Cara efektif untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal dan perut rata tanpa gundukan lemak adalah melalui olahraga. Kawan Muda bisa saja melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh langsing. Tapi tahu enggak, diet tanpa ditunjang olahraga ya sama saja bohong!

Namun, sebagian dari Kawan Muda mungkin memiliki jadwal yang padat sehingga hanya memiliki waktu yang terbatas untuk olahraga. Eits, ini bukan berarti kamu enggak bisa berolahraga sama sekali, lho! Yup, kamu bisa melakukan olahraga sederhana tapi efektif. Misalnya, melakukan gerakan  reverse plank.

Apa itu reverse plank?

reverse plank
via: plankpose.com

Kawan Muda mungkin sudah familiar dengan olahraga plank. Nah, reverse plank adalah salah satu variasi dari olahraga plank. Kalau plank yang paling umum adalah plank depan yang dilakukan seperti saat melakukan push-up, kalau reverse plank adalah kebalikannya. Posisi tubuhmu tidak tengkurap, tapi menghadap ke atas.

Sama halnya dengan standard plank atau plank yang paling umum, reverse plank adalah latihan isometrik yang sangat efektif untuk mengencangkan otot perut. Jika kamu terbiasa melakukan sit up untuk mengencangkan perut, sekali-kali cobalah untuk  melakukan reverse plank. Karena selain mengencangkan perut, banyak manfaat menakjubkan lain yang akan kamu dapat saat berlatih reverse plank.

Whoa, kalau begitu apa saja manfaatnya?

reverse plank
via: verywell.com

Dengan rutin latihan reverse plank selama 20 detik sampai 5 menit setiap harinya, dalam sebulan Kawan Muda akan mendapatkan perut yang rata dan otot perut yang kuat. Manfaat lain yang akan kamu dapat dengan berlatih reverse plank antara lain:

  • Selain perut rata nih, reverse plank adalah cara paling efektif untuk mendapatkan bokong, paha, dan betis yang kencang.
  • Dengan melakukan latihan ini, kamu bisa memperbaiki postur tubuh yang salah akibat kebiasaan sehari-hari seperti duduk dan berdiri yang tidak benar.
  • Olahraga plank juga bisa mengurangi nyeri di bagian punggung. Jika punggungmu sering nyeri, coba deh latihan reverse plank setidaknya 3—4 kali seminggu.
  • Jika pengin meningkatkan metabolise tubuh dan menjaga tubuh agar tetap bugar, jangan ragu untuk berlatih reverse plank.
  • ..olahraga plank ternyata bisa membuat suasana hati menjadi baik dan meningkatkan mood, lho!

Bagaimana cara melakukan reverse plank dengan benar?

reverse plank
via: brightside.me
reverse plank
via: brightside.me
  • Duduklah dengan kedua kaki lurus ke depan dan letakkan kedua telapak tanganmu di lantai dengan jari-jari menghadap ke dalam, seperti yang terlihat pada gambar.
  • Perlahan-lahan, dorong agar pantatmu naik—sehingga seluruh tubuhmu juga ikut naik. Gunakan kaki dan tumit sebagai tumpuan.
  • Ketika badan, kaki, dan pantat membentuk garis lurus, tahan posisi ini selama 15—60 detik.
  • Kembalilah ke posisi semula (posisi duduk) dengan menurunkan tubuhmu secara perlahan ke lantai.

Perlu diingat, Kawan Muda, lakukan gerakan ini dengan perlahan agar otot tidak terkilir. Pertama kali mencoba jangan langsung lama durasinya, cobalah perlahan-lahan dulu. Jika sudah terbiasa, baru menambah durasi latihan.

Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