5 Cara Merawat Wajah yang Benar Biar Kulitmu Sehat dan Cerah

302 views
cara merawat wajah
Foto: birchbox.co.uk

Buat Kawan Muda yang saat ini masih malas kalau disuruh merawat wajah, yuk ubah mindset-mu mulai dari sekarang. Ini enggak hanya berlaku untuk para cewek saja, kamu yang cowok juga harus mulai perhatian dengan penampilan, terutama urusan merawat wajah.  Well, merawat wajah mungkin identik dengan kaum hawa, tapi bukan berarti kaum adam enggak butuh melakukan perawatan wajah sama sekali.

Apalagi buat kamu yang tinggal di perkotaan, yang sangat rentan dengan berbagai masalah kulit. Yup, paparan debu, polusi, dan radikal bebas bisa memicu timbulnya jerawat dan membuat kulit jadi kusam. Kalau mau datang wawancara kerja atau mau ketemu klien tapi kondisi wajahmu kusam begitu, kan enggak enak juga dilihatnya?

Itulah mengapa, baik cewek maupun cewek enggak boleh menyepelekan perawatan wajah. Mumpung masih muda, kamu harus mulai mencari cara merawat wajah yang tepat. Mungkin selama ini kamu mikir merawat wajah hanya dilakukan oleh mereka yang usianya lanjut. Padahal, kalau pengin punya kulit wajah yang sehat dan awet muda ya harus dimulai sejak dini.

Sebenarnya, cara merawat wajah yang efektif itu enggak ribet dan enggak mahal kok. Kalau Kawan Muda memang punya budget berlebih untuk melakukan perawatan wajah di klinik atau membeli produk perawatan wajah khusus, kamu sah-sah saja kok melakukannya (yang penting perawatan tersebut cocok ya  untuk kulitmu). Nah, buat kamu yang punya budget minim atau pas-pasan, jangan malah urung untuk merawat wajah atau menundanya dengan alasan masih muda nanti saja.

Karena sebenarnya merawat wajah itu bisa dilakukan dengan cara-cara alami, yang penting telaten dan dilakukan dengan rutin. Pakai perawatan wajah yang mahal sekalipun nih, kalau kamu enggak melakukannya dengan benar atau masih labil (hari ini semangat perawatan, besok malas lagi), hasilnya ya mungkin enggak maksimal. Daripada pusing mikirin harga skincare atau berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan kalau pergi ke dokter kulit, mending Kawan Muda menerapkan cara merawat wajah alami berikut ini.

Cara merawat wajah ini bisa dijadikan pedoman untuk merawat kulit wajah, biar kulit wajahmu tetap sehat dan terawat.

1. Sebelum melakukan perawatan pada wajah, pastikan untuk mengetahui jenis kulit wajahmu terlebih dahulu

cara merawat wajah
Ketahui jenis kulit sebelum merawat wajah | Foto: beautyhealthtips.in

Cara merawat wajah yang kering dan berminyak tentu berbeda dong? Karena itulah,  kamu harus mengetahui tipe kulitmu terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan wajah (bahkan yang alami sekalipun). Kalau sudah mengenali tipe kulit, kamu akan tahu dasar-dasar perawatan kulit yang benar untuk kondisi kulitmu. Jadi enggak bakal kena zonk gitu deh gara-gara salah penanganan atau salah produk.

Nah, tipe atau jenis kulit umumnya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu kulit normal, berminyak, kering, sensitif, dan bahkan ada yang memiliki tipe kulit kombinasi. Untuk kulit normal, biasanya cocok dengan semua jenis perawatan. Kalau jenis kulit kering, biasanya ada larangan untuk menggunakan sabun yang mengandung deodorant atau deterjen.

Mereka yang memiliki kulit kering juga harus rajin memakai pelembab dan enggak bisa berada di dalam suhu ruangan yang terlalu panas. Untuk kulit berminyak, perawatannya agak sedikit ekstra karena tipe kulit seperti ini cenderung mudah berkomedo atau berjerawat. Jenis perawatan wajah yang digunakan pun harus yang khusus untuk jenis kulit berminyak dan harus ada label ‘bebas komedonya’.


