Berbuat baik kepada sesama, terutama pada teman sendiri, adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap insan manusia. Salah satu cara berbuat baik adalah meminjamkan uang kepada teman saat mereka membutuhkan. Namun terkadang, ada teman yang dikasih hati suka minta jantung, mentang-mentang kita loyal minjemin duit, eh dia jadi kebiasaan utang dengan membawa-bawa nama pertemanan. Duh!

Ya, #NgobrolinUtang teman sendiri memang agak gimana gitu. Bawaannya serba salah, padahal bukan kita yang berutang. Mau kasih, tapi dia hobinya ngutang (dan suka amnesia gitu). Kalau enggak ngasih, hemm, kasihan dan ujung-ujungnya dianggap enggak setia kawan. Padahal belum tentu kita juga punya uang. Kezel kan?!

Menghindari teman yang hobi ngutang memang sulit, tapi Kita Muda bakal kasih tahu trik cerdasnya di #NgobrolinUtang kali ini. Simak ya…

1. Kalau temanmu yang hobi ngutang itu selalu pakai ‘lupa bawa dompet’ sebagai alasan, ingatkan dia sebelum ketemuan agar enggak lupa bawa dompetnya.

via: Northwoodsleague.com

Kamu pasti punya kan teman yang pas sudah kelar makan dan tinggal bayar tiba-tiba bilang dompetnya ketinggalan? Sesekali sih oke, tapi kalau sering dan suka lupa bayar?

Coba chat atau telepon dia sebelum kalian ketemuan biar dia enggak lupa bawa dompet. Nah, untuk memastikan dia bawa dompet atau enggak, sebelum memesan atau membeli apa pun, coba tanyakan dia ingat enggak membawa dompetnya? Kalau tetap lupa, mending batalin saja acara makan atau belanjanya!


BACA JUGA:


2. Jangan pernah makan atau jalan berduaan doang sama dia! Kalau kamu tahu dia hobinya ngutang, pastikan kamu membawa teman lain.

via: Shutterstock.com

Gerak-gerik teman yang hobinya ngajak jalan berduaan agar bisa ngutang ini juga harus diwaspadai. Itulah sebabnya, ajakan mereka jangan di-iya-kan begitu saja. Pastikan dulu kalau kamu bukanlah satu-satunya orang yang dia ajak.

Kalau rame-rame, kamu boleh menerimanya. Namun kalau kamu doang yang diajak, hemm, mending pakai alasan lain deh buat nolak. Setidaknya kalau rame-rame kamu bisa berkilah dan temanmu yang lain bisa meminjamkan uang padanya. Hehe, kan enggak harus kamu terus yang diutangin 😉

3. Temanmu hobi ngutang tapi barang-barangnya mentereng dan hobi belanja? Kamu bisa menyindirnya tipis-tipis.

via: rivercityfcu.com

Ada lho teman yang barang-barangnya bermerek, tapi hobinya utang! Ya, uang yang dipinjam dari kamu itu ya untuk memuaskan hobi belanjanya dan kehidupan serba mewahnya.

Kalau dia tiba-tiba pinjam uang, kamu bisa bilang begini nih:

“Kamu mau pinjam uang ke aku? Yakin? Yah, aku mah apa atuh, beli tas bermerek kayak kamu saja enggak bisa, masa tega sih kamu minjem duit ke aku? Menghina atau gimana nih, hehe…”

4. Pas dia pinjam uang, jangan kasih tampang baik. Tunjukkan wajah galak dan kasih sedikit ancaman biar dia enggak memanfaatkan kebaikanmu.

via: Shutterstock.com

Buat kamu yang berwajah melas, berlatihlah agar bisa kelihatan galak sedikit. Kalau wajahmu enggak bisa galak, ucapanmu harus nyelekit. Yup, saat kamu merasa dia memanfaatkan kebaikanmu buat utang terus, kasih ancaman kalau begini:

“Ingat ya, kalau sampai lupa atau telat bayar lagi, gue enggak bakal deh minjemin lagi. Dikira gue enggak butuh, gue butuh duit juga kali…”

5. Sudah lelah sama dia yang hobi ngutang? Langsung saja bilang “NO!”

via: Shutterstock.com

Hal yang sulit dilakukan, tapi bukan berarti enggak bisa kamu lakukan. Hei, kalau mikirin perasaan teman terus, kapan dong kamu mikirin diri sendiri? Iya kalau teman kamu itu rajin bayar utang, kalau tipe-tipe suka lari dari kewajiban membayar utang? Kamu bisa tekor dong!

Oleh karena itu, kamu harus belajar untuk berhenti memberikan dia pinjaman agar enggak dijadikan target berhutangnya lagi.

Nah, itulah trik cerdas biar kamu bisa berkelit dari teman-temanmu yang hobinya ngutang. Mulai dari sekarang say no to ngutangers yang suka amnesia kalau dia punya utang.

Dan buat Kawan Muda yang sudah terlanjur minjemin duit, jangan lupa buat ditagih utangnya. Kalau berani kasih, kamu harus berani nagih juga dong. Masa iya sih yang ngutang lebih galak dari yang ngasih utang? “:)

Sumber: Wolipop