Siapa bilang jadi mahasiswa yang kuliah di luar negeri itu gampang. Apalagi kalau sedang homesick atau sekedar rindu makanan dengan nuansa yang Indonesia banget. Belum lagi kendala ongkos kirim kalau minta dikirimi makanan dari rumah.

Sebelum terjebak di situasi serba salah itu, Kawan Muda bisa menyiapkan beberapa makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama, seperti makanan-makanan di bawah ini.

1. Kerupuk

via: lagizi.com

Meski enggak semua orang Indonesia suka kerupuk, tapi makanan ini bisa bikin kangen semua orang loh. Mending siapin deh kerupuk siap saji yang banyak dijual dipasaran. Sebelum nanti kamu menyesal karena sulit banget nyarinya kalau udah di luar negeri.

2. Sambal

via: resepmedia.com

Sambal memang enggak cuma ada di Indonesia. Tapi, tiap – tiap negara aroma dan rasa sambalnya berbeda loh Kawan Muda. Buat kamu yang kesulitan beradaptasi, coba siapkan sambal dalam kemasan favoritmu.

3. Mie Instan

via: hallosehat.com

Buat Kawan Muda yang super hemat, menyetok Mie Instan dari Indonesia adalah solusi. Karena harganya bisa sampai empat kali lipat loh kalau udah di luar negeri. Seperti Korea Selatan yang harganya sampai Rp. 13.000 loh.


Baca juga:


4. Makanan Kering

via: cookpad.com

Biarpun makanan kering seperti tempe kering, tumis teri, atau kentang kering ini sederhana banget, tapi gampang bikin rindu loh Kawan Muda.

5. Abon

via: resepdanmasakan.com

Selain awet, abon menjadi makanan yang hadir sebagai pelengkap yang simpel namun rasanya sangat khas dan enak. Tak salah jika abon bisa dibawah ke luar negeri dengan aromanya yang enggak mengganggu dan disukai semua orang.

Ada enggak nih diantara Kawan Muda yang sedang tinggal di luar negeri. Share dong pengalaman kalian yang kangen makanan khas Indonesia.

Sumber: Berbagai sumber