Tahu Enggak Sih, Enggak Semua Bahan Makanan Itu Boleh Dicuci Lho! Yuk Cari Tahu Apa Saja yang Harus Dicuci dan yang Enggak Perlu

Bu…Ibu, merapat yuuuk….

Dari kecil, orangtua selalu mengajarkan untuk mencuci apa pun yang akan kita makan atau masak. Namun masalahnya nih, tahu enggak kalau enggak semua bahan makanan itu boleh dicuci? Yup, ada beberapa jenis makanan yang kalau dicuci nih malah meningkatkan risiko kontaminasi bakteri dan masalah kesehatan lainnya.

Wadaw, kalau begini sih bukannya sehat, kita malah penyakitan! Untuk itulah, Kawan Muda harus paham betul nih makanan mana saja yang boleh dan enggak boleh dicuci. Kita Muda bakal mengulasnya satu per satu di sini. Simak ya!

Berikut adalah daftar makanan-makanan yang enggak boleh dicuci:

1. Jangan pernah mencuci telur sebelum disimpan! Yup, cangkang telur mengandung lapisan khusus yang melindungi mereka dari kontaminasi bakteri. Nah, mencucinya sama saja menghilangkan lapisan tersebut sehingga memungkinkan adanya kontaminasi bakteri.

via: brightside.me

2. Mencuci ayam ternyata enggak membantu menghilangkan bakteri yang ada pada ayam! Malahan nih ya, bakterinya akan menyebar ke tangan dan wastafel, yaiks! Lantas, gimana dong membersihkan bakterinya? Kamu bisa merebusnya sebanyak dua kali untuk menghilangkan bakteri tersebut.

via: brightside.me

3. Sama halnya dengan ayam, daging sapi juga enggak perlu dicuci sebelum disimpan karena bisa menyebabkan kontaminasi bakteri. Kamu bisa merebus daging dengan suhu tinggi untuk menghilangkan bakterinya.

via: brightside.me

4. Pasta juga enggak perlu dicuci sebelum dimasak. Mencuci pasta bisa menghilangkan pati yang ada pada pasta, yang membuat bumbu enggak bisa menyerap sempurna. Kalau masak pasta ya langsung direbus saja, baru setelah direbus kamu bisa menyiramnya dengan air matang.

via: brightside.me

BACA JUGA:


5. Jamur ternyata enggak boleh direndam lama-lama dalam air karena mereka menyerap air dengan baik. Kalau pengin membersihkan jamur, bilas saja sebentar dengan air mengalir lalu lap hingga kering. Oh ya, cucilah jamur saat kamu akan mengolahnya. Kalau hanya disimpan, jamur enggak perlu dicuci.

via: brightside.me

Nah, kalau yang ini sih wajib dicuci sebelum dikonsumsi atau dimasak:

6. Buah (baik yang kulitnya bisa dimakan maupun tidak) dan sayur-sayuran adalah bahan makanan yang wajib dicuci sebelum dikonsumsi atau diolah. Yup, bakteri pada kulit buah-buahan dan sayuran bisa berpindah ke tangan, pisau, atau bahan makanan lain. Nah, sebaiknya cuci buah dan sayuran dengan air dingin, lalu keringkan dengan tisu atau serbet). Ingat, jangan pernah mencucinya dengan sabun.

via: brightside.me

7. Kalau membeli makanan dalam kaleng, cucilah kaleng terlebih dahulu sebelum membukanya. Yuhu, tahu sendiri kan makanan kaleng tuh sudah ditaruh mana saja? Permukaannya pasti kotor/berdebu dan mengandung bakteri. Biar enggak menyebar ke isinya, cucilah kalengnya terlebih dahulu.

via: brightside.me

8. Kacang-kacangan adalah bahan makanan yang wajib dicuci, bahkan setelah dikupas. Bahkan nih, kamu harus merendamnya semalaman untuk merontokkan tanah dan kotoran yang menempel di kulitnya. Selain itu, merendam kacang bisa menghilangkan asam fitat pada kacang yang enggak baik untuk pencernaan.

via: brightside.me

9. Last but not least adalah buah-buahan kering. Wah, kalau ini sih wajib banget dicuci karena menjadi salah satu makanan yang dianggap paling kotor. Apalagi kalau kamu beli buah kering kiloan, wajib banget tuh dicuci atau direndam terlebih dahulu selama beberapa jam.

via: brightside.me

Sekarang sudah tahu kan bahan makanan apa saja yang boleh dan enggak boleh dicuci? Hayo, Kawan Muda sudah pada tahu atau malah baru tahu nih tentang hal ini?

Sumber: Brightside