Setiap pasangan yang menjalin hubungan serius tentu pengin hubungannya berlanjut ke tahap selanjutnya. Ya, bagi sebagian besar pasangan pernikahan dianggap sebagai garis finish bagi hubungan mereka. Itulah sebabnya, tak perlu menunda-nunda lagi, lebih baik pernikahan disegerakan daripada hal yang enggak diinginkan terjadi.

Keputusan tersebut memang tak sepenuhnya salah, tapi ada baiknya jika sebuah pernikahan tidak dilakukan dengan tergesa-gesa. Kamu dan pasangan merasa siap, namun apakah kamu benar-benar siap? Karena tak sedikit lho pasangan yang terjebak dalam penikahan yang enggak bahagia akibat keputusan menikah yang terlalu tergesa-gesa tersebut.

Nah, sebelum kamu mantap mengajak pasangan untuk menikah dan meminta izin ke orangtua untuk menikah, inilah 4 hal penting yang harus kamu dan pasangan pahami sebaik-baiknya.

Hubungan pernikahan itu enggak se-simple hubungan pacaran. Meski saat pacaran ada konflik dan sebagainya, konflik dan masalah lain di pernikahan lebih pelik ketimbang saat pacaran.

via: wellandgood.com

Meskipun kamu sudah sangat mengenal pasangan saat masa pacaran, ingatlah bahwa pernikahan akan membuat hubungan kalian menjadi berbeda. Ada beban berat yang harus kalian pikul, kewajiban sebagai suami atau istri. Kalian tidak hidup untuk diri sendiri, bukan hidup untuk ‘aku’, tetapi hidup untuk keluarga kecil kalian.

Begitu juga dengan masalah yang muncul saat pernikahan, jangan dibayangkan akan semudah masalah yang muncul saat pacaran. Tak hanya hubunganmu yang naik level, masalahmu juga naik level pasca menikah. So, pastikan kamu sudah benar-benar siap menghadapinya.

Apakah kamu sudah punya visi dan misi untuk ke depannya? Meskipun belum jelas, setidaknya kamu dan pasangan tahu rencana kehidupan kalian ke depannya akan seperti apa.

via: Shutterstock.com

Dengan menikah, kamu bisa hidup bersama dengan orang yang dicintai. Jika tujuanmu untuk menikah semata-mata hanya untuk tinggal bersama pasangan, tanpa ada hal lain yang ingin kamu capai dengannya, mending pikirkan kembali rencanamu untuk menikah.

Ketika melakukan sesuatu, kamu pasti punya tujuan dan target kan kenapa melakukan hal tersebut? Sama halnya dengan menikah, kamu harus punya tujuan dan target ke depannya. Jika kamu dan pasangan belum memiliki visi misi, ke arah mana keluarga kecilmu akan melangkah?


BACA JUGA:


Kamu tentu memiliki prinsip hidup yang berbeda dengan pasangan, sudahkah kalian mengetahui prinsip hidup satu sama lain? Apakah kamu dan pasangan sudah lapang menyepakatinya?

via: nicknotas.com

Nah, yang satu ini penting banget. Kamu dan pasangan harus mengetahui prinsip hidup satu sama lain. Misalnya, kamu adalah orang yang sangat strict banget dengan kebersihan, utarakan hal tersebut kepada pasangan. Apa pun itu, ungkapkan secara gamblang pada pasangan.

Dengan begitu, kalian akan tahu bagaimana cara mencari solusi terbaik agar prinsip tersebut tidak dilanggar. Mungkin saja kan kamu dan pasangan ternyata memiliki prinsip hidup yang berbeda 180 derajat? Itulah sebabnya, mengetahui dengan baik prinsip hidup pasangan adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menikah dengannya.

Kedewasaan dalam memecahkan masalah, sudahkan kalian memilikinya? Jika selama ini kalian selalu membiarkan masalah reda dengan sendirinya, mending tahan dulu keinginan untuk menikah.

via: scarymommy.com

Mungkin saat pacaran, kamu dan pasangan sering membiarkan permasalahan yang kalian hadapi. Didiamkan sajalah, kan nanti selesai dengan sendirinya. Hei, hal ini enggak bisa diterapkan dalam hubungan pernikahan.

Sebuah permasalahan rumah tangga yang enggak diselesaikan sampai tuntas (sekecil apa pun itu), bisa menimbulkan permasalahan baru di kemudian hari. Itulah sebabnya, kamu dan pasangan sudah harus mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan baik agar keharmonisan dalam hubungan bisa semakin kuat.

Bagaimana, apakah Kawan Muda sudah memahami dengan baik atau minimal tahulah dengan 4 hal di atas? Kalau kamu dan pasangan memang sudah mengantisipasi hal-hal di atas sebelumnya, keputusan kalian untuk menikah adalah hal yang tepat 😉

Sumber: Hipwee