Nggak Harus Makan Sup Ayam, Biar Flu Kamu Sembuh Alami Coba Konsumi 6 Makanan Sehat Di Bawah Ini

Kalau sedang musim penghujan seperti ini, penyakit yang sering datang pasti flu dan demam. Biasanya sih penyakit ini menyerang karena sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun, akibat perubahan cuaca yang ekstrim. Nah kalau sudah terserang flu dan demam ini, kalian pasti ini memakan yang hangat-hangat, kan? Makan sup ayam atau mi rebus hangat, minumnya air jeruk dan teh hangat. Beuh mantep banget!

Tapi nih Kawan Muda, ternyata ada lho makanan-makanan lain yang bisa kamu konsumsi pada saat kamu terserang flu. Nggak perlu makanan yang hangat-hangat, buah dan sayur disekitarmu pun bisa lho dikonsumsi pada saat kamu sakit. Yuk, kita lihat:

1. Pisang

via: rd.com

Merupakan buah yang kaya akan kandungan potassium dan nutrisi lain seperti serat dan vitamin B6. Penelitian menunjukkan bahwa pisang memiliki kandungan yang mampu untuk meningkatkan energi tubuh, dan sangat berguna ketika kamu lemas tak berdaya terserang flu. Biar tambah enak dan berserat, coba masukkan pisang dalam santapan oatmeal, low fat yoghurt, serta cereal tawar. Lezat, sehat, dan bergizi!

2. Jahe

via: rd.com

Jahe memang terkenal memiliki kandungan yang mampu untuk menghilangkan gejala flu dan demam, serta melancarkan sirkulasi darah ke tubuh. Kandungan aktif dari gingerol, memiliki kandungan antimicrobial yang bisa mencegah terkena bakteri berbahaya. Coba parut jahe dan campurkan dalam makanan sehat seperti ubi, wortel, atau meminum teh dengan kandungan jahe. Hmm….enak banget membayangkannya.

3. Yogurt

via: rd.com

Makanan hasil fermentasi ini terkenal akan kandungannya yang kaya protein yang membantu masuknya bakteri baik untuk melawan penyakit, terutama flu. Jangan lupa juga untuk selalu memakan yogurt yang memiliki kandungan vitamin D, karena kekurangan vitamin D menjadi penyebab terserangnya penyakit flu. Jadi buat kamu yang sedang flu, coba makan yogurt dengan rasa yang “segar”, misalnya vanilla. Jangan lupa tambahkan kacang-kacangan, dan buah sebagai topping untuk memenuhi kandungan lemak sehat, serat, dan vitamin C. Yum!

4. Makanan kaya vitamin C

via: rd.com

Vitamin C memang kandungan yang bagus untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit, terutama flu dan demam. Makanan dengan kandungan vitamin C bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hebatnya lagi, kamu bisa menemukan kandungan vitamin C di makanan manapun, bahkan di coklat sekalipun! Tapi biasanya kandungan vitamin C  kamu temukan dalam buah seperti jeruk, lemon, berries, brokoli, kol, hingga tomat.

5. Telur

via: rd.com

Telur mungkin bukan makanan yang kamu harapkan dapat membantumu sembuh dari flu dan demam, tapi para ilmuwan percaya bahwa telur dapat meningkatkan sistem imun kamu, lho! Kandungan protein yang ada dalam telur dapat membantu untuk melawan penyakit dalam tubuh. Buat kamu yang nggak suka makan kuning telur, coba kamu pikir-pikir lagi deh. Kandungan protein dalam telur ternyata paling banyak berada dalam kuningnya, lho! Apalagi dalam kuning telur juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi dan selenium. Jadi besok-besok makan telur secara utuh, ya!

6. Air

via: rd.com

Suka atau nggak suka, meminum air putih sudah menjadi kewajiban yang kamu harus lakukan. 60% bagian tubuh mengandung air, sehingga penting bagi kita untuk terus menerus meminum air dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kalau kamu terkena dehidrasi, sistem tubuh terutama imun akan tersiksa, dan membuat tubuh kita menjadi mudah untuk terserang penyakit. Kamu bisa minum air dalam bentuk apapun, baik air mineral, infused water, hingga teh dan kopi serta jus. Apapun itu, sebaiknya selalu kondisikan tubuh untuk meminum air selalu.

Nggak sulit kan Kawan Muda, untuk menyembuhkan diri dari flu dan demam? Nggak perlu ribet mencari obat, cukup gunakan cara alami agar tubuhmu kembali fit dan sehat seperti sedia kala. Yuk, mulai biasakan hidup sehat di tahun 2018 ini!

sumber: Reader’s digest