru yang semakin digandrungi dewasa ini. Pesawat tanpa awak yang mampu mengendalikan dirinya sendiri atau bisa dikendalikan oleh penggunanya dari jarak jauh tersebut mulanya populer karena digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk melakukan pengintaian atau menyerang markas lawan dengan misil yang dibawanya. Namun akhir-akhir ini, fungsi drone mulai berubah dari fungsi awalnya.

Ya, drone tak hanya digunakan untuk keperluan militer saja. Masyarakat kini memanfaatkan drone untuk membantu bisnis dan bahkan ada lho yang membeli atau mengoleksi drone hanya untuk hiburan semata.  Bagi pecinta fotografi, videografi, atau mereka yang berprofesi sebagai wartawan, keberadaan drone menjadi sebuah kebutuhan.

Kalau dulu pengin mengambil gambar atau video dari atas harus naik ke tempat tinggi atau menggunakan helikopter nih, sekarang dengan menerbangkan drone saja mereka sudah bisa mengambil gambar dari atas dengan sudut 180 derajat. Enggak heran deh kalau keberadaan drone semakin digandrungi. Bahkan sebuah perusahaan distributor alat elektronik mencatat adanya peningkatan penjualan drone hingga 200% di tahun 2015 lalu!

Dan menurut lembaga riset Gartner, penjualan drone di seluruh dunia telah mencapai 3 juta unit di tahun 2017 kemarin. Jumlah yang sangat besar bukan? Nah, usut punya usut, peningkatan tersebut enggak hanya disebabkan penggunaan drone yang semakin massive di bidang militer atau bisnis. Penggunaan drone semakin marak dengan adanya tren dronies, pernah mendengarnya?

Mungkin istilahnya asing, tapi kegiatan ‘dronies’ bukanlah hal yang asing belakangan ini. Kawan Muda pernah kan lihat selebriti, selebram, atau teman kamu mungkin yang berfoto ria atau ber-selfie tapi pakai drone? Nah, kegiatan ini yang disebut dronies, hehe.

Fenomena dronies ditambah semakin meningkatnya penggunaan drone di berbagai bidang (mulai dari militer hingga penelitian, mungkin membuat Kawan Muda tertarik untuk membelinya. Nah, untuk mendapatkan drone terbaik sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Terutama buat kamu yang masih pemula dengan kendaraan terbang yang satu ini.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih drone terbaik yang paling cocok buat kamu

Pahami dulu jenis-jenis drone yang ada di pasaran

drone terbaik
Berbagai macam jenis drone dijual di pasaran, dari pemula hingga profesional | Foto: dronetakesflight.com

Drone itu enggak hanya satu jenis, tapi banyak banget jenisnya, mulai dari drone mini untuk pemula hingga drone profesional). Semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing pihak yang membelinya. Yup, sebelum kamu membeli drone, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu jenis-jenis drone yang ada. Dengan begitu kamu akan tahu nih drone terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Mengingat harga drone yang enggak murah, apalagi jika fasilitas dan kemampuannya semakin oke, rasanya sayang kalau Kawan Muda asal beli, eh, ternyata enggak sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga harus memahami penggunaan, perawatan, hingga aksesoris yang dibutuhkan untuk calon drone yang akan kamu beli nantinya.

Pahami fitur drone

drone terbaik
Pilih fitur drone yang sesuai kebutuhan agar tidak kesulitan saat mengoperasikannya | Foto: langitkaltim.com

Setelah tahu jenis drone terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu, kini saatnya melihat fitur yang ditawarkan drone tersebut. Buat kamu yang masih pemula nih, drone dengan fitur auto landing dan auto take off menjadi pilihan yang tepat karena kamu enggak akan bingung bagaimana cara menerbangkannya.

Ya, drone baru yang kamu beli belum tentu bisa langsung terbang, lho! Itulah mengapa buat yang masih pemula disarankan membeli drone dengan control yang lebih mudah.

