Hampir setiap orang pasti pernah merasakan “kesemutan” atau mati rasa di kakinya. Biasanya hal ini terjadi karena kaki kita yang ditekuk terus menerus, mengakibatkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tapi kalau hal ini terjadi padamu setiap hari, berarti kamu perlu periksa ke dokter. Kenapa? Karena itu tandanya sirkulasi darahmu tidak baik, dan dapat berakibat ke penyakit serius lain seperti ginjal dan varises.

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu makan sehat secara teratur, dan melakukan gerakan-gerakan tertentu yang dapat memperlancar sirkulasi darahmu. Dilansir dari brightside, ini dia 6 hal yang bisa kamu lakukan:

1. Memelihara hewan

via: brightside.me

Tahu nggak sih, sebenarnya nih memelihara hewan itu dapat mengurangi gejala penyakit jantung, lho. Kalau kamu memelihara hewan, kamu dapat membangun bond atau ikatan khusus terhadap hewan peliharaan, yang mampu membantu mengatur tingkat stres. Kalau tingkat stres kamu rendah, otomatis kan denyut jantung kamu menjadi rendah dan tidak tinggi seperti biasanya.

2. Memakan makanan pedas

via: brightside.me

Buat kalian pemakan pedas, yuk merapat! Lada dan cabe merah dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kedua rempah ini juga membantu sistem kardiovaskular kamu untuk berfungsi lebih baik, menjaga tekanan darah agar normal. Kalau menurutmu cabe merah terasa pedas banget, campurkan bawang putih dan bawang bombay ke dalam masakanmu. Kedua bawang ini bisa membantu untuk merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan antioksidan kamu.

3. Kurangi pakai baju ketat

via: brightside.me

Para dokter menyarankan bahwa untuk menjaga aliran darah tetap normal, sebaiknya kurangi berpakaian ketat dalam jangka panjang. Celana ketat seperti skinny jeans, atau baju berbahan kulit dan lateks sebaiknya kamu hindari. Bahan ketat seperti ini dapat menghambat sirkulasi darah, serta mengembangkan varises di tubuhmu. Nggak mau kan kalau pembuluh darahmu terlihat jelas di kulit, dan berwarna keunguan?

4. Memakan makanan kaya folic acid

via: brightside.me

Makanan kaya folic acid merupakan zat yang bagus untuk mempercepat regenerasi dan pertumbuhan. Tapi selain itu, folic acid juga berguna untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Kalian bisa temukan kandungan folic acid ini di makanan seperti daun hijau (bayam, selada, lobak hijau), brokoli, alpukat, jeruk, pepaya, strawberri, pisang, kacang-kacangan, dsb.

5. Luruskan kakimu

via: brightside.me

Meluruskan kaki dan menaruhnya sejajar dengan jantungmu dapat memperbaiki sirkulasi darah. Selain membantu untuk lebih rileks, tindakan ini dapat menghilangkan tekanan di kaki dan pembuluh darah kakimu. Agar lebih nyaman lagi, coba gerakkan jempol kaki dan buat gerakan melingkar. Lakukan ini selama 20 menit, maka sirkulasi darahmu akan semakin membaik.

6. Massage

via: brightside.me

Massage atau pijat merupakan salah satu alternatif karena dapat meningkatkan sirkulasi darah diantara tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa pijat dapat membantu untuk meningkatkan fungsi peripheral vascular atau peningkatan fungsi arteri jantung. Gunakan minyak beraroma ringan agar membuatmu lebih rileks.

Wih, ternyata nggak susah ya untuk membuat tubuh kita sehat. Kelancaran aliran darah dapat membuat tubuh kita lebih segar, oksigen pun dapat masuk ke otak lebih mudah. Jadi mulai sekarang, yuk jaga keseimbangan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat!