Buat yang Doyan Makan, Inilah 6 Trik Super Mudah Menurunkan Berat Badan yang Wajib Kamu Coba!

Mudah, sederhana, tanpa harus merasa stres, atau menguras kantong!

Menurunkan berat badan memang bukanlah hal yang mudah. Ini terbukti dengan banyaknya orang yang gagal dalam menjalankan diet, padahal mereka sudah memulai hidup sehat dengan rajin mengonsumsi makanan sehat. Hemm, kenapa ya bisa begitu?

Sebenarnya, mengonsumsi makanan sehat saja enggak menjamin dietmu akan sukses. Yup, kalau pengin menurunkan berat badan, Kawan Muda harus melakukan kebiasaan diet yang sempurna. Maksudnya, jangan hanya sibuk memilih bahan makanan sehat untuk dikonsumsi, masih banyak hal-hal lain yang menentukan sukses atau tidaknya program dietmu.

Oleh karena itu, kalau Kawan Muda pengin dietnya sukses, yuk ikuti 6 tips berikut ini.

1. Jika membeli makanan di luar, pilih menu makanan dengan porsi kecil

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: asiatatler.com

Ketika makan di restoran atau kedai cepat saji, luangkan waktumu untuk membaca menu yang ada. Jika sudah menemukan apa yang kamu inginkan, pilihlah makanan dengan porsi kecil, jangan menambah ukurannya (upsize) atau memesan menu dengan paket double. Hal ini akan membantu mengurangi jumlah kalori yang kamu makan.

Oh ya, sebisa mungkin pesanlah makananmu sendiri. Jangan biarkan orang lain memesannya untukmu karena menurut penelitian, orang yang enggak memesan makanannya sendiri cenderung memakan semua makanan yang tersedia di atas meja.

2. Berpikirlah positif saat diet dan motivasi dirimu dengan kata-kata positif

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: stuff.co.nz

Banyak sekali godaan yang datang saat kamu pengin disiplin melakukan diet. Terkadang, kamu rela curang karena sudah enggak tahan lagi. Nah, biar kamu enggak gampang tergoda, ketika godaan itu datang ingatlah hal-hal positif yang kamu dapat setelah menjalankan diet.

Misalnya, “wah, karena disiplin diet, berat badanku sudah turun banyak. Sayang kalau naik lagi” atau “gara-gara berat badan turun, aku lebih segar”. Kalau sudah berhasil berpikir positif, ucapkan kata-kata motivasi biar kamu tambah semangat. Ucapkan dalam hati “aku pasti bisa makan dalam porsi kecil”, “aku bisa kok skip makan dessert”, atau “semangat, ini hanya godaan kecil. Kesehatanmu lebih penting”.

3. Makanlah sendirian saat diet

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: businessinsider.com

Makan bersama-sama memang menambah keakraban, tapi jangan pernah lakukan ini saat sedang menjalani program diet. Yup, menurut penelitian, ketika orang makan bersama-sama atau berkelompok, mereka cenderung makan lebih banyak. Meskipun sudah merasa kenyang, mereka akan terus makan saat melihat teman-temannya belum selesai makan.

Selain itu, kebanyakan mengobrol dan tertawa membuatmu enggak bisa mengontrol jumlah makanan yang masuk. Berbeda saat makan sendirian, kamu akan paham kemampuan perutmu. Selain itu, kamu bisa memperhatikan asupan makanan dan jumlah makanan yang masuk tubuh.

4. Ciumlah aroma pisang ketika kamu merasa lapar

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: brightside.me

Percaya atau enggak, aroma pisang bisa menstimulasi otak dan membuatmu merasa kenyang, lho! Eits, ini enggak mengada-ada dan benar-benar pernah diteliti! Luar biasa bukan?

Whoa, pas banget nih buat kamu yang menjalani program diet. Saat lapar, tinggal cari buah pisang, lalu hirup aromanya deh! Oh ya, selain buah pisang, kamu bisa mencium aroma buah apel atau mint.

5. Gunakan peralatan makan berwarna biru

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: obsev.com

Tahukah kamu, warna biru ternyata bisa menurunkan nafsu makan! Kalau lagi diet, coba deh pakai peralatan makan berwarna biru. Kamu juga bisa mendekorasi ruanganmu dengan warna ini biar enggak mudah tergoda untuk makan atau ngemil.

6. Makan di depan cermin

trik diet ampuh buat yang doyan makan
via: brightside.me

Oke, mungkin cara yang satu ini kedengarannya aneh, ya! Namun, makan sambil memandangi pantulan dirimu di cermin terbukti bisa mengurangi sepertiga makanan yang kamu konsumsi, lho! Wah, wajib dicoba nih!

Nah, itu dia tips menurunkan berat badan yang perlu kamu coba, Kawan Muda. Ingat, diet yang sukses dibutuhkan kesabaran, komitmen kuat, dan konsistensi. Jangan terlalu ngoyo, lakukan diet secara perlahan tapi pasti. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside