Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kentut adalah gas berbau busuk yang dikeluarkan perut melalui anus. Kentut adalah hal yang normal terjadi dalam hidup manusia dan rata-rata orang kentut sebanyak 14 kali setiap harinya. Meskipun kentut meninggalkan bau yang tak sedap dan kadang sangat menganggu, gas ini ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan lho bagi kesehatan.

Bersyukurlah jika kamu mengelurakan kentut yang sangat bau karena itu menunjukkan bahwa pencernaanmu dalam keadaan baik. Kalau ada teman yang tidak tahu diri dan kentut sembarangan, kamu enggak perlu menutup hidup dan merasa mengalami pencemaran udara. Kok gitu?

Mencium bau kentut ternyata juga baik untuk kesehatan. Nah lho, Kawan Muda baru tahu kan? Untuk tahu lebih banyak manfaat tak terduga dari kentut bagi kesehatan, simak terus ya ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Mengurangi kembung

via: Selfcarer.com

Pencernaan yang bermasalah bisa menyebabkan kembung di perut. Memang sih sepele, hanya ada angin di perut, tapi kalau enggak dikeluarin nih bisa menyebabkan stroke! Ngeri banget kan? Oleh karena itu, bersyukurlah kalau kamu bisa kentut meskipun baunya bikin kamu pengin pingsan :”)


BACA JUGA:


2. Kentut ternyata membantu menyeimbangkan pola makan

via: thealternativedaily.com

Layaknya alarm, kentut akan memberi sinyal apakah tubuhmu mengonsumsi makanan yang tepat dan berimbang atau tidak. Misalnya saja, saat kamu mengonsumsi banyak daging merah, kentutmu akan berbau sangat busuk. Untuk yang terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, kentutnya cenderung biasa dan bahkan enggak berbau. Nah, dari bau kentut tersebut kamu bisa mengatur makanan mana saja yang perlu ditambah atau dikurangi porsinya.

3. Meredakan nyeri perut

via: Livestrong.com

Kentut yang tertahan dalam perut dalam waktu yang lama (distensi usus) akan menyebabkan nyeri perut dan bikin badan jadi enggak nyaman. Kalau kamu berhasrat ingin kentut, tapi kentutnya enggak mau keluar, coba deh pijat dengan lembut perutmu agar gas dalam perut perlahan bisa keluar dan rasa sakit pada perut akan segera berkurang.

4. Kentut itu baik bagi kesehatan usus besar

via: cbc.ca

Yup, melepaskan kentut ternyata bisa meningkatkan kesehatan usus besar. Menahan-nahan kentut ternyata bisa merusak usu dan membuat wasir membengkak. Meskipun di depan umum, kalau pengin kentut, segera cari cara untuk mengeluarkannya. Yang jelas jangan menahannya karena menahan kentut bisa berujung pada masalah serius.

5. Mencium bau kentut bisa menurunkan kemungkinan penyakit dan membuatmu panjang umur

via: sleepsugar.com

Pasti kamu bertanya-tanya kan apa bagaimana bisa bau kentut yang busuk itu bisa membuat seseorang panjang umur? Ternyata menurut penelitian nih, hidrogen sulfida yang terkandung dalam kentut bisa mencegah kerusakan mitokondria dalam sel tubuh kita dan hal ini bisa menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, dan arthritis.

Meskipun gas buangan yang terkesan menjijikkan, kentut ternyata menyimpan manfaat kesehatan yang tak terduga ya. Setelah mengatahuinya, masih mau nih tahan-tahan kentut lagi? Yuk, sebarkan informasi ini ke teman atau kerabat dekatmu biar mereka enggak menahan kentut lagi 😉

Sumber: Boldsky