Siapa sih yang nolak kalau disodorin jus alpukat? Buah dengan rasa khas dan tekstur yang lembut ini memang menjadi salah satu buah yang paling difavoritkan banyak orang. Kalau berbicara soal rasa, semua pasti tahu lah ya kalau buah alpukat memiliki rasa yang nikmat.

Namun, tahukah kamu kalau alpukat ternyata menyimpan segudang khasiat yang menakjubkan sampai-sampai dijuluki buah super segala? Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat memiliki sederet manfaat menakjubkan, mulai dari manfaatnya bagi kesehatan tubuh hingga manfaat kecantikan.  Nah, di artikel kali ini Kita Muda akan mengupas tuntas manfaat alpukat bagi tubuh kita.

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang manfaat alpukat, ada baiknya nih Kawan Muda mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam alpukat. Apa saja?

Lemak Sehat

Buah alpukat memang memiliki kandungan lemak, tapi kamu enggak perlu khawatir karena lemak yang ada dalam buah alpukat adalah lemah baik (lemak tak jenuh tunggal dalam bentuk asal oleat). Jumlah lemak baik yang ada di dalam satu buah alpukat bisa mencapai ¾ dari jumlah kalorinya, lho! Lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam alpukat ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan bisa menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung.

Protein

Kandungan protein dalam buah alpukat ternyata jauh lebih banyak daripada buah-buahan lainnya, lho! Yup, dalam satu buah alpukat terdapat sekitar 4 gram protein. Dalam alpukat terdapat kandungan 18 asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk protein lengkap. Kalau protein dalam daging sulit dicerna, protein dalam buah alpukat sangat mudah diserap tubuh. Itulah sebabnya buah yang satu ini sering digunakan sebagai pengganti protein dalam program diet.

Senyawa anti-inflamasi

Kombinasi unik yang terkandung dalam buah alpukat seperti vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol, dan omega-3 asam lemaknya bisa mencegah peradangan pada tubuh.

Vitamin dan mineral

Tahu enggak sih, alpukat ternyata mengandung hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Ya, meskipun jumlahnya sedikit-sedikit sih. Namun setidaknya seporsi buah alpukat bisa menyediakan sekitar 10% kebutuhan vitamin dan mineral harian yang dibutuhkan tubuh.  Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah alpukat antara lain vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, folat, kalium, zat besi, dan masih banyak yang lainnya.

Whoa, kandungan nutrisi dalam buah alpukat benar-benar super ya? Nah, sekarang yuk kita lihat satu per satu manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

1. Menurunkan berat badan

manfaat alpukat
Alpukat adalah buah yang efektif dikonsumsi saat diet | Foto: stylecraze.com

Manfaat alpukat yang pertama adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Yup, alpukat biasanya digunakan oleh mereka yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat (alpukat mengandung sekitar 3 gr karbohidrat dan 1 gr serat makanan).

Seperti yang disinggung sebelumnya, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Nah, lemak ini enggak disimpan menjadi ‘lemak’ dalam tubuh, tetapi digunakan sebagai pembakaran energi. Dengan mengonsumsi alpukat, kamu akan mudah kenyang dan rasa kenyang akan bertahan lebih lama.


BACA JUGA:


2. Kesehatan dan kecantikan kulit

manfaat alpukat
Khasiat alpukat untuk mencerahkan dan menjaga kekenyalan kulit | Foto: mindbodygreen.com

Selain cocok dikonsumsi saat diet, manfaat alpukat yang enggak kalah menakjubkan adalah bisa menghaluskan kulit dan membantu memutihkan kulit wajah. Kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C-nya membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.  Kalau Kawan Muda keki dengan bekas jerawat, kamu bisa nih bikin masker alpukat biar bekas jerawat yang singgah di wajah pudar dari hari ke hari.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

manfaat alpukat
Asam oleat dalam alpukat bisa menangkal penyakit jantung | Foto: huffingtonpost.com

Buah alpukat dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung dan bisa menangkal risiko penyakit jantung. Kandungan asam oleat tak jenuh tunggal telah teruji secara ilmiah bisa mengurangi LDL (kadar kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah. Selain bisa menjaga kesehatan jantung, rutin mengonsumsi alpukat bisa mencegah risiko diabetes.

