Punya badan ideal dengan perut rata tuh enggak perlu mahal. Dengan cara-cara sederhana dan alat-alat sederhana, Kawan Muda bisa lho mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Yup, misalnya saja nih menggunakan kursi saat berolahraga. Hah, memang olahraga apaan yang pakai kursi?

Woho, jangan salah, kursi ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu saat berolahraga sendirian. Ada gerakan-gerakan olahraga ringan yang akan lebih mudah dilakukan jika Kawan Muda menggunakan kursi. Hemm, olahraga ringan apa sajakah itu? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Twists

trik ampuh mengecilkan perut
via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Berdirilah di belakang kursi dan letakkan tanganmu di kepala kursi.
  • Berjalanlah mundur sambil membungkukkan badanmu seperti gambar di atas. Berhentilah jika posisi tubuh dan tanganmu sudah sejajar.
  • Secara bergantian, arahkan (putar) tubuhmu ke kanan dan ke kiri. Ketika menoleh ke kanan, lakukan hingga tangan kananmu berada di atas telinga.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

2. Floor twist

trik ampuh mengecilkan perut
via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Berbaringlah di lantai dan letakkan kakimu di atas kursi. Pastikan posisi tubuhmu seperti gambar di atas.
  • Kalau sudah, letakkan tanganmu di belakang kepala (seperti posisi tangan saat sit up).
  • Dengan memberikan tekanan pada otot perut, angkat bahumu perlahan-lahan hingga tubuhmu naik dan hingga siku bisa menyentuh lututmu.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

3. Leg raises

trik ampuh mengecilkan perut
via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Pertama-tama, duduklah di ujung kursi, tekuk lutut sampai 90 derajat, dan berpeganganlah pada kursi.
  • Kemudian gerakkan pantatmu perlahan-lahan ke depan hingga posisinya melayang seperti gambar di atas.
  • Kalau sudah, angkat kaki kanan ke atas, kemudian turunkan.
  • Ulangi kembali gerakan di atas menggunakan kaki kiri.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali secara bergantian kaki kanan-kiri.

4. Plank

trik ampuh mengecilkan perut
via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Kalau biasanya bertumpu di lantai, kali ini kedua tanganmu akan bertumpu di kursi seperti gambar di atas.
  • Pastikan posisi punggungmu lurus, ya, dan bertahanlah dengan posisi tersebut selama 30 detik.
  • Lakukan gerakan ini setiap hari dan tambahlah durasi latihan sebanyak 10 detik setiap harinya.

5. Squats

trik ampuh mengecilkan perut
via: brightside.me

Cara melakukannya:

  • Berdirilah dengan kedua tangan berpegangan pada ujung kursi yang diletakkan di belakangmu.
  • Secara perlahan tekuk kedua lututmu sampai 90 derajat (seperti gambar di atas).
  • Lalu dengan perlahan, kembalilah seperti posisi semula.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali secara bergantian kaki kanan-kiri.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya olahraga pakai kursi? Nah, lakukan gerakan di atas selama 10 menit setiap harinya biar lemak-lemak yang terakumulasi di perutmu hilang. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside