9 Makanan yang Bisa Merusak dan Menghilangkan Keindahan Gigimu

Hati-hati, jangan banyak-banyak...

Jangan makan permen banyak-banyak, nanti giginya rusak. Begitulah nasihat orang tua yang sering kita dengar saat kecil. Hemm, namun tahukah kamu, enggak hanya permen saja lho yang bisa merusak gigi dan membuat gigi berlubang.

Yup, beberapa makanan yang kita anggap sehat ternyata berpotensi membuat gigi rusak jika dikonsumsi secara berlebihan—dan jika kita tidak menggosok gigi dengan benar setelah mengonsumsinya. Wah, kira-kira makanan apa saja ya yang tanpa disadari telah menyumbang kerusakan pada gigi kita? Penasaran? Simak yuk daftarnya berikut ini.

1. Kelompok buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry bisa meninggalkan noda yang pekat di permukaan gigi. Lama-kelamaan, gigi bisa menjadi kuning jika keseringan makan buah berry. Kalau kamu memang penggemar berat buah berry, gosok gigimu hingga bersih setelah makan buah berry.

via: brightside.me

2. Wine merah dan wine putih memiliki kandungan tanin dan polifenol yang bisa membuat gigimu menjadi kusam. Wine yang bersifat asam juga bisa mengikis enamel gigi jika terlalu sering mengonsumsinya.

via: brightside.me

3. Keripik kentang mengandung karbohidrat yang bisa berubah menjadi glukosa saat terkena air liur. Nah, jika sisa keripik kentang tidak dibersihkan dengan benar dan tertinggal di sela-sela gigi, mereka bisa menyebabkan munculnya plak gigi dan memicu bau mulut.

via: brightside.me

BACA JUGA:


4. Mengunyah permen karet memang merangsang produksi air liur dalam mulut yang bisa membantu membersihkan gigi. Namun, kamu harus hati-hati dengan kandungan gula yang ada di dalamnya. Selain itu, mengunyah permen karet membuat produksi alkali di mulut semakin banyak dan ini bisa merusak enamel gigi.

via: brightside.me

5. Makanan selanjutnya yang bisa merusak gigi adalah popcorn. Yup, sisa-sisa popcorn kan mudah terselip di sela-sela gigi tuh. Nah, kalau enggak dibersihkan dengan benar, dia bisa menjadi plak dan merusak gigi.

via: brightside.me

6. Ternyata oh ternyata, tomat memiliki kandungan asam yang bisa merusak enamel gigi. Untuk mengurangi terjadinya erosi asam di gigi, jangan mengonsumsi tomat secara terpisah. Maksudnya, jangan langsung memakannya begitu saja. Kamu bisa mencampurkannya dalam sayur, salad, dan sebagainya.

via: brightside.me

7. Makanan dengan zat tepung seperti pasta, nasi, roti, dan bahkan kentang juga dapat merusak gigi. Ini karena saat dicerna makanan tersebut berubah menjadi zat gula penghasil asam yang bisa mengikis enamel gigi.

via: brightside.me

8. Tahu enggak, kandungan gula tambahan pada buah-buahan kering ternyata lebih banyak lho dibandingkan kandungan gula pada keripik. Itulah sebabnya, jangan terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan kering. Selain itu, tekstur buah-buahan kering yang lengket juga bisa merusak gigi.

via: brightside.me

9. Teh hitam mengandung banyak tanin yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Gantilah teh hitammu dengan teh hijau untuk mengurangi efek tanin.

via: brightside.me

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang bisa mengurangi keindahan gigimu? Ingat ya, kesehatan gigi jangan pernah disepelekan. Sekalinya gigi bermasalah nih, beuh, sakitnya itu lho bikin ribet. Dan tahu enggak, sakit gigi ternyata bisa menyebabkan penyakit stroke dan jantung juga lho. Beuh, ngeri kan?

Sumber: Brightside