Buat Kawan Muda yang menggunakan smartphone Xiaomi, sudah tahu belum kalau sekarang banyak smartphone  Xiaomi aspal alias asli tapi palsu’ yang beredar di pasaran?

Parahnya lagi, smartphone yang notabene replika tersebut kalau dilihat sepintas benar-benar mirip dengan aslinya.  Wadidaw, bisa rugi kan kalau beli dengan harga smartphone asli tapi dapat yang palsu?

Itulah sebabnya, buat Kawan Muda yang baru-baru ini beli smartphone Xiaomi atau berniat akan membeli smartphone Xiaomi, Kita Muda punya beberapa trik nih biar kamu tahu ponsel tersebut asli atau bukan. Langsung saja yuk simak cara mudahnya berikut ini:

Cara 1: Cek lewat situs jd.mi.com

via: keepo.me

Ini adalah aplikasi pengecekan buatan Xiaomi yang bisa kamu akses lewat browser di PC atau laptop. Kawan Muda tinggal buka saja situsnya lalu download dan install aplikasi yang telah disediakan.

Jika proses ini selesai, nantinya kamu tinggal mengarahkan ponsel ke QR yang tersedia dan situs tersebut akan memberi informasi ponsel Xiaomi-mu asli atau tidak. Cara ini hanya bekerja untuk ponsel Xiaomi terbaru saja, untuk Redmi 1S dan Redmi 2, tidak didukungnya.

Cara 2: Periksa IMEI dan serial number

via: keepo.me

Sebelum melakukan pembelian smartphone Xiaomi, kamu bisa mengecek kode IMEI yang tertera pada dus-nya. Kalau ponselnya asli, baik nomor IMEI atau serial number yang ada di dus sesuai atau sama dengan yang tertulis di perangkat. Semuanya harus sama lho, ya!


BACA JUGA:


Cara 3: Menggunakan aplikasi benchmark

via: keepo.me

Benchmark digunakan untuk melakukan pengecekan dan uji kemampuan hardware yang digunakan oleh sebuah smartphone. Nah, untuk mengecek keaslian, kamu bisa menggunakan tiga aplikasi benchmark yaitu Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box.

Perhatikan dengan baik apakah spesifikasinya sesuai dengan yang seharusnya ditawarkan di ponsel asli dan pastikan juga jumlah sensot yang dimiliki benar.

Cara 4: Periksa sistem operasi

via: keepo.me

Perangkat Xiaomi biasanya dirilis menggunakan MIUI versi stable. Nah, coba kamu cek ponsel Xiaomi kamu apakah versi MIUI-nya stable atau enggak. Kalau masih beta nih, hemm, kemungkinan ponsel kamu palsu.

Kamu juga bisa mengecek MIUI yang tertulis di perangkat di internet. Kalau ternyata tidak ditemukan, bisa jadi ponsel Xiaomi tersebut adalah versi distributor atau bahkan produk replika.

Cara 5: Melalui hasil foto

via: keepo.me

Setelah menggambil foto, pindahkan foto tersebut ke PC/laptop. Cek properties foto tersebut. Jika ponselmu asli, akan muncul nama perangkat yang sesuai dengan ponsel Xiaomi yang kamu pakai. Kalau berbeda, wah bisa jadi ponselmu adalah produk ‘KW’.

Nah, itulah beberapa trik mudah untuk mengetahui perbedaan ponsel Xiaomi asli atau palsu (entah itu versi bajakan, replika, atau KW super). Semoga tips di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 😉

Sumber: Keepo