Kawan Muda, perlu kalian tahu kalau semakin kita menumpuk barang dan malas menatanya kembali, kamar kita bakal terlihat sempit. Apalagi kita yang masih suka menyimpan barang lama, kertas ulangan, buku, belum juga ada TV yang bisa memenuhi kamar kos kita yang, ehm, sempit. 

Hmm, gimana ya caranya biar kamar kos kita yang sempit bisa diubah menjadi super nyaman dan muat banyak barang-barang kita? Berikut adalah cara mudah mengatur kamar kost biar lebih luas dan nyaman buat ditempatin. Selamat mencoba!

Declutter (mengurangi barang yang enggak perlu)

linkedin.com

Yuk mulai pilih barang yang enggak perlu. Enggak ada gunanya nyimpen barang-barang lama dan gak bakal kepakai seperti kertas ulangan atau barang pemberian mantan. Kalau masih ada barang yang masih bisa digunakan tapi enggak kepakai, coba jual online deh. Lumayan banget kan nambah penghasilan? Selain itu, kamu juga bisa sumbangin barang yang enggak kepakai dan masih bermanfaat kepada orang yang lebih membutuhkan.

Pakai furniture yang menghemat tempat

via : gogirl.id

Nah, ini nih yang paling pas buat anak kos. Laci bertingkat bisa jadi solusi buat kamu yang punya kamar kost sempit. Laci plastik kayak gini bisa kamu beli dengan harga sekitar 100-300 ribu rupiah. Untuk yang punya baju banyak dan memakan tempat, coba deh trik ngelipet baju diatas biar isi laci kita bisa muat terisi. Selain itu, kamu bisa manfaatin meja lipat yang bisa diselipin dimanapun begitu selesai dipakai. Meja ini nantinya enggak cuma buat belajar, kamu juga bisa menaruh buku ataupun makanan nantinya. Bermanfaat banget kan?

Selalu manfaatkan sudut ruangan kosong

via : gogirl.id

Kamu bisa manfaatkan bagian belakang pintu yang kosong untuk memasang rak biar bisa menyimpan buku ataupun sepatu agar terlihat rapi. Kamu juga bisa manfaatin buat pasang mood board yang bisa ditempel di bagian dinding yang masih kosong. Dengan modal kurang dari 100 ribu rupiah, kamu udah bisa dapet 2 rak gantung.


BACA JUGA :


Manfaatkan kolong kasur

via : blibli.com

Buat kamu yang memiliki space dibawah ranjang, karena hal ini bisa kita manfaatin buat menyimpan barang. Eitss, tapi pastikan kolong kasur kita aman dan bersih dari debu yang nempel biar barang kita tetap bersih. Kamu juga bisa manfaatkan kerdus atau container buat menaruh barang biar enggak kececer dan lebih terlihat rapi. Praktis banget ya!

Bikin floating shelf

via : rumah.com

Daripada dinding kamar kita kosong, coba tambahkan rak tempel atau floating shelf buat menaruh alat makeup ataupun buku. Inspirasi desain floating shelf ini bisa kamu dapatkan dari Pinterest. Ada yang bentuknya box atau papan buat ngehias dinding kamar kita. Pilih kayu yang punya ketebalan cukup baik biar enggak gampang patah. Selain itu, juga pastikan baut dan tatakan besi buat penahan kayu yang menempel pun terpasang kuat dan sempurna.

Mumpung masih libur cobain inspirasi ini, yuk. Selain bikin mata kita seger karena barang terlihat rapi, lumayan juga bikin badan kita bergerak biar gak malas-malasan. Selamat mencoba!

sumber : GoGirl