Aplikasi gratis dan menarik di Google Play kadang membuat kita penasaran dan pengin mengunduhnya. Apalagi jika itu memang bermanfaat dan bersinggungan dengan kegiatan sehari-hari. Namun, dengan maraknya aplikasi gratis ‘palsu’ dan malware peretas data, pengguna smartphone wajib berhati-hati nih dengan aplikasi-aplikasi android yang ada.

Jangan instal sembarangan kalau Kawan Muda enggak mau kinerja smartphone melambat, kuota tersedot misterius, banyaknya pop-up iklan yang menganggu, kena serangan malware/virus, atau bahkan pencurian data pribadi pengguna (dan sekarang ini sedang marak-maraknya!). Waduh, ngeri banget kan?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kita Muda bakal kasih tahu nih 9 aplikasi android yang sebenarnya perlu ada di smartphone-mu dan lebih baik kamu hapus saja kalau sudah terlanjur instal. Apa saja?

1. Aplikasi cuaca

via: brightside.me

Aplikasi cuaca memang membantu banget, apalagi kalau lagi musim hujan. Namun, kamu wajib berhati-hati karena ada aplikasi cuaca gratis yang ternyata ditanami Trojan. Virus ini tak hanya merusak perangkat, tapi juga bisa mencuri data-datamu yang ada di smartphone (password, nomor akun, dan data lain yang digunakan untuk login ke akun bank online). Mending lihat ramalan cuaca di Google sajalah…

2. Media sosial

via: brightside.me

Selanjutnya adalah aplikasi media sosial. Hari gini, siapa sih yang enggak main medsos? Namun, menginstal setiap aplikasi media sosial yang kamu miliki juga bisa habis-habisin baterai ponsel dan bikin ponsel gampang nge-lag. Lebih baik gunakan mobile browser untuk mengakses media sosial yang jarang kamu gunakan.


BACA JUGA:


3. Aplikasi cleaner atau optimizer

via: brightside.me

Biar kinerja ponsel tetap optimal, kamu pasti menginstal aplikasi cleaner atau optimizer. Tahu enggak, sebenarnya pada smartphone tertentu sudah ada lho program yang punya fungsi sama seperti aplikasi cleaner dan menginstal aplikasi cleaner semacam ini bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Belum lagi pop-up iklan yang muncul, semoga enggak menghisap kuota datamu, ya!

4. Browser bawaan Android

via: brightside.me

Browser bawaan android juga bisa bikin lambat performa ponselmu. Kalau enggak membutuhkannya, lebih baik dihapus saja deh. Selain bisa meningkatkan performa ponsel, kamu juga bisa menmaksimalkan kapasitas memori internal 😉

5. Free Antivirus untuk Android

via: brightside.me

Kamu juga harus berhati-hati saat mengunduh aplikasi antivirus dari vendor yang enggak terkenal namanya. Ya, karena banyak banget developer ‘nakal’ yang mungkin berusaha mencuri data milik penggunanya. Belum lagi para hacker yang memang sengaja menanamkan virus di dalam aplikasi antivirus yang terlihat aman tersebut.

6. Aplikasi penambah RAM Android

via: brightside.me

Jangan tergiur dengan aplikasi yang menawarkan peningkatan jumlah RAM di poselmu! Mereka ini ngaku-ngaku bisa meningkatkan performa ponselmu, padahal kenyatannya mereka hanya menghapus ‘sementara’ cache yang ada di ponsel! Mereka juga menghabiskan daya ponsel, plus bisa mengambil data-data pribadimu.

Karena banyaknya aplikasi yang ditawarkan di Google Play, dan Google bahkan kesulitan menyaring mana aplikasi yang aman beneran dan mana yang palsu, Kawan Muda harus jadi pengguna yang bijak. Jangan asal mengunduh dan menginstal apps yang mungkin terasa asing buatmu.

Coba cari tahu dulu jika kamu enggak begitu kenal dengan aplikasi tersebut, baru deh kalau banyak review internet yang bilang itu bagus (dan utamanya aman), kamu bisa memakainya.

Sumber: Brightside