Yuk Pelajari 8 Teknik Mengemudi yang Akan Membuatmu Handal dalam Dunia Setir – Menyetir!

Di jaman sekarang kemampuan menyetir merupakan salah satu dasar penting untuk memulai kegiatan sehari – hari. Siapa sih lagian yang nggak bisa menyetir mobil di era millenials seperti ini? Bahkan ada beberapa orang yang sejak SD atau SMP sudah diajari menyetir mobil.

Nah untuk kalian yang baru belajar menyetir mobil, ada 9 teknik yang dilansir dari brightside ini mampu untuk membuat kalian menjadi lebih ahli dalam dunia setir menyetir, lho! Yuk, kita lihat apa saja triknya:

1. Ambil kursus safety driving

via: brightside.me

Nggak ada salahnya kok untuk ambil kursus mobil tambahan selain kursus mobil biasa. Kursus ini bisa membantu kamu untuk lebih terlatih bagaimana tips yang baik dalam mengemudi secara aman dan tertib di jalan. Kalau rajin sih, pasti ilmunya bisa langsung kalian aplikasikan sendiri ke jalan.

2. Rem dengan kaki kiri

via: brightside.me

Ini trik yang sulit sih, sebenarnya. Biasanya yang menggunakan trik ini adalah orang – orang yang sudah terlatih untuk berkendara, sehingga berganti kaki dari rem ke gas bukanlah hal yang sulit. Tapi trik ini nggak ada salahnya untuk dicoba, karena bisa membantumu dalam keadaan darurat seperti mempertahankan kecepatan mobil, atau menjaga kemudi stir tetap stabil.

3. Berkendara dengan kecepatan yang sama dengan kendaraan lain

via: brightside.me

Dalam berkendara, mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat di jalan raya sangatlah berbahaya, karena dapat menyebabkan kecelakaan. Makannya akan lebih baik untuk menstabilkan kecepatanmu dengan kecepatan mobil lain, agar mobil stabil dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

4. Taruh tanganmu di kemudi dalam posisi yang benar

via: brightside.me

Beberapa orang berpikir bahwa dengan menaruh kemudi di posisi jam 9 dan 3, atau 8 dan 4, dapat membantu untuk mengontrol kondisi setir. Selain itu posisi ini dapat membuat genggamanmu pada setir menjadi lebih pas, daripada posisi jam 10 dan 2.

5. Kontrol dalam setir ketika berbelok di tikungan tajam

via: brightside.me

Kalian pasti tahu istilah understeering dan oversteering? Yupsie, understeering merupakan istilah untuk menunjukkan selip yang terjadi di ban depan ketika berbelok dengan kecepatan tinggi. Sedangan oversteering adalah selip yang terjadi di ban belakang ketika berbelok dengan kecepatan tinggi. Jadi, bedanya ada di posisi bannya, ya. Nah untuk mengatasi understeering dan oversteering, kalian harus berkendara dengan kecepatan yang stabil, serta jangan pernah untuk menekan pedal gas atau rem terlalu cepat. Disesuaikan dengan kecepatan mengemudinya, ya!

6. Memarkir dengan benar

via: brightside.me

Parkir parallel memang termasuk yang paling sulit ketika sedang belajar mengemudi. Tapi kalau kamu bisa parkir parallel dengan benar, kamu juga nggak akan khawatir untuk parkir di tempat padat sekalipun. Selalu gunakan sensor parkir yang ada di mobil kalian, ya, karena bisa membantu untuk mengetahui jarak mobil di depan dan dibelakang, sehingga memungkinkan bagi kalian untuk mengukur jarak yang ada.

7. Gunakan rem tangan untuk berbelok tajam

via: brightside.me

Teknik ini sama sulitnya seperti nomor 2, dan butuh latihan. Tapi teknik ini bisa membantu ketika kamu berkendara di jalan yang licin. Tapi jangan coba – coba untuk mempraktikkan di aspal yang kering ya, banmu nanti rusak!

8. Atur Kaca Spion untuk mengurangi blind spot

via: brightside.me

Kalau kaca spionmu lebih memantulkan bagian sayap mobilmu, itu berarti kaca tersebut belum kamu gunakan secara sempurna. Biar kaca spionmu bisa untuk memantulkan bayangan mobil yang lewat disamping dan dibelakangmu dengan benar, ada beberapa hal yang kamu harus ingat. Pertama, kaca spion di sisi kemudi haruslah memantulkan hanya seperempat bagian dari mobil. Kedua, kaca spion di sisi pengendara juga harus memantulkan seperempat bagian dari mobil. Terakhir, kaca spion bagian tengah mobil haruslah tepat berada di tengah, agar bisa memantulkan setiap sisi.

Nah, sudah tahu kan sekarang triknya? Jangan lupa untuk dipraktikkan, ya, agar skill mengemudi kalian semakin jago. Oke, Kawan Muda?