Kamu juga harus memeriksa kode drone yang akan kamu beli, apakah itu RTF (ready-to-fly) yang bisa langsung diterbangkan setelah memasang baling-balingnya dan mengisi ulang baterai, BNF (bird-and-fly) yang sudah utuh tapi harus beli pengendali jauh yang terpisah, atau ARF (almost-ready-to-fly) yang berarti harus dirangkai (disusun) terlebih dahulu.


BACA JUGA:


Perhatikan air frame atau body drone-nya

drone terbaik
Bagi pemula pilihlah body drone yang ringan tapi tangguh | Foto: pricebook.co.id

Perlu diketahui bahwa enggak semua drone mudah untuk diterbangkan. Yup, Setiap drone dapat terbang berbeda sesuai dengan pengatur penerbangan yang terdapat di komputer. Buat Kawan Muda yang baru kenalan sama drone, baiknya memilih drone dengan air frame atau body yang tangguh tapi memiliki berat yang ringan. Ini untuk menghindari rusak karena tabrakan atau terjatuh.

Semahal apa pun drone yang kamu beli, kalau body-nya terlalu berat (dan kamu belum mahir mengendalikannya) ya bakal susah diterbangkan juga. Masa iya sih mau dianggurin begitu saja? So, pilih yang body-nya ringan tapi tangguh ya biar enggak mudah pecah atau robek saat jatuh atau tabrakan.

Jangkauan terbang atau lama terbang drone

drone terbaik
Perhatikan jangkauan terbang dan lama terbang drone saat membelinya | Foto: beritateknologi.com

Masing-masing jenis drone tentu memiliki jangkauan yang berbeda-beda. Dalam memilih drone terbaik, kamu harus mempertimbangkan jangkauan terbang dan lama terbangnya. Jangkauan terbang merupakan jarak antara remote control dengan dronenya. Ada drone yang jangkauannya hanya 20 meter, tapi ada juga yang sampai puluhan kilometer. Lagi-lagi semua kembali ke kebutuhan masing-masing. Jika kamu membeli hanya untuk keperluan hiburan semata, mending beli yang jangkauannya enggak begitu jauh dan sudah dilengkapi fitur GPS serta autopilot sehingga memudahkanmu mengetahui letak drone.

Kalau lama terbang drone biasanya ditentukan oleh kapasitas baterai. Drone dengan kapasitas baterai yang kecil biasanya hanya bisa terbang selama 15—30 menit saja. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai drone hingga penuh kembali juga cukup lama sekitar 2—3 jam dan akan habis setelah 15 menit terbang. Kamu bisa sih beli baterai dengan kapasitas yang lebih besar atau beli cadangan baterai jika drone tersebut digunakan untuk keperluan bisnis atau pekerjaan misalnya.

Bagian baling-baling (propeller) drone

drone terbaik
Drone terbaik memiliki baling-baling kuat dan pelindung fleksibel | Foto: fayerwayer.com

Drone terbaik adalah drone yang memiliki baling-baling yang kuat dan memiliki pelindung yang  fleksibel sehingga baling-baling enggak akan langsung rusak saat terkadi crash atau tabrakan yang kuat. Kelihatannya sih sepele, tapi para pemula yang baru menerbangkan drone harus mempertimbangkan hal ini baik-baik.

Kualitas kamera

drone terbaik
Semakin mahal harga drone semakin bagus pula kualitas kameranya | Foto: horizonhobby.com

Dalam sebuah drone biasanya terdapat build-in kamera dan kamera ini umumnya dijadikan bahan pertimbangan ketika seseorang akan membeli drone. Kini banyak sekali produsen drone yang menawarkan drone dengan kamera yang bisa merekam video hingga resolusi 4K bahkan 5K. Ya, memang sih semakin bagus kualitasnya akan semakin mahal harganya.

Kalau kamu masih pemula dan ber-budget pas-pasan, resolusi 1920 x 1080 sudah cukup oke kok. Oh ya, beberapa orang juga sering menggunakan kamera yang dibeli secara terpisah seperti GoPro atau action camera lainnya. Biasanya para fotografer atau videografer yang memilih drone dengan kamera yang bisa dilepas tersebut.

