Sebelum Kamu Memulai Bisnis, Sebaiknya 5 Kesalahan Ini Harus Kamu Hindari!

Memulai bisnis itu butuh persiapan yang matang.

Dewasa ini, banyak orang yang tertarik untuk memulai berbisnis atau membuka usaha sendiri. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis online yang sedang booming beberapa tahun terakhir.

Akhirnya, muncullah anggapan berbisnis di zaman sekarang itu sangatlah mudah. Pada kenyataannya, memulai bisnis baru itu enggak semudah kelihatannya. Bahkan jika Kawan Muda memilih bisnis online sekalipun!

Tahukah kamu, sekitar 80% perusahaan baru hanya mampu bertahan selama tiga tahun pertama saja! Ini menjadi bukti bahwa memulai bisnis itu butuh persiapan yang matang. Dan sebisa mungkin kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan fatal yang umum dilakukan saat seseorang memulai bisnis.

Hemm, kesalahan apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Tidak punya alasan kuat untuk memulai bisnis

via: thebalance.com

Ketika memiliki niat untuk memulai bisnis, kamu harus memiliki alasan yang kuat dan jelas. Mengapa sih kamu harus memulai bisnis tersebut? Dan kenapa bisnis itu yang kamu pilih.

Jika masih bingung menjawabnya, lebih baik renungkan kembali niatanmu untuk berbisnis. Pikirkan kembali matang-matang karena tanpa alasan yang kuat dan jelas, kamu bisa kehilangan arah jika suatu saat nanti bisnismu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Terlalu berharap jika customer yang akan datang dengan sendirinya

via: esellernews.com

Bisnismu masih baru dan kamu berharap pelanggan akan datang dengan sendirinya tanpa melakukan apa pun? Wah, ini anggapan yang salah, Kawan Muda. Jika ingin pelanggan datang dengan sendirinya, kamu harus punya strategi untuk membuat mereka  tertarik untuk membeli produkmu.

Kamu juga harus tahu, siapa sih target konsumen dari bisnismu. Semakin jelas targetnya akan semakin mudah menentukan cara agar mereka “datang” membeli produkmu, entah itu melalui iklan atau promo besar-besaran.

3. Memulai bisnis tanpa strategi yang jelas

via: foxnews.com

Perencanaan itu penting, strategi itu penting. Tanpa strategi yang jelas, bisnismu enggak akan berjalan dengan mulus. Bahkan jika kamu punya banyak modal atau tipe orang yang berani mengambil risiko sekalipun.

Intinya, kamu harus tahu nih bisnismu ingin seperti apa, saat ini dan di masa depan. Meskipun masih baru, kamu harus tahu apa yang harus dilakukan jika ada investor yang tertarik pada bisnismu, bagaimana mengembalikan waktu dan uang mereka, dan sebagainya.

4. Orang terdekat tidak mendukung apa yang kamu lakukan

via: cssalberta.ca

Kelihatannya sih sepele dan enggak ada sangkut pautnya dengan bisnismu. Namun jangan salah, dukungan dari orang terdekat itu bisa mempengaruhi psikologismu untuk berbisnis, lho! Dengan dukungan dan support dari orang terdekat, kamu bisa totalitas memikirkan bisnismu.

Kamu pun tak akan terbebani dengan apa yang dipikirkan keluarga tentang bisnismu. Selama mereka percaya dan mendukung, sebisa mungkin kamu akan membuat bisnismu berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

5. Kamu tidak punya website untuk mendukung bisnismu

via: webdesignerhub.com

Ketika kamu ingin lebih serius lagi dengan kemajuan bisnismu, buatlah website sendiri, kenapa? Website tersebut bisa menjadi tempat “resmi” untuk mempromosikan bisnis secara lengkap di internet, mulai dari penjelasan jasa atau produk, profil, hingga testimoni client atau pelanggan.

Sayang, banyak yang tidak memikirkan hal ini. Padahal, website inilah yang membuat binismu bisa diakses kapan pun, oleh siapa pun dan dimanapun mereka berada.

Nah, buat Kawan Muda yang sudah menyiapkan website untuk mendukung bisnismu, percayakan hosting web bisnismu pada Jagoan Hosting.

via: jagoanhosting.com

Jagoan Hosting merupakan perusahaan penyedia layanan web hosting di Indonesia yang menyediakan layanan paling jago dengan harga yang terjangkau tentunya.

Lebih dari 25.000 account domain dan hosting telah menggunakan layanan Jagoan Hosting dan selama sepuluh tahun lebih Jagoan Hosting telah membantu masyarakat Indonesia untuk Go Online. 

So, ngapain berpikir dua kali untuk menyerahkan hosting web-mu pada Jagoan Hosting. Karena Jagoan Hosting akan membantu websitemu untuk terus tumbuh dan berkembang.

***

Itulah tadi 5 kesalahan fatal dalam berbisnis yang sebisa mungkin harus Kawan Muda hindari. Dengan menghindari kesalahan-keselahan tersebut, kamu akan lebih mudah memulai bisnis dan menjadi sukses dalam berbisnis bukanlah hal yang mustahil lagi 🙂