Jarang Diketahui, Inilah Kesalahan Saat Mandi yang Tak Baik untuk Kesehatan Tubuh!

Mandi juga ada aturannya ternyata….

Kawan Muda mungkin dibuat bertanya-tanya ya dengan judul artikel ini. ‘Kesalahan saat mandi??!? Memang mandi yang cuma begitu doang juga bisa salah, ya? Sudah kayak ngerjain soal matematika saja!’ Namun kenyataannya nih, sebagian besar orang tanpa disadari melakukan ritual mandi yang salah—dan ini yang membuat manfaat mandi bagi kesehatan tubuh hilang!

Nah lho, Kawan Muda pasti baru tahu kan? Oleh karena itu, Kita Muda pengin memaparkan satu per satu hal-hal sepele yang sering kita lakukan saat mandi yang justru berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Menghabiskan waktu terlalu lama di kamar mandi

kesalahan saat mandi
via: brightside.me

Tahukah kamu, terlalu lama mandi dengan air pancuran bisa menyebabkan ruam dan gatal, lho! Enggak hanya itu saja, ketika mandi dengan air hangat dan kamu berendam terlalu lama (lebih dari 10 menit), bukannya tubuh sehat yang kamu dapatkan, tapi kulit kering!

2. Terlalu banyak menggunakan sabun

kesalahan saat mandi
via: brightside.me

‘Pakai sabun yang banyak ah, sampai berbusa-busa biar tambah bersih!’ Yakin tambah bersih? Yang ada nih, sisa sabun yang enggak terbilas bersih malah membuat kulitmu iritasi. Gunakan sabun mandi secukupnya dan bersihkan sisa sabun secara keseluruhan. Yup, kulit harus terasa kesat ya bukan licin-licin gimana gitu.

3. Menggunakan spons mandi yang basah

kesalahan saat mandi
via: brightside.me

Kamu mungkin terbiasa menggunakan spons mandi supaya mandi lebih bersih. Ketika menggunakan spons mandi, apakah spons yang kamu pakai dalam keadaan kering? Atau jangan-jangan basah dan kamu pakai? Hemm, wajib hati-hati nih karena spons yang basah adalah tempat favoritnya bakteri dan jamur. Bayangin kalau kamu pakai buat mandi, yaiks! Gunakan spons mandi kering saat mandi dan cucilah spons mandi dengan air panas setelah 3—4 kali digunakan.

4. Mengeringkan tubuh dengan handuk keras-keras

kesalahan saat mandi
via: brightside.me

Enggak perlu terlalu bersemangat saat mengeringkan tubuh dengan handuk. Selain bikin bulu rambut di tubuh rontok, kulitmu juga bisa iritasi. So, pelan-pelan saja kalau mau ngeringin tubuh sehabis mandi. Oh ya, sehabis keramas jangan kebiasaan membungkus rambutmu dengan handuk ya karena ini menyebabkan rambut rontok!

5. Mandi dengan air yang terlalu panas

kesalahan saat mandi
via: brightside.me

Mandi dengan air hangat bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. Namun, hati-hati nih dengan temperatur air hangat yang kamu gunakan untuk mandi atau berendam. Temperatur ideal yang disarankan adalah sekitar 35—40 derajat Celsius. Kalau terlalu panas nih bisa memicu peradangan, ruam, serta memperparah eksim. Nah, biar kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal saat mandi air hangat, bilaslah tubuhmu dengan air dingin setelah melakukan ritual mandi atau berendam dengan air hangat.

Nah, sekarang sudah tahu kan, kesalahan-kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat mandi? Ya, semua hal memang ada tata caranya masing-masing dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus melakukannya dengan benar sesuai prosedur. Sepakat?

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside