Sudah Tahu Belum, 7 Barang Sehari-hari Ini Sangat Berbahaya Kalau Dipinjamkan ke Orang Lain!

Duh, jangan pinjam-pinjam lagi deh…

barang sehari-hari
Source : brightside.me

Bertukar barang pribadi dengan orang-orang terdekat, mungkin orangtua, saudara atau teman Kawan Muda, adalah hal yang sangat lumrah dilakukan. Namun, tahukah kamu kalau sering bertukar atau memijamkan barang pribadi kepada orang lain bisa berisiko menularkan penyakit?

Memang sih, gejalanya enggak langsung kelihatan. Akan tetapi, lebih baik melakukan tindakan pencegahan dari sekarang, kan, daripada menyesal nanti-nanti?

Nah, ada beberapa barang pribadi yang disarankan untuk tidak digunakan secara bergantian karena bisa membahayakan kesehatan. Kira-kira apa saja? Yuk, kita lihat daftarnya berikut ini, sebagaimana dilansir dari Brightside.me.

1. Cewek-cewek, jangan sekali-kali meminjamkan lip gloss atau lipstick-mu pada orang lain, pun saudaramu sendiri. Karena penyakit menular seperti herpes dapat dengan mudah ditularkan melalui kedua benda tersebut! Ehm, tester make up di mall juga bahaya, lho. Berhati-hatilah.

barang sehari-hari
via: brightside.me

2. Berbagi earphone dengan orang lain bisa membuat telingamu infeksi. Yup, telinga manusia itu dipenuhi dengan kotoran, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Bayangin kalau bakteri dari orang lain berkumpul dengan bakteri di telingamu….yaiks. Oh ya, kamu juga harus rajin-rajin membersihkan earphone setelah dipakai.

barang sehari-hari
via: brightside.me

3. Kelihatannya sepele sih, tapi jangan pernah menggunakan klip, roll rambut, sisir, atau aksesoris rambut lainnya secara bergantian dengan orang lain. Tahukah kamu, jamur dan kutu dengan mudah menyebar melalui penggunaan aksesoris rambut yang bergantian.

barang sehari-hari
via: brightside.me

4. Selanjutnya adalah deodorant roll on. Ehm, tahu sendiri kan deodorant itu dipakainya di mana? Nah, ketiak bau itu kan penyebabnya bakteri. Coba bayangin kalau kamu pakai deodorant secara bergantian? Wew, bakteri yang menempel pada orang lain akan berpindah ke tubuhmu. Seraaam!

barang sehari-hari
via: brightside.me

5. Usahakan bawa handuk sendiri kalau menginap ke rumah teman atau ketika berpergian. Pemakaian handuk bergantian bisa meningkatkan risiko penularan penyakit mulai dari infeksi mata hingga kelamin. Apalagi kalau handuk dalam keadaan lembap dan basah, wah, sarangnya bakteri dan jamur tuh!

barang sehari-hari
via: brightside.me

6. Sama halnya dengan lipstick, alat make up juga enggak boleh dipakai bareng-bareng. Terutama yang digunakan pada bagian mata seperti maskara. Penggunaan make up secara bergantian bisa menimbulkan infeksi mata seperti konjungtivitis atau peradangan selaput mata.

barang sehari-hari
via: brightside.me

7. Pemakaian alat kosmetik seperti spons dan kuas bergantian bisa berpotensi menyebabkan jerawat! Yup, spons dan kuas bisa menyimpan sel-sel kulit mati dan kebersihannya juga belum tentu terjamin.

barang sehari-hari
via: brightside.me

Itulah beberapa contoh barang sehari-hari yang enggak boleh digunakan bersama. Karena ancaman penyakit kulit hingga penyakit menular lainnya seperti HIV mengancam di baliknya.

Nah, kalau barang-barang tersebut terlanjur dipinjamkan kepada saudara atau teman, bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Semoga tips di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda 🙂