Harga drone

drone terbaik
Beli drone sesuai kebutuhan dan sesuai budget| Foto: dhgate.com

Ini hal yang paling penting sih, hehe. Belilah sesuai budget dan pastikan itu sudah sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau butuhnya hanya untuk dronies, lebih baik beli drone biasa yang harganya enggak lebih dari Rp 500.000. Kalau beli untuk hal yang lebih penting, keperluan pekerjaan misalnya, baru deh mempertimbangkan yang kualitasnya bagus (dengan harga lebih mahal tentunya).

Setelah tahu langkah-langkah memilih drone, Kita Muda bakal kasih list drone terbaik (dari yang murah hingga mahal) yang bisa jadi pertimbangan. Apa saja?

1. Syma X5C

drone terbaik
Toy grade drone Syma X5C| Foto: mfdrones.com

Meski masuk dalam kategori toy-grade (bukan drone profesional), drone ini recommended bangetlah buat kamu yang pengin punya drone buat hiburan tapi budget juga pas-pasan. Syma XC5 adalah drone toy-grade yang paling stabil di kelasnya, dengan empat baling-baling berpelindung, kamera 2 MP, mudah dikendalikan (bahkan saat melakukan maneuver sulit), dan waktu terbangnya sekitar 10 menit (7 menit saat merekam video atau mengambil foto).

Harga: Rp 533.000

2. Kidcia RC Quadcopter

drone terbaik
Kidcia RC Quadcopter, drone mini terbaik di kelasnya | Foto: hellcopters.com

Merupakan drone mini terbaik dengan ukuran yang sedikit lebih lebar dari tangan orang dewasa. Pengoperasiannya lebih mudah, bahkan untuk anak-anak sekalipun! Drone ini bisa dikendalikan lewat smartphone setelah kamu menginstall aplikasinya. Drone ini dilengkapi dengan tombol emergency sehingga drone akan segera mendarat kalau tombol ditekan. Kidcia RC Quadcopter memiliki jangkauan terbang sekitar 50 meter dan ketinggian 40 meter, waktu terbang sekitar 7—10 menit, dan kamera 1 MP.

Harga: Rp 600.000

3. UDI 818A HD+

drone terbaik
UDI 818A HD+ punya pergerakan yang mulus dan stabil, cocok untuk pemula | Foto: toyrobotsdroidsdrone.com

Drone terbaik untuk pemula yang memiliki kelebihan pada kemampuannya bergeraknya (berputar ke belakang dan ke samping) yang mencapai 360 derajat. UDI 818A HD+ juga memiliki teknologi 6 Axis Gyro yang membuat pergerakannya mulus dan stabil. Ya, meskipun hanya dilengkapi dengan kamera 2 MP dan bahan plastik pelingdungnya masih terlalu tipis.

Harga: Rp 1,2 juta

4. Parrot BeBop 2

drone terbaik
Pemula yang ingin menekuni drone bisa memilih Parrot BeBop 2 | Foto: parrot.com

Kalau tiga drone terbaik sebelumnya masih tergolong murah meriah, yang ini agak mahalan sedikit tapi cocok banget buat pemula yang pengin serius belajar drone atau investasi. Parrot BeBop 2 memiliki fitur yang begitu memudahkan penggunanya untuk menerbangkan dan mendaratkannya. Drone ini juga dilengkapi dengan SkyController 2 (alat pengendali dengan dua joystick yang memiliki fungsi penuh mengendalikan laju drone) dan CockpitGlasses (pengendali drone secara FPV atau mirip dengan Vitual Reality). Drone ini memiliki waktu terbang sekitar 25 menit dengan kamera 14 mp.

Harga: Rp 6,6 juta

5. Yuneec Q500 4K

drone terbaik
Yuneec Q500 4K punya kualitas mumpuni untuk mengambil gambar beresolusi tinggi | Foto: digitaltrends.com

Drone pabrikan Tiongkok ini memiliki kualitas kamera yang cukup mumpuni untuk mengambil gambar video mapun foto beresolusi tinggi. Pengoperasiannya juga terbilang mudah bagi pemula yang baru pertama kali memegang drone.