BACA JUGA:


2. Bersihkan wajahmu dengan benar dan menyeluruh. Ingat, jangan pernah menggosok kulit!

cara merawat wajah
Bersihkan wajah dengan benar, jangan menggosok wajah | Foto: Khoobsurati.com

Apakah kamu masih suka asal-asalan kalau mencuci muka? Haduh, kebiasaan itu jangan dipelihara ya karena bisa mencederai kulit wajahmu. Membersihkan wajah itu ternyata ada aturannya , lho, kalau kamu enggak pengin wajah jadi kusam atau malah jerawatan! Yup, sebelum menggunakan pembersih wajah, sebaiknya basuh wajahmu menggunakan air hangat terlabih dahulu. Ingat ya, air hangat, bukan air panas.

Kenapa sih harus pakai air hangat? Ini biar pori-pori wajahmu terbuka dan pembersih wajah bisa membersihkan sampai ke pori-pori. Kalau sudah, baru deh kamu bisa mengaplikasikan pembersih wajah. Gerakan tangan saat membersihkan wajah pun harus memutar ke satu arah dan perlahan-lahan naik ke atas. Mulailah dari area dagu kemudian naik perlahan ke dahi.

Wajah dipijat lembut ya, bukan digosok kasar dan asal-asalan. Cara ini bisa membebaskan pori-pori dari kotoran, mengangkat minyak dan sisa make up, dan sel kulit mati pun akan terangkat dengan maksimal. Kalau sudah mengaplikasikan pembersih wajah di lima titip penting (kedua pipi, hidung, dagu, dahi, dan leher), bilas wajah dengan air hangat, kemudian bilas kembali dengan air biasa untuk menutup pori-pori. Keringkan wajahmu dengan tisu atau handuk, jangan diusap-usap kasar atau digosok ya saat mengeringkan wajah!

3. Lakukan exfoliate atau pengelupasan minimal 2 minggu sekali agar sel kulit mati di wajah terangkat

cara merawat wajah
Rutin scrub minimal dua minggu sekali | Foto: reflektskincare.com

Membersihkan wajah dengan pembersih wajah ternyata enggak cukup ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Nah, sisa sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk bisa memicu masalah kulit  mulai dari jerawat, kulit wajah berminyak, hingga kulit kusam. Kalau Kawan Muda pengin kulit wajah terlihat lebih muda dan bercahaya, kamu bisa melakukan facial scrub secara rutin mulai sekarang. Tenang, enggak perlu tiap hari, dua minggu sekali atau sebulan sekali sudah cukup kok.

Kawan Muda bisa menggunakan facial scrub yang dijual di pasaran untuk proses pengelupasan kulit. Kamu juga bisa lho membuat facial scrub sendiri dari bahan-bahan alami. Yup, beberapa bahan di sekitar kita ternyata bisa dimanfaatkan sebagai exfoliant atau bahan pengelupasan alami. Apa saja?

Baking soda

Bahan ini biasanya dipakai untuk pengembang kue, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk scrub alami. Cara pakainya cukup mudah kok, Kawan Muda hanya butuh satu sendok baking soda lalu usapkan dengan gerakan memutar di wajahmu. Pastikan wajahmu sudah dicuci bersih, ya, sebelum pakai scrub baking soda ini. Oh ya, perhatikan juga baking soda yang kamu gunakan, pastikan pakai kualitas yang terbaik, ya!

Gula

Sebagai sumber glycolic acid, gula bisa mempercepat produksi sel dan menguraikan protein yang membuat sel kulit mati menempel di wajah. Kamu bisa mencampurkan gula dengan minyak zaitun, jojoba, atau almond. Baru deh aplikasikan ke wajah dengan gerakan mutar lalu bilas hingga bersih.

Garam laut

Kandungan mineral dalam garam laut ternyata bisa meremajakan kulit, menstimulasi sel, dan membantu melembabkan kulit, lho! Scrub garam laut ini cocok banget buat kamu yang memiliki kulit kering. Cara membuat scrub garam laut cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan garam laut secukupnya dengan minyak zaitun, minyak lavender, atau essential oil lainnya.

