Berencana Menikah? Agar Dana Pernikahanmu Aman, Yuk Terapkan Tips Memilih Bank Yang Tepat!

Kamu dan pasanganmu harus tahu!

Menikah menjadi salah satu momen yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan. Karena hanya sekali seumur hidup, setiap pasangan pasti menginginkan sebuah pesta pernikahan yang berkesan. Enggak harus mahal sih, yang penting setiap momennya selalu terkenang sepanjang hidup.

Nah, sebuah pesta pernikahan sederhana sekali pun tentu membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Terutama soal biaya untuk kelangsungan rangkaian pesta pernikahan. Kawan Muda sebaiknya mempersiapkan dana pernikahan sedini mungkin biar enggak panik saat mendekati tanggal bahagia.

Untuk mempersiapkan biaya pernikahan, kamu bisa membuat tabungan pernikahan jauh-jauh hari atau kalau kepepet banget, nih, kamu bisa memanfaatkan layanan pinjaman dari bank. Sebelum memutuskan menabung atau meminjam di bank, Kita Muda dan Bank DBS Indonesia akan kasih tips mencari bank yang tepat agar dana pernikahan Kawan Muda aman. Yuk, langsung saja kita simak tips-nya!

1. Carilah informasi mengenai bank yang hendak kamu gunakan

dbs bank
Foto : static.macquarie.com

Jangan puas hanya dengan penawaran tabungan atau pinjaman yang menggiurkan dari satu bank untuk menyiapkan biaya pernikahan kamu. Datanglah ke beberapa bank sekaligus dan gali informasi sebanyak mungkin dari masing-masing bank. Kamu enggak perlu ragu atau malu buat tanya-tanya rinciannya ke customer service. Nah, kalau sudah dapat informasi dari masing-masing bank, tinggal dipilah-pilih, deh, bank mana yang pas dengan kebutuhanmu.

2. Pilih bank yang memiliki banyak penawaran menarik

dbs bank
Foto : apipocamaisdoce.sapo.pt

Karena niatmu mencari bank adalah untuk mempersiapkan dana pernikahan, coba tanyakan pada customer service dari bank-bank yang sudah dipilih terkait fasilitas-fasilitas yang bisa menunjang keperluanmu tersebut. Ya, mungkin saja nih ada produk tabungan khusus pernikahan atau berbagai layanan kredit yang tersedia, yang bisa kamu manfaatkan di kemudian hari. Seperti KTA atau Kredit Tanpa Agunan, yang merupakan sebuah produk perbankan yang mana si peminjam dapat meminjam uang tanpa menggunakan agunan atau jaminan.

3. Jangan lupa juga mempertimbangkan biaya administrasi, bunga, dan biaya tak terduga lainnya

dbs bank
Foto : moneycrashers.com

Kadang kita mudah terlena dengan penawaran yang menggiurkan sampai enggak memperhatikan atau menghitung dengan benar biaya-biaya yang dibebankan. Misalnya, nih, karena kepepet banget ingin menikah, Kawan Muda berniat mengajukan pinjaman bank untuk tambahan dana nikah. Kamu harus benar-benar survei suku bunganya, tenor yang disediakan, dan keunggulan yang ada. Rencanakan semua dengan cermat agar enggak ketar-ketir saat membayarnya nanti.

4. Lalu, pilihlah bank dengan banyak kantor cabang

dbs bank
Foto : ipswitch.com

Kamu bakal kelabakan dong kalau memilih bank yang kantor cabangnya jarang? Nah, untuk memudahkan transaksimu ke depannya, carilah bank yang banyak kantor cabangnya dan memiliki banyak mesin ATM.

Dengan banyaknya kantor cabang bank yang dipilih, kamu lebih mudah berkonsultasi tentang produk perbankan atau melakukan transaksi dalam jumlah besar. Plus, mesin ATM yang mudah ditemukan bikin kamu mudah melakukan aktivitas perbankan yang mendadak atau di luar jam buka cabang. Misalnya, bayar tiket pesawat untuk bulan madu, transfer uang ke vendor, dan lainnya.

5. Penting juga, pilih bank yang benar-benar aman dan punya masa depan cerah!

dbs bank
Foto : homeownership.ca

Enggak lucu dong kalau kamu sudah nabung atau pinjam uang, eh, ternyata bank yang kamu pilih “bodong” atau enggak sehat. Bukannya aman, dana pernikahanmu bisa melayang! Karena itu, pilihlah bank yang kinerjanya sudah terpercaya dan transparan. Seperti Bank DBS, yang telah dinobatkan sebagai “Bank Terpercaya di Asia” oleh Global Finances selama enam tahun berturut-turut dari tahun 2009—2014.

Nah, setelah mengetahui tips di atas, Kawan Muda enggak perlu khawatir lagi deh kalau pengin membuka tabungan atau mengajukan pinjaman KTA untuk membiayai pesta pernikahan. Yuk, wujudkan segera pesta pernikahan impianmu!