Dengan baterai berkekuatan 5.400 mAh, waktu terbang drone ini lumayan lama sekitar 25 menit dan akan berkurang jika kamu menggunakan fitur-fitur khusus di dalamnya. Oh ya, kelebihan lain dari Yuneec Q500 4K adalah waktu isi ulang baterainya yang singkat, hanya 20 menit saja.

Harga: Rp 10 juta

6. DJI Mavic Pro

drone terbaik
Ukurannya compact tapi DJI Mavic Pro sudah dilengkapi kamera berkemampuan tinggi | Foto: cnet.com

Drone dengan ukuran compact tapi kemampuannya super, kecil-kecil cabe rawit deh pokoknya. DJI Mavic Pro sudah dilengkapi dengan kamera berkemampuan tinggi. Kameranya bisa merekam gambar hingga 12 MP dan mengambil video dengan kualitas 4K. Ukurannya yang compact membuatnya mudah dimasukkan ke dalam tas dan nyaman dibawa bepergian. Drone ini memiliki waktu terbang sekitar 27 menit.

Harga: 13 juta

7. DJI Phantom 3 Pro

drone terbaik
DJI Phantom 3 Pro cocok untuk kamu yang cukup mahir menerbangkan drone | Foto: dji.com

Nah, sekarang kita bakal membicarakan drone terbaik buat kamu yang sudah cukup expert menerbangkan drone. Seri Phantom 3 ini terdiri atas empat jenis dengan spesifikasi yang berbeda-beda, yaitu DJI Phantom 3 Standard, Phantom 3 4K, Phantom 3 Advanced, dan Phantom 3 Professional. Perbedaan dari masing-masing jenis adalah ketinggian terbang dan positioning module. Jika kamu masih tahap belajar, beli yang Standard saja.

Harga: 13,3 juta

8. GoPro Karma

drone terbaik
GoPro Karma menjadi andalan saat mengejar objek bergerak | Foto: thecoolector.com

Tak hanya terkenal dengan action camera-nya, GoPro juga punya drone yang bisa dipertimbangkan. Kelebihan drone keluaran GoPro ini adalah adanya tombol take-off dan landing otomatis tanpa harus menggerakkan stik. Kamu enggak perlu khawatir drone mengalami kerusakan saat diterbangkan atau diturunkan. Drone ini bisa jadi andalan saat mengejar objek bergerak dan terbilang stabil sehingga kamu bsia mengambil foto lebih jelas serta fokus.

Harga: 14,6 juta

9. DJI Phantom 4 Pro

drone terbaik
DJI Phantom 4 Pro memiliki kamera pintar dan dilengkapi sejumlah sensor | Foto: cnet.com

DJI Phantom 4 Pro dilengkapi sejumlah sensor dan teknologi yang memudahkan kamu dalam mengontrol dan mengambil gambar yang diinginkan. Sejumlah sensor juga diletakkan di sekeliling drone juga memberikan perlindungan maksimal pada drone. Kamera drone ini juga pintar, bisa segera mengenali, mengikuti, dan mengambil gambar dengan konsisten.

Harga: 24 juta

10. DJI T600 Inspire 1

drone terbaik
DJI T600 Inspire 1, drone profesional untuk keperluan fotografi dan film | Foto: omahdrones.com

Buat kamu yang butuh drone profesional untuk keperluan fotografi dan film, DJI T600 Inspire 1 adalah pilihan yang tepat. Dilengkapi dengan kamera 16 MP, DJI T600 Inspire 1 mampu merekam gambar video dengan kualitas RAW (kemampuan merekamnya hingga 30 fps dan 1.7 Gbps bitrate). Drone ini juga dilengkapi integrated 3-axis gimbal sehingga kamu bisa merekam gambar dengan stabil.

Harga: 44 juta

Itulah beberapa tips memilih drone dan rekomendasi drone terbaik sesuai dengan kebutuhan yang bisa jadi pertimbangan. Ingat ya, ketika membeli drone ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu, supaya kamu bisa menemukan drone terbaik.

Jangan tergiur dengan drone yang memiliki spesifikasi bagus tetapi harganya sangat murah. Bandingkan satu drone dengan lainnya. Kamu juga bisa masuk ke komunitas drone atau forum pecinta drone bair bisa menemukan pilihan drone terbaik 😉