Yup, kandungan vitamin serta antioksidan di dalam alpukat ternyata ampuh mengatur gula darah dan menjaganya dalam kondisi stabil. Potassium dan zat besi yang terkandung dalam buah alpukat juga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Membuat rambut sehat dan berkilau

manfaat alpukat
Rambut sehat dan berkilau dengan masker alpukat | Foto: chaimommas.com

Manfaat alpukat selanjutnya adalah membantu menghitamkan rambut serta membuat rambut sehat dan tampak berkilau. Yuhu, buah alpukat ternyata sudah dimanfaatkan sejak lama oleh masyarakat Mesir Kuno sebagai bahan untuk cream bath. Pemakaian buah alpukat sebagai masker dan kondisioner pada rambut akan membuat rambut tumbuh menjadi lebih sehat.

Tak hanya itu saja, penggunaan alpukat sebagai masker atau kondisioner rambut juga bisa mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti kerontokan dan rambut kering. Cara membuat masker atau kondisioner alpukat juga terbilang mudah. Simak yuk caranya di bawah ini:

Cara membuat masker rambut alpukat:

  • Hancurkan buah alpukat hingga halus dan campur dengan satu butir kuning telur ayam kampung, aduk hingga merata.
  • Tambahkan sedikit air agar adonannya agak cair.
  • Sebelum mengaplikasikan masker ini di rambut, basahi rambut terlebih dahulu ya. Kalau sudah, aplikasikan masker di rambut sambil pijat-pijat halus rambutmu.
  • Diamkan selama lebih kurang 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Cara membuat kondisioner alpukat:

  • Siapkan buah alpukat yang telah ditumbuk hingga halus (tambahkan sedikit air agar menjadi pasta alpukat).
  • Keramaslah terlebih dahulu dengan sampo. Setelah dibilas bersih, baru deh aplikasikan alpukat tadi dari tengah hingga ujung rambut.
  • Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas rambut hingga bersih menggunakan air hangat.

5. Mengurangi radikal bebas dalam tubuh

manfaat alpukat
Antioksidan buah alpukat bisa meminimalisir radikal bebas | Foto: feedingmykid.com

Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh bisa merusak sel, menyebabkan peradangan, dan bahkan memicu pertumbuhan sel kanker. Nah, radikal bebas ini bisa masuk dari mana saja, mulai dari udara yang kamu hirup, makanan, hingga sinar matahari.

Namun kamu enggak perlu khawatir karena alpukat bisa membantu mengurangi dan menyeimbangkan jumlah radikal bebas yang ada dalam tubuh  Kandungan antioksidan alami yang sangat banyak  dalam buah alpukat bisa meminimalisir dampak buruk dari paparan radikal bebas. Hebat, bukan?

6. Berfungsi sebagai anti-inflamasi

manfaat alpukat
Alpukat juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif | Foto: activehealthcenter.com

Peradangan pada tubuh, seperti kemerahan, sendi bengkak yang bisa menyebabkan kekakuan, dan nyeri ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi buah alpukat. Ya, alpukat menjadi salah satu buah yang direkomendasikan parah ahli gizi untuk melawan inflamasi atau peradangan secara efektif.

7. Mencegah cacat lahir

manfaat alpukat
Alpukat baik dikonsumsi ibu hamil karena bisa mencegah cacat pada janin | Foto: momjunction.com

Untuk para ibu hamil, mengonsumsi alpukat secara rutin bisa meminimalisir risiko cacat pada janin, lho. Kombinasi asam folat dan vitamin B pada alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida (kelainan pada tulang belakang dan sumsum tulang belakang).

Itulah manfaat alpukat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Karena manfaatnya luar biasa banget, buah ini harus masuk dalam daftar buah yang kamu konsumsi setiap harinya ya. Semoga informasi di atas bermanfaat, Kawan Muda 😉