Pssst…Jangan Disepelekan! Bau Tak Sedap di Tubuhmu Bisa Mengindikasi 5 Penyakit Ini Lho!

Waspada ya gengs…

Bau badan, entah itu bau mulut, ketiak, atau bau kaki, adalah masalah umum yang paling sering dihadapi banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak faktor yang bisa membuat tubuhmu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, mulai dari stres, kontaminasi bakteri, hingga hormon.

Namun dalam beberapa kasus nih, bau tak sedap di tubuhmu ternyata bisa menjadi tanda awal munculnya sebuah penyakit! Nah lho, ngeri juga kan ternyata? Masalah bau badan saja bisa jadi masalah serius! Itulah sebabnya, jika 5 bau ini keluar dari badanmu, ada baiknya kamu tidak menyepelekannya!

1. Bau nafas seperti aroma buah

via: boldsky.com

Penyebab bau mulut umumnya adalah tumpukan bakteri yang tersembunyi di sela-sela gigi. Biasanya sih baunya ya sangat busuk sekali. Namun, kalau merasa bau mulutmu seperti buah,  ini bisa menjadi gejala awal dari diabetes ketoacidosis (DKA).

Selain bau mulut seperti buah, diabetes jenis ini juga ditandai dengan gejala lain seperti kelelahan, mulut kering, kesulitan bernapas, atau sakit perut. Segera hubungi dokter ya jika mengalami hal ini!

2. Bau kaki

via: boldsky.com

Infeksi jamur bisa menyebabkan kakimu beraroma tidak sedap. Namun, jika menemukan bahwa kakimu tak hanya berbau tetapi juga kering, bersisik, kemerahan serta lecet, wah kamu harus hati-hati nih. Yup, ini menunjukkan bahwa jamur yang ada di kakimu sedang berkembang dan membuat kakimu infeksi. Wadaw!


BACA JUGA:


3. Kotoran yang baunya sangat busuk

via: boldsky.com

Ehm, kotoran memang dari sananya sudah bau sih. Namun kalau baunya busuk minta ampun, ada baiknya kamu waspada nih. Yup, hal tersebut bisa menjadi tanda kalau kamu mengalami intoleransi laktosa. Jadi, usus halus tidak bisa mencerna gula yang terdapat dalam susu sehingga menghasilkan kotoran yang berbau sangat busuk.

4. Urin atau kencing yang beraroma tidak sedap

via: boldsky.com

Urin bau bisa menjadi tanda kalau kamu mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Nah, ISK ini bisa terjadi pada siapa saja, tapi perempuan lebih sering mengalami gejala ini karena jarak uretra dan anus lebih dekat dibandingjarak anus dan uretra pada laki-laki. Kalau kamu merasa urin berbau “aneh”, segera periksakan ke dokter ya agar tahu apa yang sebenarnya terjadi.

5. Mulut tetap bau meskipun sudah sikat gigi

via: boldsky.com

Mulut bau ketika bangun tidur adalah hal yang wajar. Namun kalau kamu sudah menggosok gigi dan mulutmu masih saja  bau, bisa jadi ini adalah gejala sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur (tiba-tiba berhenti bernapas saat tidur). Nah ketika bangun, mereka yang menderita sleep apnea akan mengalami gejala seperti tenggorokan sakit atau mulut kering.

Apakah Kawan Muda menemukan gejala-gejala di atas? Jika iya, jangan disepelekan dan segera periksakan kondisimu ke dokter ya untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya 😉

Sumber: Boldsky