Tubuh Sehat tapi Gampang Banget Lelah? Bahan Makanan Ini Harus Ada dalam Menu Makananmu Sehari-hari!

Kawan Muda pasti pernah dong merasa tubuh mudah sekali lelah atau merasa capek banget, padahal kamu tampak fit? Hal ini enggak hanya terjadi saat kamu melakukan aktivitas yang padat saja. Saat aktivitas yang kamu lakukan enggak terlalu berat pun kamu merasa mudah banget capek. Pernah merasa begini? Hemm….atau jangan-jangan kamu sedang merasakannya?

Wah, ini berarti asupan gizi dan nutrisimu enggak terpenuhi dengan baik alias konsumsi makananmu harus mulai diperhatikan, nih. Kita Muda bakal kasih tahu bahan makanan apa yang bisa bikin tubuhmu tetap fit dan enggak gampang lemas/lelah. Nah, bahan-bahan makanan ini sudah dikelompokkan menurut gejala-gejala yang mungkin tengah Kawan Muda alami. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Mengatasi mata lelah

makanan untuk mengatasi lelah
via: brightside.me

Buat kamu yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, biar mata enggak mudah lelah dan tetap sehat, konsumsilah makanan yang kaya akan lemak omega-3, lutein, zinc, serta vitamin A, C, dan E, seperti: sayuran hijau (bayam, selada), telur, buah sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, dsb), buah beri, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan ikan berminyak (salmon, tuna, ikan kembung, ikan trout).

2. Meningkatkan imunitas tubuh

makanan untuk mengatasi lelah
via: brightside.me

Tubuh yang gampang banget lelah itu bisa menunjukkan daya tahan tubuhmu yang sedang menurun. Meskipun enggak merasa seperti orang sakit, tapi kelelahan berlebih jangan diremehkan, ya! Jika sudah merasa gampang banget lelah, coba deh konsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, seperti: buah sitrus, paprika merah, brokoli, bawang putih, jahe, kiwi, dan pepaya.


BACA JUGA:


3. Meningkatkan metabolisme

makanan untuk mengatasi lelah
via: brightside.me

Terlalu banyak duduk di kantor ternyata bisa mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang menjadi pemicu kenapa kamu cepat lelah. Nah, untuk meningkatkan metabolisme dan menambah energi, konsumsilah rumput laut, kopi dan teh (tanpa gula), rempah-rempah (jahe, kayu manis, cabe rawit, kapulaga), kacang-kacangan, dan daging ayam tanpa lemak.

4. Meningkatkan kerja otak dan konsentrasi

makanan untuk mengatasi lelah
via: brightside.me

Nah, untuk meningkatkan kerja otak dan menjaga konsentrasi sepanjang hari, konsumsilah ikan berminyak (salmon dan trout), blueberry, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan yang kaya serat (bubur oatmeal, roti gandum, beras coklat), jus buah delima (tanpa gula), dan dark chocolate murni.

5. Mengatasi masalah pencernaan

makanan untuk mengatasi lelah
via: brightside.me

Kalau kamu merasa kelelahan padahal sudah cukup tidur dan konsumsi makanan sehat, itu bisa jadi tanda sistem pencernaan tidak sehat. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan, seperti: brokoli, bayam, buah sitrus, buah beri, dan makanan kaya serat (bubur oatmeal, roti gandum, beras coklat).

Sudah saatnya kita perhatian pada diri sendiri, Kawan Muda. Jangan sampai makanan yang sehari-hari kita konsumsi menjadi sia-sia atau malah makanan tersebut mencuri energi di tubuhmu. Nah, selain menjaga pola makan sehari-hari, kamu juga harus rajin olahraga nih biar enggak gampang lemas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: Brightside