Suka kesal enggak sih dengan teman yang pura-pura amnesia kalau punya utang? Ada juga nih yang kalau ditagih malah balik marah atau memanipulasi situasi sehingga seolah-olah kita adalah pihak yang berutang atau teman jahat yang enggak mau memahami kondisi temannya. Ugh, so drama!

Teman sih teman, tapi jangan jadikan ini alasan biar mereka bisa kabur dari kewajiban membayar utang! Bukan pertemanan sehat lagi sih namanya kalau sudah begini. Sesekali mungkin enggak apa-apa ngerelain sedikit, tapi kalau hobinya dia minjam, masa iya sih kita membiarkan utangnya menumpuk?

Rugi di kamu dong? Bagaimana kalau sewaktu-waktu kamu butuh? Bagaimana kalau dia memanfaatkan situasi tersebut untuk terus-terusan utang ke kamu? Mentang-mentang kamu enggak berani nagih, akhirnya dia ngelunjak. NO WAY!

Berani ngasih, harus berani nagih dong! Di #NgobrolinUtang kali ini, Kita Muda bakal kasih referensi kalimat sakti yang bisa Kawan Muda gunakan saat menagih utang ke teman. Apa saja?

1. Ketika kalian lagi belanja bareng atau beli makan bareng, kamu bisa bilang: “Astaga! Aku lupa bawa dompet, huhu. Pakai uangmu dulu enggak apa-apa? Lagian uangku masih ada di kamu kan ya…”

via: Stocksy.com

2. Pura-puralah ingin membeli sesuatu, tapi kamu lagi bokek: “Pengin beli HP baru nih, tapi enggak ada uang. Uangnya pada dipinjam belum balik semu…” *jangan lupa pasang wajah jelek memelas*

via: nydailynews.com

BACA JUGA:


3. Sindirlah temanmu dengan halus saat tanggal muda: “Ehm, tanggal muda nih. Ehm, punya banyak duit nih. Ehm, bisa kali ya utang yang kemarin dicicil, he he he…

via: mirror.co.uk

4. Biar dia agak jera sedikit, kalau lagi kumpul teman se-geng, coba deh ungkit-ungkit soal utang: “Eh, ada teman yang lagi ada masalah sama utang nih. Uang dia dipinjam, lumayan banyak. Eh, yang diutangin kayaknya amnesia gitu. Menurut kalian enaknya diapain tuh orang?”

via: gineersnow.com

5. Atau kamu bisa berakting sedih, bilang kalau lagi butuh banget uang dan terpaksa harus nagih: “OMG, aku enggak tahu lagi deh musti gimana. Pengeluaran lagi banyak-banyaknya, aku lagi bokek berat. Uangku yang kamu pinjam kemarin, kalau kamu sudah bisa bayar, secepatnya hubungin aku, ya. Maaf….” *jangan lupa menitikkan air mata, biar mendukung suasana*

via: myvoleo.com

6. Ungkit-ungkit tentang azab orang yang enggak bayar utang: “Gila! Masa kemarin ada acara TV tentang azab gitu, katanya kalau enggak bayar utang, jenazah susah dikebumikan. Ngeri banget!”

via: Tribunnews.com

7. Kalau kamu akrab sama keluarganya, coba pakai ancaman manis ini: “Pssst, duit kemarin kapan balikinnya? Katanya minggu lalu, udah lewat, lho! Apa aku langsung minta oom atau tante saja nih? Hehe..

via: huffingtonpost.com

8. Masih belum ampuh juga, gentian deh kamu yang pinjam uang ke dia: “Aduh, boleh minjam uang enggak? Ntar bayarnya tinggal motong utang kamu ke aku saja. Please, butuh banget nihhh…” *wajahnya jangan lupa melas*

via: deseretnews.com

9. Dia masih enggak tahu malu juga dan belum bayar utangnya? Pas lagi kumpul sama teman-teman, yang banyak sekalian, tagih saja langsung: “Eh, utang yang kemarin kapan dibayar. Hari ini dong, butuh banget nih. Sudah lama juga kan pinjemnya?!” *tapi jangan emosi ya ngomongnya :”)*

Sekarang sudah tahu kan kata-kata elegan tapi nyelekit buat nagih utang ke teman? Kawan Muda bisa nyoba nih cara-cara di atas saat menghadapi teman yang suka amnesia kalau ngomongin soal utang dia, hehe.

Kalau 9 cara di atas enggak mempan, gimana dong? Wadidaw, muka tembok banget ya. Hemm, kamu mungkin bisa meminta bantuan teman yang lain untuk menagih ke dia. Kalau dia orang yang tahu malu, pasti langsung dibayar deh.

Sumber: Hipwee