Oatmeal

Buat yang punya kulit sensitif, kamu bisa pake oatmeal nih untuk proses pengelupasan kulit. Oatmeal adalah exfoliant yang lembut dan memiliki kandungan anti peradangan. Kamu bisa mencampur oatmeal dengan madu atau yoghurt, lalu aplikasikan ke wajah dengan lembut dan gerakan memutar. Diamkan selama 15—30 menit, kemudian bilas.

Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, termasuk membantu proses pengelupasan kulit secara alami. Kandungan anti bakteri, anti-viral, dan anti-jamur pada madu murni bisa menghindarkan kulit dari infeksi dan jerawat. Madu juga bisa mengurangi radang dan menjaga kelembapan kulitmu.

4. Lindungi kulitmu dari paparan sinar matahari

cara merawat wajah
Gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari | Foto: birchbox.co.uk

Salah satu faktor yang bisa merusak kulit dan mempercepat proses penuaan pada kulit adalah paparan sinar matahari. Itulah kenapa kita disarankan untuk melindungi tubuh dengan tabir surya. Bahkan meskipun berada di dalam ruangan sekali pun kamu harus menggunakan tabir surya. Yup, sinar UV merupakan gelombang yang bisa menembus kaca, sehingga mereka yang bekerja di dalam ruangan pun enggak bisa menghindar dari paparan sinar ini.

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, tabir surya juga melindungi kita dari paparan sinar pada layar komputer dan lampu neon. Nah, mungkin Kawan Muda masih bingung dengan kandungan SPF di tabir surya yang banyak banget jenisnya, ada yang SPF 18 , SPF 30, dan sebagainya. Ternyata, satu angka SPF mewakili 15 menit perlindungan. Kalau tertulis SPF 18, tabir surya tersebut memiliki durasi perlindungan sekitar 4,5 jam. Itu berarti, kalau sudah 4,5 jam, Kawan Muda harus mengoleskan kembali krim tabir surya.

Selain itu angka di belakang SPF tersebut juga membedakan seberapa besar tabir surya tersebut dapat melindungimu dari paparan sinar matahati, walaupun satu sama lain sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh sih. Misalnya untuk SPF 15 berarti bisa menahan 93% sinar UVB, SPF 30 bisa menahan hingga 97%, dan SPF 50 dapat menahan sampai 98%.

5. Rajin minum air putih dan perhatikan makanan yang kamu konsumsi

cara merawat wajah
Konsumsi air putih dan perhatikan pola makanmu | Foto: today.com

Kulit wajah yang sehat juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Yup, kulit wajah bisa lebih sehat, lembab, dan kenyal kalau Kawan Muda rajin mengonsumsi air putih. Kalau kamu enggak suka minum air putih, dampaknya bisa tampak pada kulitmu. Kulit akan lebih mudah kusam dan garis-garis tanda penuaan pun bermunculan. Wew, enggak mau kan dipanggil ibu atau bapak kalau ke lagi jalan-jalan di mall?

Oleh karena itu, jangan malas minum air putih. Konsumsi air putih yang disarankan perharinya adalah 1,5—2 liter, tergantung dari aktivitas dan bobot tubuhmu. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok karena dua hal ini bisa membuat kulit wajah kusam. Kamu yang enggak merokok juga sebisa mungkin hindari wajah dari asap rokok.

Selain rajin mengonsumsi air putih, konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi kulit. Hindari makanan yang terlalu manis, terlalu asin, serta mengandung pewarna buatan atau pengawet. Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral seperti buah dan sayuran, susu, keju, kacang-kacangan, ikan/daging segar, dan sebagainya.

Ternyata cara merawat wajah yang baik dan benar itu enggak hanya membersihkan wajah dengan tepat atau menggunakan produk perawatan wajah saja, makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit.

Kalau pengin kulit wajahmu sehat dan terawat, yuk terapkan 5 langkah di atas mulai dari sekarang. Semoga tips di atas bermanfaat, ya 😉