Kawan Muda tahu enggak sih kalau usia itu enggak selalu dihitung berdasarkan tanggal kelahiran? Yup, selain usia yang berdasarkan tanggal lahir atau disebut juga dengan usia kronologis, terdapat juga usia biologis dan usia psikologis.

Sesuai dengan namanya, usia biologis itu mengacu pada kesehatan tubuh seseorang. Nah, usia biologis ini biasanya enggak selalu sama dengan usia kronologis. Kamu mungkin saja masih muda, tapi usia biologismu sudah tua atau mungkin juga sebaliknya.

Sedangkan usia psikologis mengacu pada keterampilan kejiwaan dan mekanisme individu dalam menangani stress atau masalah. Sama halnya dengan usia biologis, usia psikologis juga enggak selalu sama dengan usia kronologis atau usia biologis.

Nah, kali ini Kita Muda akan mengajak kamu untuk cari tahu  berapa sih usia psikologismu sesungguhnya melalui serangkaian tes warna. Jawaban yang kamu pilih akan memiliki poinnya masing-masing.

Di akhir nanti, kamu hanya perlu menjumlahkannya dan melihat termasuk golongan manakah usia psikologismu saat ini. Yuk, langsung saja kita mulai tesnya!

1. Apa warna yang paling dominan menurutmu?

via: brightside.me

2. Pilihlah warna yang menurutmu merah muda.

via: brightside.me

3. Apakah ini foto hitam putih?

via: brightside.me

4. Pemandangan sunset mana yang paling kamu sukai?

via: brightside.me

BACA JUGA:


5. Kira-kira warna biru itu yang mana ya?

via: brightside.me

6. Warna apa yang kamu lihat pertama kali saat melihat gambar ini?

via: brightside.me

7. Pilih salah satu yang menurutmu paling oke warnanya…

via: brightside.me

8. Mana warna yang paling cerah menurutmu?

via: brightside.me

Sekarang, cek berapa poin untuk masing-masing jawabanmu:

Gambar 1

via: brightside.me

Gambar 2

via: brightside.me

Gambar 3

via: brightside.me

Gambar 4

via: brightside.me

Gambar 5

via: brightside.me

Gambar 6

via: brightside.me

Gambar 7

via: brightside.me

Gambar 8

via: brightside.me

Sudah tahu jumlah poinmu? Sekarang kamu bisa cari tahu deh berapa usia psikologismu sesungguhnya 😉

7—12 Poin

Kamu tergolong usia psikologis remaja (di bawah 20 tahun). Meskipun usia sudah enggak remaja lagi, semangatmu dalam menjalani hidup masih menggebu-gebu.

13—20 Poin

Usia psikologismu adalah 20—29 tahun. Meskipun tampak aktif dan kreatif layaknya remaja, kamu lebih bisa mengendalikan emosi dan lebih dewasa saat mengatasi masalah.

21—28 Poin

Whoa, usia psikologismu sekitar 30—39 tahun nih. Ini menunjukkan bahwa kamu sudah bisa bertanggung jawab dan pemikiranmu lebih bijaksana, terlepas dari berapa pun usia kronologismu.

29—35 Poin

Usia psikologismu adalah 40—49 tahun. Menunjukkan betapa dewasa dan berpengalamannya kamu dalam menjalani hidup serta mengatasi segala masalah dalam hidup.

36—40 Poin

Kamu memiliki usia psikologis 50 tahun. Meski usia kronologismu tergolong muda, kamu sudah bisa berpikir secara bijak dan menghargai kenyamanan.

So, berapa nih usia psikologis atau mental Kawan Muda? Share dong di kolom komentar 😉

Sumber: Brightside