Yuk, Deteksi Kesehatan dan Penyakit Tubuh Sejak Dini Melalui Warna Cairan Telingamu!

Kebersihan anggota tubuh merupakan suatu hal yang harus kita jaga higienitasnya. Telinga, rambut, dan hidung merupakan beberapa bagian tubuh yang seringkali terlupa untuk dilupakan. Padahal dengan membersihkan anggota tubuh yang terlupa tersebut, kita jadi tahu ada masalah dengan kesehatan tubuh kita melalui cairan atau kotoran yang ada.

Telinga misalnya, adalah bagian tubuh yang harus dibersihkan setiap beberapa hari sekali. Selain itu, earwax atau kotoran telinga bisa membantu kita untuk mengetahui kondisi tubuh dari warna earwax yang keluar. Dengan bantuan cotton bud, kamu bisa melihat lebih jelas warna earwax kamu. Yuk kita lihat apa saja arti warna earwax kamu:

1. Berwarna abu-abu

via: brightside.me

Kalau earwax kamu berwarna abu-abu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Bisa jadi itu adalah tumpukan debu yang ada ditelinga karena polusi kota, atau udara tercemar yang masuk ke telingamu. Kamu cukup harus rutin membersihkannya saja, agar tidak menumpuk ditelingamu.

2. Ada noda darah

via: brightside.me

Ini yang agak seram, Kawan Muda! Kalau ada segelintir noda darah di cotton bud kamu, itu berarti gendang telinga kamu sedang bermasalah atau bahkan berlubang. Kalau gendang telinga kamu berlubang, bisa jadi diakibatkan infeksi, yang dapat mengakibatkan pendengaranmu menjadi terganggu. Agar nggak lebih parah, sebaiknya periksakan ke dokter, ya?

3. Berwarna coklat

via: brightside.me

Kalau cairan telingamu berwarna kecoklatan, itu berarti tubuhmu sedang mengalami stress yang cukup berat. Nggak ada masalah berarti dengan pendengaranmu, namun untuk mencegah agar hal ini tidak terulang, coba deh kamu beristirahat sejenak dan rilekskan tubuhmu.

4. Berwarna hitam

via: brightside.me

Kalau kamu melihat warna hitam sebagai warna dari earwax kamu, sebenarnya perlu kamu waspadai. Karena bisa jadi kamu terkena otomycosis atau infeksi jamur pada telinga. Infeksi ini merupakan penyakit yang harus segera ditangani, karena kalau tidak bisa fatal.

5. Berwarna putih

via: brightside.me

Kalau cairan berwarna putih yang keluar dari telinga, itu berarti tanda bahwa kamu kekurangan vitamin di dalam tubuhmu, terlebih zat besi dan tembaga. Biar nggak kekurangan vitamin dan zat seperti ini, coba deh masukkan oatmeal dan kacang-kacangan ke dalam makanan pokokmu. Serta mulailah minum vitamin secara rutin, oke?

6. Berbau menyengat

via: brightside.me

Kalau yang lain membahas warna, sekarang kita membicarakan bau. Cairan telinga kamu berbau menyengat? Itu berarti tanda kalau ada infeksi di telingamu yang harus diperiksakan ke dokter segera. Selain bau, kamu akan mendengar suara-suara dari telingamu, atau merasakan bahwa telingamu “pop” secara tiba-tiba.

7. Earwax cair

via: brightside.me

Kalian pasti tahu dong konsistensi dari earwax kalian seperti apa? Kalau tiba-tiba konsistensi ini berubah dan menjadi lebih cair, berarti kalian harus waspada. Karena bentuk cair ini berarti awal dari proses peradangan di telingamu. Biar nggak semakin parah, segera bikin janji dengan dokter, oke?

8. Earwax kering

Merasa aneh ketika kamu merasa telingamu penuh cairan, namun ketika dibersihkan malah kering? Ini berarti tanda kalau kamu kurang lemak sehat di dalam tubuhmu. Atau bisa juga karena penyakit kulit seperti dermatitis, yang menyebabkan kulitmu menjadi kering.

Nah sekarang sudah tahu kan, cara mendeteksi kesehatan tubuh melalui cairan telinga? Jangan lupa untuk rutin membersihkan telingamu, ya, agar pendengaranmu tetap terjaga dan tubuhmu sehat selalu. Oke, Kawan Muda?

sumber: brightside